Praktik Keperawatan Mandiri

Praktek Mandiri Perawat , , , , , , , ,

Perawat Luka Depok
Perawatan Luka Tanah Baru Depok

Peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia no52 tahun 2006 tentang standar tarif pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan, tarif pelayanan praktik keperawatan mandiri ialah sebagian atau seluruh biaya penyelenggaraan kegiatan pelayanan perawatan yang dibebankan kepada klien sebagai jasa pelayanan keperawatan. Praktik keperawatan adalah tindakan mandiri perawat professional atau nurse melalui kerjasama yang bersifat kaloboratif baik dengan klien maupun tenaga kesehatan lain dalam upaya memberikan asuhan keperawatan yang holistic sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya pada berbagai tatanan termasuk praktik keperawatan individu dan berkelompok. Biasanya biaya tarif pelayanan ini ditentukan berdasarkan kebijakan dan komponen yang di perhitungkan secara layak dan wajar, dengan mempertimbangkan kontinuitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat dan kompetensi yang sehat serta adil. Pembayaran ini dijamin oleh pihak  penjamin yang telah ditetapkan kesetaraannya dan saling menguntungkan dalam suatu ikatan perjanjian secara tertulis.

Tarif pelayanan praktik keperawatan mandiri meliputi dua komponen yaitu :

Yang pertama, tarif jasa sarana untuk praktik keperawatan mendiri  merupakan suatu imbalan yang diterima dengan pemakaian akomodasi, media komunikasi, bahan atau alat kesehatan maupun non kesehatan, bahan atau alat kesehatan yang telah dipakai, obat–obatan yang telah diberikan pelayanan kesehatan dengan memperhitungkan biaya investasinya.

Yang kedua, tarif jasa pelayanan untuk praktik keperawatan mandiri merupakan imbalan jasa yang diterima oleh pelaksana pelayanan atas jasa yang telah diberikan kepada pasien dalam rangka pelayanan umum seperti asuhan keperawatan, pemeriksaan, konsultasi atau konseling, visit, tindakan keperawatan mandiri dan jasa pelayanan profesi.

Penentuan tarif pelayanan praktik keperawatan mandiri selain memperhatikan kebijakan yang telah disebutkan, tapi akan masih tetap ditetapkan berdasarkan pertimbangan lingkup praktik dan bentuk layanan keperawatan yang diberikan, dimulai dengan katagori tindakan dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks atau canggih. Selain itu pertimbangan klasifikasi pelayanan yang menggunakan fasilitas atau sarana yang di katagorikan sederhana  sampai dengan yang dikatagorikan mewah (sophisticated). Semua itu dapat dijadikan pertimbangan dalam memperhitungkan tarif yang layak dan sesuai, karena dalam menentukan tariff.

Ada juga seorang dokter yang menentukan tarif itu meminimalkan seperti harga minimal 10 beras yang berkualitas baik dan 20 kg beras dari spesialis  namun tidak semuanya tidak seperti itu karena mengingat  keadaan pasien.

Untuk konsultasi atau sedang membutuhkan perawat homecare segera Hub:

0815 8407 7677 (Wa)

0822 1386 1270 (Wa)

0877 3134 6585 (Telepon/sms)

5B13F03F (BBM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *