Prioritas Keperawatan Stoma

stoma , , , , , , ,

stoma
(stoma)

Prioritas keperawatan segera setelah operasi adalah untuk mempertahankan jalan napas pasien, memantau keseimbangan cairan dan elektrolit pasien serta mengkaji dan mengoptimalkan status kardiovaskular dan pulmonal pasien. Perawat harus memonitor serta meningkatkan penyembuhan luka, mengevaluasi kondisi dan fungsi stoma, dan mempertahankan kepatenan kateter dan drain.

Yang utama ialah kenyamanan pasien melalui control nyeri, perubahan posisi, dan untuk memberikan dukungan emosional pada pasien dan keluarga. Pendokumentasian yang akurat dan komunikasi pengkajian adalah hal yang paling penting untuk meningkatkan perawatan yang optimal.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada pasien setelah pembedahan/pembuatan stoma yaitu: selalu mendampingi pasien, harus memastikan pasien agar selalu bahagia, memperhatikan lebih perawatan luka, memilih balutan yang ideal sesuai ekonominya, konsultan diet, mobilisasi dini, dan observasi akan adanya kemungkinan komplikasi.

Sebelum pasien keluar dari rumah sakit pasien harus dikaji ulang untuk memastikan pasien menggunakan kantong atau peralaltan yang tepat, mampu merawat stomanya dan memahami prosedur, peralatan perawatan stoma, jika terdapat ulserasi hanya digunakan air untuk merawatnya, perjanjian untuk kontrol ulang, kunjungan yang teratur untuk mengupayakan pengkajian ulang perawatan stoma rutin dan pemasangan sesuai dengan tipe dan ukuran untuk member dukungan psikologi.

Hal-hal yang berkaitan dengan protokol perawatan pada pasien setelah pembedahan yaitu:

  • Mengkaji stoma setiap 4 jam dalam 24 jam dan jika dalam kondidi merah muda dan lembab dapat dilakukan setiap 8 jam lalu di memonitor pengeluaran dari stoma
  • Mengkaji/memonitor kolostomi/ileostomi setiap 8 jam untuk pengeluaran gas bisa terjadi sebelum material feses
  • Mengevaluasi pasien/stoma untuk penggunaan kantong yang tepat dikonsultasikan dengan perawat spesialis
  • Mengganti kantong (setiap 2-3 jam pascapembedahan), lalu mengkaji/memonitor: tampilan stoma (harus merah muda/merah dan lembap) terjadinya edema pada stoma pada saat hari pertama sampai hari ke lima atau ketujuh pasca operasi. Tampilan kulit sekitar stoma (peristomal skin) harus selalu tetap bersih, jika terjadi iritasi gunakan skin barrier pada peristomal skin jangan menggunakan alkohol karena dapat menyebabkan rasa terbakar pada kulit. Pemilihan kantong yang tepat efektif menampung pengeluaran dan pasien dapat mengganti kantong secara mendiri
  • Mengkaji dan mengevaluasi respons pasien tentang diversi usus dan urine (kemampuan mengungkapkan perasaan positif dan negative tentang diversi, berpartisipasi pada perawatan stoma, kemampuan perawatan personal hygiene, menggambarkan rencana perawatan diri, aktivitas, pekerjaan dan liburan, aktivitas seksual)
  • Melakukan konsultasi dengan perawat spesialis tentang informasi makanan mengandung gas, konstipasi, diare, menyebabkan urine berbau.

Untuk konsultasi dapat menghubungin kontak dibawah ini:

0815 8407 7677 (WA/SMS/Telepon)

0822 1386 1270 (WA)

0877 3134 6585 (Telepon/SMS)

5B13F03F (BBM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *