«

»

Jul
28

PERAWATAN DAN PENYEMBUHAN LUKA DIABETES | 081584077677 | JABOTABEK

Luka diabetes adalah suatu komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes dimana kadar gula darah senantiasa tinggi sehingga merusak aliran darah dan juga syaraf-syaraf kurang sensitifitasnya thd nyeri saat terjadi luka seringkali luka baru disadari oleh penderita ketika luka sudah mengeluarkan cairan/nanah dan terjadi infeksi.

Luka diabetes juga mempunyai kriteria khusus diantaranya adalah luka sulit sembuh, seringkali luka terlihat kering (hitam/kuning)  yang mungkin menurut orang awam luka sudah mulai sembuh padahal jauh dibawah kulit luka sudah dalam dan seringkali sudah terdapat goa (terowongan) dibawah kulit.

Ketidaktepatan dan ketidaktahuan penderita / keluarga dalam perawatan luka seringkali malah memperparah luka, terlebih lagi adanya keengganan penderita untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan karena khawatir akan dilakukan amputasi acapkali menyebabkan luka semakin parah.

Berikut adalah tips perawatan luka diabetes yang dapat dilakukan oleh keluarga di rumah:

  1. Awali dgn membaca doa terlebih dahulu, lalu pakai sarung tangan Cuci luka dengan menggunakan sabun cair (sabun cair antiseptik lebih dianjurkan), cairan untuk mencuci luka boleh menggunakan air hangat rebusan daun jambu biji (5 lembar daun jambu biji di rebus dalam 1 liter air sampai menjadi 0,5 liter), cairan tersebut telah terbukti mampu menggurangi bau khas pada luka dan melancarkan peredaraan darah. Atau bisa juga menggunakan cairan infuse NaCl.
  2. Hindari mencuci dengan cairan yg toksik utk luka misalnya H2O2
  3. Keringkan luka dengan kassa steril
  4. Perhatikan detail luka, warna luka, ukuran, jumlah cairan, bau (Jika ingin didokumentasikan/di foto luka akan lebih baik lagi, sehingga perkembangan luka jelas terlihat)
  5. Gunakan balutan luka/obat topikal luka sesuai dgn warna dasar luka (mengenai topik ini dapat dilihat pd artikel mengenai balutan luka modern http://www.perawatluka.com/?p=49, www. balutanlukamodern.com
  6. Jika terdapat luka warna dasar hitam atau kuning, maka itu adalah jaringan mati yang harus dilakukan pengangkatan jaringan mati tersebut oleh perawat/dokter, atau bisa juga dgn menggunakan obat khusus yg dapat melunakan jaringan mati tersebut, sehingga akan mudah untuk dilakukan pengangkatan jaringan, misalnya: hydrogel. Luka yang baik adalah jika warna dasar luka sudah berwarna merah.
  7. Tutup luka dengan menggunakan kassa/balutan modern yg sesuai
  8. Plester/filsasi dengan menggunakan plester yg aman/hypoalergi, plester tertutup semua bagian kassa (bukan hanya pinggir kassa), utk menjamin balutan dapat bertahan lama dan mencegah balutan kotor.
  9. Pakai kaos kaki yg lembut, nyaman dan menyerap keringat (terutama saat keluar rumah) untuk menghindari balutan kotor juga memberikan rasa nyaman pada penderita.
  10. Cuci tangan

Jika mengalami kesulitan dalam perawatan luka dan butuh bantuan perawat profesional (wilayah JABODETABEK) dalam menangani luka atau ada hal yang ingin ditanyakan/didiskusikan atau kesulitan dalam mendapatkan balutan luka modern, silahkan hubungi 081584077677, email: perawatluka@gmail.com, atau kunjungi klinik perawatan lukakami akan dengan senang hati menjawab dan membantu Anda. Ayo rawat luka dengan baik sehingga amputasi dapat dihindari.

Sekian semoga bermanfaat..

12 comments

  1. ALI says:

    terima kasih informasinya,,
    semoga tulisan ini memberikan mamfaat yang lebih banyak kepada orang-orang yang mau mengambil ilmunya,, dan merupakn suatu amalan bagi ibu……..:)

    1. admin says:

      aamin..semoga bermanfaat….

  2. trisna paul says:

    makasih,mbak..sangat bermanfaat pastinya..bolehkan kalo ilmunya ini saya bagikan ke pasien kami di RS untuk dijadikan salah satu sumber informasi pendidikan kesehatan dirumah saat pulang dari RS..?

    1. admin says:

      boleh, silahkan…

  3. coco says:

    terima kasih mba, semoga ilmunya bermanfaat untuk semua orng yg membaca. kebetulan sy jd dpt kasus serupa…

  4. Ria mariani says:

    Makasih infox mbak sngat membantu…

  5. misba says:

    mksih infox,,,,tpi mba’ luka ibu saya sngat cpat mnyebar,,,cara pnangananx bgaimna???

  6. ana shahkira says:

    Dia mempunyai kecing manis sebelah dh di potong
    Yg 1lg ade luka bawah tapak dh di buang hbs ape ubt yg patut di guna

    1. admin says:

      Obat luka yg digunakan harus disesuaikan dengan kondisi luka ( warna dasar luka ), jadi harus dilihat dahulu lukanya seperti apa, silahkan kirim foto luka ke email: perawatluka@gmail.com or whatsapp 081584077677 bb pin 24C09112, semoga bisa membantu.

  7. elidasniwati says:

    assalamu’alaikum…saya penderita diabetes sejak 14 tahun yang lalu, gula darah sewaktu berkisar antara 200 s/d 250 (kemarin sore 245). pada tgl 15 Nov yll saya mengalami kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kaki kanan saya (bagian lutut, punggung kaki, mata kaki dan jari-jari kaki) mengalami luka lecet yang cukup parah karena terseret diaspal. Secara medis sudah ditangani dokter dipuskes ( sesaat setelah kejadian) dan sempat pula dirujuk ke spesialil penyakit dalam di RS, namun tidak diopname. sejak kejadian tsb kaki saya bengkak, namun luka terlihat berangsur mengering dengan permukaan luka berwarna hitam setelah setiap hari saya rawat sendiri dirumah menggunakan pencuci luka Revanol kompres, kemudian saya tetesi cairan propolis serta tetap minum obat dokter. Tetapi kemarin ada sedikit bagian luka tsb yang mengeluarkan nanah, namun tetap saya rawat spt biasa. Apakah cara yang telah saya tempuh tersebut telah benar dan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi luka yang sekarang bernanah tersebut? terima kasih

  8. Cara Penyembuhan Diabetes | Caramanfaat.net says:

    [...] Perawatan dan Penyembuhan Luka Diabetes | Perawat Luka [...]

  9. bayu hermawan says:

    Selamat pagi

    saya mau tanya ibu saya ada luka dan ibu saya penyakit DM
    untuk luka sudah saya kompres setiap sehari sekali menggunakn NACL 09%
    luka ibu saya terjadi di kaki tetapi bukan di telapak kaki. setelah saya amati
    dari awal luka sampai sekarang. ada jaringan kuning yang lepas dan tumbuh menjadi jaringan merah muda dan mulai mau menutup, sebelumnya lukanya kalau di oles obat tdk terasa perih sekarang mulai merasakan perih …

    yang saya tanyakan apakah luka ibu saya mengalami perkemabangan atau tidak.

    mohon penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>