«

»

May 11

TAHAPAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA – 087731346585

Proses penyembuhan luka adalah  respon pemulihan alami oleh tubuh terhadap jaringan, kulit yang mengalami kerusakan. Jika luka ringan biasanya akan sembuh dengan perawatan sendiri di rumah, namun jika lukanya besar akan membutuhkan perawatan oleh tenaga medis karena harus mendapatkan perawatan lanjutan.

Proses penyembuhan luka ada beberapa tahapan

  1. Fase inflamasi (peradangan)

Pada tahap ini akan terjadi penyempitan darah untuk menghentikan perdarahan. Trombosit akan menggumpal di area luka. Setelah pembekuan selesai, pembuluh darah akan melebar untuk mengalirkan darah ke area luka. Inilah alasan mengapa luka terasa hangat, membengkak, dan kemerahan. Setelah itu sel darah putih akan mulai bekerja untuk mencegah terjadinya infeksi dengan menghancurkan bakteri dan mikroba pada luka dan sekitarnya.

    2. Fase proliferasi (tahap granulasi)

Setelah fase inflamasi, tahap penyembuhan luka yang kedua adalah fase proliferasi (tahap granulasi). Proliferasi diawali oleh aktivitas fibroblast men-sintesis kolagen dan proteoglikan yang menghasilkan jaringan parut (terjadi di hari ke-5 pasca luka). Fase proliferasi diakhiri dengan tumbuhnya jaringan epitel, yang mana ini berperan dalam meningkatkan aliran darah menuju area luka. Darah akan menyalurkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan jaringan untuk melancarkan proses penyembuhan luka

     3. Fase maturasi (tahap epitelisasi)

Tahap penyembuhan luka yang  terakhir adalah tahap maturasi.  Pada tahap ini produksi kolagen semakin bertambah sehingga jaringan yang tadinya rusak akan memulih secara perlahan. Tahap ini bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun yang membuat warna kulit pada luka akan semakin memudar dan kembali seperti kulit sekitarnya.

Punya Luka yang Sulit Sembuh ? Hubungi Kami 087731346585

Kami berada di

Jl. Proklamasi Blok A2 No 3

Depok 2 Tengah

Info lebih lanjut :

Whatsapp / SMS / Call : 087731346585

Instagram : @depokrumahpeka

Facebook : Rumah Peka Depok

Website : www.perawatluka.com

Ingin konsultasi perawatan luka?  Silahkan klik link berikut :

http://bit.ly/Inginkonsultasiluka

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us