Stoma Sitting

stoma , , , , , ,

 

Stoma Sitting

 

Stoma siting adalah menentukan letak Stoma sebelum dilakukan pembedahan pembuatan stoma. Stoma ini sangatlah penting bagi Ostomate karena mempengaruhi cara berpakaian, body image dan aktivitas atau pekerjaan ostomate.

  • Peran perawat dalam stoma siting (penentuan lokasi) dan pentingnya stoma siting yang tepat

Di Negara maju seperti Amerika dan Jepang, dokter bedah dengan perawat spesialis berkolaborasi menentukan lokasi stoma, begitupun dengan Negara Indonesia para dokter bedah pula mengkalborasikan tentang penentuan letak stoma pasien sebelum operasi ostomi. Karena sebelum terjadinya operasi harus menentukan lokasi yang tepat terlebih dahulu, kondisi fisikpun dapat memengaruhi menentukan lokasi stoma. Pemilihan letak stoma merupakan salah satu peran paling penting karena dapat berpengaruh terhadap masa depan ostomate baru, baik secara fisik maupun mental. Stoma terletak dengan baik dan tepat merupakan faktor utama untuk keberhasilan rehabilitas setelah operasi ostomi di mana pasien mengalami komplikasi berkaitan dengan ostomi sehingga dapat melakukan pola hidup seperti biasanya,dibandingkan dengan letak stoma yang tidak baik.

Hal ini dilakukan supaya dapat mengurangi kebocoran dan kegagalan sehingga dapat meningkatkan kenyamanan , kepercayaan diri, ketenangan hati dan penerimaan dari penyandang stoma (ostomate) serta dapat membantu dalam menggunakan pakaian, memasang kantong dan memberikan kenyamanan kepada pasien.

Jika untuk pasien muslim, meningkatnya kualitas hidup pasien setelah pembedahan salah satunya ditentukan oleh kemampuannya untuk merawat stoma secara mandiri. Lokasi stoma yang baik, mengupayakan ostomate untuk mampu merawat stomanya sendiri dengan mudah. Terutama bagi ostomate muslim, lokasi stoma seharusnya tepat sehingga tidak mengganggu dalam pelaksanaan ibadah. Kegagalan dalam melakukan ibadah dapat menyebabkan masalah spiritual yang dapat menurunkan kualitas hidupnya jika tidak ditangani dengan tepat. Dengan demikian, stoma siting juga harus mempertimbangkan kebutuhan ostomate muslim dalam menjalankan ibadah dan implikasi keperawatannya, sehingga perawat dapat memanajemen risiko masalah spiritual yang berisiko timbul dari pembuatan stoma pada pasien yang memerlukan pembedahan ostomi.

Tujuan dari stoma siting ialah pasien puas dengan letak stomanya, perawat stoma puas dengan letak stoma pasien, ahli bedah puas dengan letak stoma pasien, keleluasan, posisi yang dapat dikelola untuk pasien serta kemudahan pembedah dalam membuat atau menaikkan stoma.

Untuk konsultasi langsung dapat menghubungi admin No Wa  081584077677

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *