«

»

Oct
26

Perawatan Dan Penyembuhan Luka Operasi

Luka operasi adalah luka yang disebabkan karena tindakan operasi misalnya: operasi saesar, operasi usus buntu, dll.  Biasanya luka tipe ini lebih kecil hanya berupa sayatan dan sudah dilakukan penjahitan jaringan, sehingga biasanya luka tidak dalam kondisi terbuka.  Untuk kondisi ini luka berada pada kondisi luka bersih  sehingga yang harus ditekankan adalah perawatan luka selanjutnya juga harus mempertahankan kebersihannya/ sterilitasnya, karena itu adalah hal yang penting yang harus diperhatikan agar luka segera sembuh.

Selain perawatan yang baik, nutrisi juga merupakan factor penting yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka, disarankan agar makan makanan yang mengandung protein tinggi: telur, ikan, daging, dll, karena protein sangat diperlukan untuk proses penyembuhan luka. Namun dimasyarakat masih banyak pendapat yang menyatakan jika makan ikan/telur maka luka akan basah dan sulit sembuh, pendapat tersebut tidaklah tepat malah akan memperlama proses penyembuhan luka dan memperburuk luka. Namun jika orang tersebut punya alergi terhadap jenis protein tertentu maka ada baiknya jenis protein tersebut diganti dengan protein lain yang lebih aman buat orang tersebut.

Luka operasi secara normal akan mengalami penyembuhan luka setidaknya dalam waktu 3 minggu, jika dalam kurun waktu tersebut luka tidak mengalami penyembuhan, maka luka sedang mengalami masalah. Penggunaan balutan luka modern yang tepat juga mampu mengatasi luka yang mengalami perlambatan proses penyembuhan luka. Untuk infomasi lebih lanjut sebaiknya konsultasikan dengan perawat luka berpengalaman dan bersertifikat agar perawatan yang dilakukan tepat sehingga proses penyembuhan luka cepat terjadi. Hubungi perawat luka tersertifikasi internasional  081584077677..jangan tunggu luka mengganggu aktivitas Anda. Salam sehat..

37 comments

  1. rahmia says:

    hari keberapa luka post op sebaiknya ganti verban? minta tolong alasannya

    1. admin says:

      Luka operasi pada prinsipnya adalah luka berada dalam kondisi bersih, beda dengan luka diabetes/luka kecelakaan yang seringkali luka berada pada kondisi infeksi. Pergantian balutan pada luka post op sebaiknya tidak dilakukan tiap hari/terlalu sering karena akan mengurangi efektifitas/mengganggu proses regenarasi jaringan. Oleh karena itu pergantian balutan bisa dilakukan 3 hari sekali atau jika balutan tampak tembus exudat. Utk memaksimalkan proses penyembuhan bisa menggunakan balutan luka yang mampu mensupport proses penyembuhan lebih baik yaitu penggunaan balutan luka modern sesuai indikasi. semoga menjawab

  2. adinatha says:

    mba kaki saya di jahit dan sudah 3 minggu ini kaki saya masih bengkak dan jahitan belum semua di buka, dari 15 masi sisa 4 jahitan lagi, berapa lama sih maksimal jahitan itu di buka dan kenapa kaki saya masih bengkak dan kaku untuk di tekuk pada pergelangannya? trims

    1. admin says:

      Secara konsep jahitan sudah bs dibuka maksimal 2 minggu, namun ada beberapa hal yang menyebabkan jahitan itu belum bs dibuka misalnya luka belum kering / belum menutup. Namun perlu diingat juga jika jahitan lama tidak dibuka maka benang jahit itu akan menjadi tempat singgahnya kuman yang justru akan menyebabkan luka akan sulit sembuh. Pengalaman kami, setelah jahitan itu dibuka justru luka akan lebih cepat sembuh, tentu dibarengi dengan perawatan yang baik. Keluhan kaki masih bengkak dan kaku ya bs disebabkan karena memang lukanya belum sembuh sehingga wajar saja responnya seperti itu. Semoga terjawab…

  3. Enatea majid says:

    maaf bu sy ingin bertaya ayah sy oprasi vesikolitiasis dan lukax skg sdh mengecil tp masi ada seperti biji beras isi perut yg menonjol,apkah it tandax sdh menutup….
    - soalnya udah mau 2 bln ni…
    2 minggu yg lalu memang pernah infeksi dan dr dah kasi terapi ..
    dan hasix dah seperti ditass

    mohon saranya….

    1. admin says:

      Baik bu erna, berarti luka sudah menutup? utk lebih jelas bs sy lihat foto lukanya? bs kirim via email:perawatluka@gmail.com, whatsapp: 081584077677 / pin BB : 24C09112..agar sarannya lebih pas. sy tunggu bu erna

  4. Heru says:

    saya hbis operasi usus buntu 16 hari yang lalu….ketika saya buka verbannya kelihatanya udah kering,,,kira-kira msh butuh di verban g lukanya???trus sebaiknya msh harus kontrol k dokter g???

    1. admin says:

      baik pak heru…kalau sudah 16 hari sih biasanya yg normal sudah benar2 sembuh, namun utk memastikan bs foto lukanya via email:perawatluka@gmail.com, whatsapp: 081584077677 / pin BB : 24C09112..agar lebih pasti..semoga membantu..

  5. Caroline says:

    Mw tny Bu, ibu saya ada dijahit di bgian jari jmpol dekat kuku, dan kuku harus dicabut untuk bisa jhit bagian luka terbuka tsb.. ini sudah hari ke-5, apakah jhitan boleh diagkt? dan bolehkah klo ganti perban tiap hari serta dibubuhi rivanol?
    kondisi luka ibu sekarang,jahitan d bagian pinggir udah kering, ttp jahitan d bag tengah (bantalan kuku) masih basah.. jari ibu juga terasa berdenyutsakit..
    sbaiknya gnti perban brp hari sekli? dan jahitan minimal ato maksimal diagkt hr ke brp?
    Makasi Bu ^^

  6. nunik says:

    saya habis operasi 12 hari yg lalu ketika kotrol ke 2 dkter menyataka luka dah menyatu akhrya benang di ambil dan dr mengatakan bhwa sudah tidak apa2 klo luka nya tidak diperban.. hari ke 14 baru perban saya buka di pagi hari dan memakai pakaian biasa tetapi malam hari kenapa ada bekas cairan kuning tepat di bagian luka di pakaian saya. apakah luka saya infeksi? pdhl saya tidak pernah tarak pasca operasi. trima kasih

  7. Arya Mahardhika says:

    Dear admin

    Saya juga punya keluhan mslh jahitan pasca operasi, seminggu yg lalu saya operasi usus buntu pada bagian tengah perut dan skrng perban sdh saya buka, lukanya terlihat sdh kering namun rasa perih d jahitan msh terasa saat saya brjalan.

    Kira2 jahitan saya ini sdh pulih atau blm ? Dan apa sdh blh luka jahitan ini terkena air ??

    Trima kasih ..

    1. admin says:

      Baik, pak arya…luka operasi baru 1 minggu masih normal jika masih merasa sakit/nyeri saat berjalan, karena luka belum benar2 pulih terutama bagian dalam. saran saya perbanyak asupan protein, hindari mengangkat beban terlalu berat dan tetap rawat luka dengan baik. sebenarnya luka boleh kena air, terutama pada saat perawatan, namun jika luka sudah kering dan benar2 sembuh dan tidak dibalut lagi maka boleh terkena air (saat mandi)< semoga terjawab..

  8. Vian says:

    Hallo mba.. Sebulan lalu saya hbs operasi usus buntu… Nah 4 hari yg lalu di luka bekas operasi ada ada memerah dan berbintil seperti nanah..trs nanah nya pecah.. Sy kasih betadin aja di rumah..trs pas hari ke enam nya keluar nanah lagi tapi gak ada darah nya seperti waktu pertama.. Di luka bekas operasi saya jadi ada lubang kecil nya gtu seperti titik.. Nah sy pergi ke dokter bedah tapi bukan ke dokter yg mengoperasi saya.. Dia bilang klo sy infeksi karena benang tidak diserap tubuh..sy gak dikasih obat apa2 cuma disuruh lanjutin pake salep mederma aja.. Sampe skrg sy menulis ini masih kerasa celekit2 sakit dan masih memerah trs kata dokter nya kaya mau ada keloid… Gmn ya mba penanganan nya skrg?
    Thx

    1. admin says:

      Baik mb…luka operasi setidaknya membutuhkan 3 minggu utk benar2 sembuh lukanya, jika didapati luka menutup beberapa hari lalu muncul nanah lagi maka harus dipastikan apakah memang luka sudah benar2 sembuh terutama bagian dalamnya.. jika memang belum maka perawatan luka harus lebih baik lagi, bisa juga langsung mendatangi klinik2 perawatan luka yang ada di kota Anda…

  9. ika says:

    anak sy operasi usus buntu 17 sept,skrg lukanya dah kering tapi kalo bekas jahitannya diraba terasa lebih keras di banding bagian lain. itu normal ato tidak?trims

    1. admin says:

      baik bu, mengeras pada bekas luka adalah normal, namun bisa diperhatikan apakah bertambah keras/tumbuh, karena bisa dicurigai juga kemungkinan akan timbulnya keloid. jika demikian ada baiknya menggunakan salep/plester khusus utk mengurangi resiko timbulnya keloid. semoga menjawab..

    2. admin says:

      Jaringannya mengeras bs jadi ada bakat keloid Bu.., utk lebih jelas silahkan kirim foto lukanya ke email: perawatluka@gmail.com /081584077677 (wa)/ bb pin: 24C09112, kalau memang ada bakat keloid bs diminimalkan rseiko dengan menggunakan salep anti keloid atau plester anti keloid. semoga menjawab..

  10. Elisa says:

    Dear Admin,
    batis saya luka sobek krn gigitan ular python dgn 28 jahitan. Sampai seminggu ini masih terasa sakit, ada bagian yang terbuka karena sebagian daging dan kulitnya hilang. Antibiotik dan pengobatan topikal sudah. Apa yang harus saya lakukan utk mempercepat penyembuhan luka terbuka itu.

    1. admin says:

      Dear Elisa.., cukup besar juga lukanya ya…, kalau luka masih terasa sakit masih bisa dibilang wajar karena memang blm benar2 sembuh. Utk mempercepat penyembuhan luka bs perbanyak konsumsi protein ya, ikan, putih telur, atau bs juga konsumsi kapsul ikan gabus yang lebih praktis. Semoga lekas sembuh ya..

      1. Elisa says:

        Terimakasih admin, walaupun betis masih ngilu dibawa jalan krn gigitan ular yg sempat menembus tulang tapi sebagian luka sdh sembuh, tinggal 5 jahitan lagi yg blm dibuka krn itu robekan dalam sampai ke otot, hanya menunggu luka itu menutup dan mengering.

  11. Paijo says:

    Hallo Mb,,saya habis operasi usus buntu 10 Hari yang lalu, kira2 butuh waktu berapa lama untuk bisa sembuh total Dan kembali bederja?karena pekerjaan saya cukup berat..Dan berapa lama agar saya bisa kembali berhubungan intim dengan pasangan saya?terima kasih..

    1. admin says:

      Hallo juga, baik pak..luka membutuhkan waktu tertentu utk sampai pada kondisi sembuh total, dan fase2 itu harus dilewati dgn baik oleh luka jgn sampai ada penyulit sehingga luka berhenti pada satu fase yang menyebabkan penyembuhan luka butuh waktu lebih lama. Utk luka operasi ya paling tidak 3 minggu luka sudah sembuh dengan baik..dan sudah tidak diperban lagi. utk itu nutrisi harus diperhatikan, perbanyak makan ikan, putih telur minimal 4/hari, atau bisa juga konsumsi kapsul ikan gabus. Dan setelah sembuhpun harus dijaga agar tidak bekerja terlalu berat terutama hindari mengangkat beban berat. Hubungan intin dapat dilakukan setelah nyaman dan sembuh. Semoga terjawab.

  12. aldiyana says:

    saya mau tanya bu dokter

  13. febiolla says:

    Dear admin… 23 hr yang lalu Sy dioperasi pengangkatan tiroid…waktu plg dr rmh sakit kata dokter lukanya bagus. setelah 10 hari muncul di beberapa bagian luka muncul bintik yang berisi nanah. Setelah konsul dgn dokter yang mengoperasi saya di kasi salep gentamicin trus nanahnya keluar tetapi ada kayak serat2/potongan mirip benang yang sudah terpotong potong yang sering keluar bersama nanah. Dan sampai sekarang sudah 23 hari nanah dan serat ini masih keluar. Sekarang saya dikasi antibiotik oleh dokter. di luka saya kayak ada 3 titik sebesar ujung jarum, dan jika ditekan mengeluarkan cairan dan kadang kadang serat berwarna putih kekuningan. Kata dokter saya mengalami Fistel benang. Kira2 berapa lama kasus seperti ini sembuh dan bagaimana perawatan yang baik untuk kasus seperti ini

  14. Nina says:

    Salam mb, tgl 30 okt 2013 saya operasi usus buntu, kontrol yg k2 buka jahitan….3hr stlhny perban bs d buka dan sy diperbolehkan mandi dg catatan stlh mandi d lap yg bersih lalu diolesi salep bioplacenton 2xsehari. pertanyaan saya, waktu maksimal utk penyembuhan smp brp hari, bagaimana dg porsi makannya, apakah masih dijaga mengingat yg di operasi adalah daerah pencernaan. yang saya lihat sekarang lukanya sdh kering dan rapat tapi saya rasakan daerah operasi masih terasa senut2 terkadang juga nyeri tapi hilang lagi. ada teraba daerah bekas jahitan terasa keras, ap bertanda tumbuh keloid, bagaiman cara menghilangkannya. Trims atas pencerahannya.

  15. Nina says:

    Salam mb, tgl 30 okt 2013 saya operasi usus buntu, kontrol yg k2 buka jahitan….3hr stlhny perban bs d buka dan sy diperbolehkan mandi dg catatan stlh mandi d lap yg bersih lalu diolesi salep bioplacenton 2xsehari. waktu maksimal utk penyembuhan smp brp hari, bagaimana dg porsi makannya, apakah masih dijaga mengingat yg di operasi adalah daerah pencernaan. lukanya sdh kering & rapat tapi saya rasakan daerah operasi masih terasa senut2 terkadang juga nyeri tapi hilang lagi. ada teraba daerah bekas jahitan terasa keras, ap bertanda tumbuh keloid, bagaiman cara menghilangkannya. selain tdk boleh mengangkat yg berat2, bagaaimana dg turun naik tangga apakah ada pengaruhnya juga dg kesembuhan. Trims atas pencerahannya.

  16. ferra says:

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb
    Mbak tgl 15 nov 2013 td saya operasi benjolan (FAM) sebesar 2x2cm di Payudara, setelah 15 hari pasca operasi luka nya belum jg mengering, bahkan lubang bekas DRAIN semakin membesar. Dokter bedah menyarankan untuk memencet terus payudara agar cairan bisa keluar dr lubang bekas drain tersebut. Namun sampai hari ke 15 lubang belum juga menutup dan jahitan msh belum kering. Apa solusinya mbak, agar jahitan nya cepat kering, dan lubang bekas drain tsb bisa cepat menutup lg.

  17. aan says:

    ass.w.wb. mbak perut saya sebelah kanan kadang sakit/nyeri. dan kadang sering bersendawa dan nyeri pindah dibawah pusar serta kebelakang perut juga kadang berbunyi dan kembung. dan ini mengganggu aktivitas saya. apa yg harus sy lakukan? pernah juga suatu malam sakitnya disertai jantung berdebar. sy bw kedokter intenist di.usg katanya radang usus dan disuruh jaga makanan. kira2 apakah hsl usg tersebut akurat ya ? mohon pencerahannya?

  18. ichun says:

    selamat malam bu…
    tanggal 2 desember 2013 ayah saya operasi usus buntu semua operasi akhamdulilah berjalan dengan baik namun tanggal 14 kmrn smua jahitan sudah di buka sama perawatnya akan tetapi malah lukanya buka lagi / sobek..kmdian selang waktu 2 hari ayah saya kembali masuk ruang operasi untuk di jahit ulang..apa yang harus saya lakukan kendala apa kok bisa buka lagi jahitnya bu?
    terima kasih jawabannya

  19. Supritoro says:

    Sy supri toro mau menanyakan luka operasi usus yg di jalan kan saat ini masih mengeluarkan nanahdan berbau dan nanah nya ini keluar melalui jahitan operasi nya apakah ini ada nya infeksi bagaimana pengobatan nya dok

  20. Edy hartanto says:

    Saya juga habis operasi usus buntu… Kira2 brpa waktu untuk sembuh total? Soalnx krj saya berat..Trims

  21. rita says:

    siang sya rita 7hari yang lalu saya oprasi usus buntut 3 hari sya
    pulang di buka perbannya udah bgus tppi 5 hari sya kontrol
    jaitan.y kluar nanah dan di bersihkan sma dokter tpi udah 2 hari ko
    jaitanya yg kluar nanahnya g ilang juga malah nambah melebar kira2
    brbahaya ga dok , tolong ksih info

  22. triana says:

    Saya triana
    Mw tya dok 1 tgl 13 atau stu mggu yll saya operasi fam dan sekarang luka jahitan sya terbuka n msh basah, padahal jahitan blm diambil, jahitan dilakukan dg metode tanam,
    Yg saya tanyakan apa perlu luka post op saya djahit ulang?
    Ata yg menyebabkan luka jahitan tersebut membuka?
    Padahal sy rutin kontrol dan byk mengkonsumsi vitamin n makanan tinggi protein
    Terimakash

  23. idar says:

    Saya idar
    Mau tnyak donk mbak 1 minggu yg lalu adk saya operasi usus buntu dan waktu pulang dr rumah sakit luka sudah kering anjuran dr setelah 3 hari baru buka perban.3 hari kemudian saya buka perbannya tp lukanya kok basah keluar darah sampai skrg luka belum sembuh terus ada lubang kecil d bagian lukanya.. Mohon bantuannya mbak

  24. aris says:

    dok saya mau tanya,
    2 minggu yg lalu saya hbis oprasi tulang kering saya karna patah.

    1 minggu kmudian kaki saya tidak ada masalah buat jalan, hanya sedikit bengkak d sekitar jahitan trsbut.
    kemudian skarang knpa ketika jalan luka jahitan tersbut sakit skali. seperti ada yg nusuk2 dari dalam kaki.
    dan bengkak pun masih ada.

  25. Bekas Operasi Usus Buntu says:

    [...] Perawatan dan penyembuhan luka operasi | perawat luka [...]

  26. septi noviyanti says:

    dok saya mau tamya , saya pernah operasi usus buntu sekitar 3/4 th yang lalu , apakah luka di dalam setalah operasi bisa sembuh total ? knp akhir2 ini ketika saya bersin. ketawa, dan batuk perut kanan yg bekas operasi jadi sakitnya , seperti ketarik2 pada saat saya bersin2,batuk2 ketawa dll. terimaksih .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>