«

»

Jun
30

Zinc Percepat Penyembuhan Luka

Pernahkah anda ketika mengalami luka, lukanya sulit untuk sembuh? Jika ya, mungkin saja Anda mengalami kekurangan mineral Zinc (seng) dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan Zinc mempunyai peran khusus dalam metabolism kulit dan jaringan ikat.

Hal ini di ketahui secara tidak sengaja semenjak zaman Yunani  kuno, ketika Calamine lotion yaitu sejenis lotion kulit yang mengandung  ZnCO3 pertama kali digunakan untu kulit. Dalam dunia kedokteran , khususnya pada pasien pasca operasi, diberikan zinc (ZnSO4) untuk mempercepat penutupan luka akibat proses operasi.

Zinc merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. zinc berperan dalam respon imun, fungsi otak dan kemampuan reproduksi. Zinc sangat penting perannya dalam metabolisme sel agar mampu berfungsi dengan baik. Sekitar 100 enzim mengandalkan zinc untuk membantu mengkatalisis reaksi kimia penting dalam tubuh. Zinc melindungi selaput sel dari kerusakan oksidatif dan menstabilkan struktur protein sel. Zinc mengikat DNA dan membantu gen memerintahkan sel-sel tentang apa yang harus dilakukan, perintah ini termasuk memberitahu sel-sel tertentu untuk mati, hal ini penting untuk pertumbuhan, kehamilan dan pencegahan penyakit. Zinc juga membantu mengontrol pelepasan hormone dan transmisi impuls saraf.

Kemampuan zinc dalam mempercepat proses penitipan luka ini disebabkan oleh karena zinc mempunyai  peranan yg penting dalam sintesa protein dan proses replikasi sel. Struktur kulit kita terdiri dari jaringan ikat yang tersusun oleh protein. Pada kondisi defisiensi zinc, maka proses sintesa protein dan replikasi dari sel-sel jaringan ikat bawah kulit akan menjadi terhambat, sehingga proses penutupan/penyembuhan luka juga akan terhambat.

Makanan yang tinggi kandungan zinc-nya antara lain adalah: daging, kerang-kerangan, biji-bijian, serealia dan kacang-kacangan. Dan kandungan tertinggi ada dalam kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang almond dan biji bunga matahari

Adapun kebutuhan zinc untuk orang  dewasa adalah 15 mg/hari, dan dari jumlah tersebut hanya 20-30 %nya yang akan diserap oleh tubuh kita. Kebutuhan tubuh akan zinc juga meningkat pada keadaaan proses pertumbuhan, penyakit ginjal, hemodialisa, kecanduan narkotik, dll.

Jadi jika Anda mengalami luka dan ingin proses penyembuhan luka berlangsung dengan cepat maka Anda harus memperbanyak konsumsi zinc, dan banyka makan makanan yang mengandung tinggi protein.  Ada baiknya juga untuk menggunakan salep dengan bahan  yg mengandung zinc. Dan ketika luka yg Anda miliki tidak kunjung mengalami berbaikan sebaiknya Anda segera menghubungi perawat spesialis luka agar luka mendapatkan perawatan yang tepat.

Moga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>