«

»

Oct 26

Perawatan Dan Penyembuhan Luka Operasi

Luka operasi adalah luka yang disebabkan karena tindakan operasi misalnya: operasi saesar, operasi usus buntu, dll.  Biasanya luka tipe ini lebih kecil hanya berupa sayatan dan sudah dilakukan penjahitan jaringan, sehingga biasanya luka tidak dalam kondisi terbuka.  Untuk kondisi ini luka berada pada kondisi luka bersih  sehingga yang harus ditekankan adalah perawatan luka selanjutnya juga harus mempertahankan kebersihannya/ sterilitasnya, karena itu adalah hal yang penting yang harus diperhatikan agar luka segera sembuh.

Selain perawatan yang baik, nutrisi juga merupakan factor penting yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka, disarankan agar makan makanan yang mengandung protein tinggi: telur, ikan, daging, dll, karena protein sangat diperlukan untuk proses penyembuhan luka. Namun dimasyarakat masih banyak pendapat yang menyatakan jika makan ikan/telur maka luka akan basah dan sulit sembuh, pendapat tersebut tidaklah tepat malah akan memperlama proses penyembuhan luka dan memperburuk luka. Namun jika orang tersebut punya alergi terhadap jenis protein tertentu maka ada baiknya jenis protein tersebut diganti dengan protein lain yang lebih aman buat orang tersebut.

Luka operasi secara normal akan mengalami penyembuhan luka setidaknya dalam waktu 3 minggu, jika dalam kurun waktu tersebut luka tidak mengalami penyembuhan, maka luka sedang mengalami masalah. Penggunaan balutan luka modern yang tepat juga mampu mengatasi luka yang mengalami perlambatan proses penyembuhan luka. Untuk infomasi lebih lanjut sebaiknya konsultasikan dengan perawat luka berpengalaman dan bersertifikat agar perawatan yang dilakukan tepat sehingga proses penyembuhan luka cepat terjadi. Hubungi perawat luka tersertifikasi internasional  081584077677..jangan tunggu luka mengganggu aktivitas Anda. Salam sehat..

272 comments

1 ping

Skip to comment form

  1. rahmia

    hari keberapa luka post op sebaiknya ganti verban? minta tolong alasannya

    1. Ria

      Luka operasi pada prinsipnya adalah luka berada dalam kondisi bersih, beda dengan luka diabetes/luka kecelakaan yang seringkali luka berada pada kondisi infeksi. Pergantian balutan pada luka post op sebaiknya tidak dilakukan tiap hari/terlalu sering karena akan mengurangi efektifitas/mengganggu proses regenarasi jaringan. Oleh karena itu pergantian balutan bisa dilakukan 3 hari sekali atau jika balutan tampak tembus exudat. Utk memaksimalkan proses penyembuhan bisa menggunakan balutan luka yang mampu mensupport proses penyembuhan lebih baik yaitu penggunaan balutan luka modern sesuai indikasi. semoga menjawab

      1. Dian Miftah

        Saya habis oprasi sesar bulan januari tanggal 26 lalu .benang jahitannya kata dokternya bisa jadi daging tapi d bwah jahitan itu terdapat semacam benang senar .benang itu bila tergesek oleh celana selalu sakit . Minta infonya donk harusnya benangnya ini d apakan ? Apa boleh d potong takut kalau salah .yg tau tolong infonya dong 🙂

    2. Luiz

      Thats not so concerning at all, the srtniameters were down in the -20’000 range a few days ago. this looks purely like changes in atmospheric pressure (weather). I think what we should look out there is:As long as BUR and STO behave similiar, theres nothing going to happen. When Burfell takes the Opposite direction of STO, then we should watch out.why do i think this? some days ago someone posted a link with a picture of the MET office during the hekla eruption in 2000. There you could clearly see the strain lines of STO and BUR. but what i dont know is why the strainrates for HELLA are changing that much and that often (something going on in the SIZ)

    3. lia fitriani

      Paman saya hari sabtu kemarin habis operasi tapi setelah operasi mengeluarkan cairan yang over berbahaya kah itu dok , operasi usus besar

  2. adinatha

    mba kaki saya di jahit dan sudah 3 minggu ini kaki saya masih bengkak dan jahitan belum semua di buka, dari 15 masi sisa 4 jahitan lagi, berapa lama sih maksimal jahitan itu di buka dan kenapa kaki saya masih bengkak dan kaku untuk di tekuk pada pergelangannya? trims

    1. Ria

      Secara konsep jahitan sudah bs dibuka maksimal 2 minggu, namun ada beberapa hal yang menyebabkan jahitan itu belum bs dibuka misalnya luka belum kering / belum menutup. Namun perlu diingat juga jika jahitan lama tidak dibuka maka benang jahit itu akan menjadi tempat singgahnya kuman yang justru akan menyebabkan luka akan sulit sembuh. Pengalaman kami, setelah jahitan itu dibuka justru luka akan lebih cepat sembuh, tentu dibarengi dengan perawatan yang baik. Keluhan kaki masih bengkak dan kaku ya bs disebabkan karena memang lukanya belum sembuh sehingga wajar saja responnya seperti itu. Semoga terjawab…

      1. Teguacan

        Due to heavy earthquake acvtiity in TFZ. The SIL system is not locating earthquakes properly according to the newest news. So the IMO earthquake page is not updating properly at the moment (at 01:30 UTC at least. Might be fixed now).My geophone page is however updating properly at the moment. I am seeing hundreds of small earthquakes. So many in fact that I do not save them all. Since it is impossible for me to do so.Comment updated at 02:14 UTC on 21.10.2012.

      2. low dose accutane acne

        Hahahaha. I’m not too bright today. Great post!

      3. cheapest generic cialis

        If my problem was a Death Star, this article is a photon torpedo.

      4. life insurance seinors

        Free info like this is an apple from the tree of knowledge. Sinful?

      5. variable life insurance companies

        Extremely helpful article, please write more.

      6. cheap car insurance

        It’s about time someone wrote about this.

      7. car insurance quotes

        I was struck by the honesty of your posting

      8. insurance quotes

        Finally! This is just what I was looking for.

      9. fastcustomessay.net

        That’s the best answer by far! Thanks for contributing.

      10. describe your best friend essay

        This is what we need – an insight to make everyone think

      11. writing a research paper

        Deep thinking – adds a new dimension to it all.

      12. graduate school writers

        That’s a smart way of thinking about it.

      13. click here

        Grade A stuff. I’m unquestionably in your debt.

      14. generic for you cialis

        Well macadamia nuts, how about that.

      15. dream writing

        Perfect answer! That really gets to the heart of it!

      16. buy cialas on line

        Never would have thunk I would find this so indispensable.

      17. custom essay writing

        Thanks for sharing. Always good to find a real expert.

      18. write an assignment for me

        Your posting lays bare the truth

      19. buy research paper in 3 hours

        TYVM you’ve solved all my problems

      20. cheap homeowner insurance

        At last, someone who knows where to find the beef

      21. cheap mobile home insurance quote online california

        Whoever wrote this, you know how to make a good article.

      22. specialist insurance auto

        You’ve really captured all the essentials in this subject area, haven’t you?

      23. buycustomessayonline.com

        To think, I was confused a minute ago.

      24. essays online

        Pleasing you should think of something like that

      25. perfectessaywriter.net

        This introduces a pleasingly rational point of view.

      26. cheap online car insurance

        Reading posts like this make surfing such a pleasure

      27. click here

        I’ve been looking for a post like this for an age

      28. essayproofreadingservice.net

        A minute saved is a minute earned, and this saved hours!

      29. liability insurance australia

        You have shed a ray of sunshine into the forum. Thanks!

      30. car insurance in florida

        You got to push it-this essential info that is!

      31. auto insurance quote

        And I was just wondering about that too!

      32. consider filing

        I was drawn by the honesty of what you write

      33. Satoh

        I couldn’t agree more about gearitircs. I miss sitting with some of the elderly individuals I used to help and they would tell me stories for hours about the things that they witness when they were younger, and the lives that they lived up to the point that they needed care. I have always felt that the elderly know how to live their lives better than anyone, and they for sure never take it for granted! Sometimes the people taking care of them are not good people though, and it always breaks my heart to see someone talking badly to an elderly man or woman.I like how you made a switch from little tiny babies that have no real experience with life, to elderly men and women who have lived life to its fullest and still have more life to share with others. Such opposites!

      34. Ionut

        Before finding out about wtehcas you should be familiar with some of the terminology. The word horology has two meanings; it is the study or science of measuring time or the art of making clocks, wtehcas, and devices for telling time.Since the first appearance of man on the earth an effort has been made to determine time.The tracking of the sun’s movement across the sky, candles that were marked at intervals.Water clocks did not depend on the observation of the sky or the sun.

  3. Enatea majid

    maaf bu sy ingin bertaya ayah sy oprasi vesikolitiasis dan lukax skg sdh mengecil tp masi ada seperti biji beras isi perut yg menonjol,apkah it tandax sdh menutup….
    – soalnya udah mau 2 bln ni…
    2 minggu yg lalu memang pernah infeksi dan dr dah kasi terapi ..
    dan hasix dah seperti ditass

    mohon saranya….

    1. Ria

      Baik bu erna, berarti luka sudah menutup? utk lebih jelas bs sy lihat foto lukanya? bs kirim via email:perawatluka@gmail.com, whatsapp: 081584077677 / pin BB : 24C09112..agar sarannya lebih pas. sy tunggu bu erna

      1. Ameel

        Thanks for all your infos everytime, fnilaly a source u can look up to stay in touch with latest news about volcano and earthquake activity and i hope this volcano can still wait a few more weeks until i’m done with my to flights to Germany and back to Iceland, would really appreciate this ^^

  4. Heru

    saya hbis operasi usus buntu 16 hari yang lalu….ketika saya buka verbannya kelihatanya udah kering,,,kira-kira msh butuh di verban g lukanya???trus sebaiknya msh harus kontrol k dokter g???

    1. Ria

      baik pak heru…kalau sudah 16 hari sih biasanya yg normal sudah benar2 sembuh, namun utk memastikan bs foto lukanya via email:perawatluka@gmail.com, whatsapp: 081584077677 / pin BB : 24C09112..agar lebih pasti..semoga membantu..

      1. Raphael

        Hi Diana sorry, missed your cemmont before.Agreed, it’s nothing to do with Grimsfall, but I’m also not convinced it’s just weather over this duration I’d expect to see something similar affecting other stations, like god. The first part of the spiky section probably is weather it’s also there in the Westermann Islands but the second half looks more interesting to these completely amateur eyes, irrespective of the weather. It also seems to have just come to a very abrupt stop.

      2. free auto esurance quote

        Your article was excellent and erudite.

      3. cheap auto insurance

        Heck yeah this is exactly what I needed.

      4. low rate auto insurance quotes

        Very valid, pithy, succinct, and on point. WD.

      5. host liquor liability insurance

        It’s a pleasure to find such rationality in an answer. Welcome to the debate.

      6. car insurance quotes

        Great insight! That’s the answer we’ve been looking for.

      7. cialisfor sale on line

        Articles like this really grease the shafts of knowledge.

      8. rerm life insurance

        Cheers pal. I do appreciate the writing.

      9. impotence remedies

        I didn’t know where to find this info then kaboom it was here.

      10. share

        I was so confused about what to buy, but this makes it understandable.

      11. assignment writing service

        Thanks alot – your answer solved all my problems after several days struggling

      12. omaha insurance car

        I could watch Schindler’s List and still be happy after reading this.

      13. order cialis

        Your post captures the issue perfectly!

      14. help writing a speech

        Thanks for sharing. What a pleasure to read!

      15. writing for money online

        You have more useful info than the British had colonies pre-WWII.

      16. the best car insurance in florida

        If you’re reading this, you’re all set, pardner!

      17. insurance cheapest car

        That’s a sharp way of thinking about it.

      18. assignment writing

        Hey, killer job on that one you guys!

      19. essay help

        Whoa, whoa, get out the way with that good information.

      20. insurance business use car

        I’m not worthy to be in the same forum. ROTFL

      21. research paper essay

        If only there were more clever people like you!

      22. getassignmenthelponline.com

        Hats off to whoever wrote this up and posted it.

      23. what the cheapest car insurnce

        Many many quality points there.

  5. Caroline

    Mw tny Bu, ibu saya ada dijahit di bgian jari jmpol dekat kuku, dan kuku harus dicabut untuk bisa jhit bagian luka terbuka tsb.. ini sudah hari ke-5, apakah jhitan boleh diagkt? dan bolehkah klo ganti perban tiap hari serta dibubuhi rivanol?
    kondisi luka ibu sekarang,jahitan d bagian pinggir udah kering, ttp jahitan d bag tengah (bantalan kuku) masih basah.. jari ibu juga terasa berdenyutsakit..
    sbaiknya gnti perban brp hari sekli? dan jahitan minimal ato maksimal diagkt hr ke brp?
    Makasi Bu ^^

  6. nunik

    saya habis operasi 12 hari yg lalu ketika kotrol ke 2 dkter menyataka luka dah menyatu akhrya benang di ambil dan dr mengatakan bhwa sudah tidak apa2 klo luka nya tidak diperban.. hari ke 14 baru perban saya buka di pagi hari dan memakai pakaian biasa tetapi malam hari kenapa ada bekas cairan kuning tepat di bagian luka di pakaian saya. apakah luka saya infeksi? pdhl saya tidak pernah tarak pasca operasi. trima kasih

  7. Arya Mahardhika

    Dear admin

    Saya juga punya keluhan mslh jahitan pasca operasi, seminggu yg lalu saya operasi usus buntu pada bagian tengah perut dan skrng perban sdh saya buka, lukanya terlihat sdh kering namun rasa perih d jahitan msh terasa saat saya brjalan.

    Kira2 jahitan saya ini sdh pulih atau blm ? Dan apa sdh blh luka jahitan ini terkena air ??

    Trima kasih ..

    1. Ria

      Baik, pak arya…luka operasi baru 1 minggu masih normal jika masih merasa sakit/nyeri saat berjalan, karena luka belum benar2 pulih terutama bagian dalam. saran saya perbanyak asupan protein, hindari mengangkat beban terlalu berat dan tetap rawat luka dengan baik. sebenarnya luka boleh kena air, terutama pada saat perawatan, namun jika luka sudah kering dan benar2 sembuh dan tidak dibalut lagi maka boleh terkena air (saat mandi)< semoga terjawab..

  8. Vian

    Hallo mba.. Sebulan lalu saya hbs operasi usus buntu… Nah 4 hari yg lalu di luka bekas operasi ada ada memerah dan berbintil seperti nanah..trs nanah nya pecah.. Sy kasih betadin aja di rumah..trs pas hari ke enam nya keluar nanah lagi tapi gak ada darah nya seperti waktu pertama.. Di luka bekas operasi saya jadi ada lubang kecil nya gtu seperti titik.. Nah sy pergi ke dokter bedah tapi bukan ke dokter yg mengoperasi saya.. Dia bilang klo sy infeksi karena benang tidak diserap tubuh..sy gak dikasih obat apa2 cuma disuruh lanjutin pake salep mederma aja.. Sampe skrg sy menulis ini masih kerasa celekit2 sakit dan masih memerah trs kata dokter nya kaya mau ada keloid… Gmn ya mba penanganan nya skrg?
    Thx

    1. Ria

      Baik mb…luka operasi setidaknya membutuhkan 3 minggu utk benar2 sembuh lukanya, jika didapati luka menutup beberapa hari lalu muncul nanah lagi maka harus dipastikan apakah memang luka sudah benar2 sembuh terutama bagian dalamnya.. jika memang belum maka perawatan luka harus lebih baik lagi, bisa juga langsung mendatangi klinik2 perawatan luka yang ada di kota Anda…

    2. Tania

      Congratulations Nicci, hope you enjoy your stamp, I am so disappointed I could not join the Blog Hop, I had been out for the day (1st time in weeks) and was in to much pain, to even lift my laoptp, but I did get to some craft shops, and bought some Xmas Stamps, so I cannot complain too much. Glad you all had a great time..Hugs Avril xx

  9. ika

    anak sy operasi usus buntu 17 sept,skrg lukanya dah kering tapi kalo bekas jahitannya diraba terasa lebih keras di banding bagian lain. itu normal ato tidak?trims

    1. Ria

      baik bu, mengeras pada bekas luka adalah normal, namun bisa diperhatikan apakah bertambah keras/tumbuh, karena bisa dicurigai juga kemungkinan akan timbulnya keloid. jika demikian ada baiknya menggunakan salep/plester khusus utk mengurangi resiko timbulnya keloid. semoga menjawab..

    2. Ria

      Jaringannya mengeras bs jadi ada bakat keloid Bu.., utk lebih jelas silahkan kirim foto lukanya ke email: perawatluka@gmail.com /081584077677 (wa)/ bb pin: 24C09112, kalau memang ada bakat keloid bs diminimalkan rseiko dengan menggunakan salep anti keloid atau plester anti keloid. semoga menjawab..

    3. Ashley

      First-time poster, long-time lurekr.Jon wrote: Year 1492, eruption starts in Tenerife on ~24 August.From Wikipedia: Christopher Columbus’ first voyage to the new world: On the evening of 3 August 1492, Columbus departed from Spain with three ships. Columbus first sailed to the Canary Islands where he restocked the provisions and made repairs. After stopping over in Gran Canaria, he finally departed from San Sebastie1n de La Gomera on 6 September, for what turned out to be a five-week voyage across the ocean.Columbus and his crew certainly must have witnessed this eruption, although the historical record seems to be silent. What a way to start their adventure.

    4. cheap viagria

      There’s a terrific amount of knowledge in this article!

    5. nj auto insurance

      I don’t even know what to say, this made things so much easier!

    6. auto ins qoute

      Grade A stuff. I’m unquestionably in your debt.

    7. life insurance quotes online

      None can doubt the veracity of this article.

    8. cialisfor sale on line

      Now we know who the sensible one is here. Great post!

    9. accutane buy cheap online

      If I were a Teenage Mutant Ninja Turtle, now I’d say “Kowabunga, dude!”

    10. buycialisonlinehws.com

      What a pleasure to find someone who identifies the issues so clearly

    11. generic cialis

      Extremely helpful article, please write more.

    12. assignment writing service

      You keep it up now, understand? Really good to know.

    13. accutane and weight loss

      Just cause it’s simple doesn’t mean it’s not super helpful.

    14. opinion paper writer

      My problem was a wall until I read this, then I smashed it.

    15. cheapest car insurance rates

      Superb information here, ol’e chap; keep burning the midnight oil.

    16. thesis writing service

      I have exactly what info I want. Check, please. Wait, it’s free? Awesome!

    17. comprar cialis

      I can already tell that’s gonna be super helpful.

    18. news

      Free knowledge like this doesn’t just help, it promote democracy. Thank you.

    19. click here to get started

      Boy that really helps me the heck out.

    20. free canadian car insurance quotes

      Shoot, so that’s that one supposes.

    21. cheap homeowners insurance louisiana

      I feel so much happier now I understand all this. Thanks!

    22. cheapest auto insurance for teens

      I was drawn by the honesty of what you write

    23. dissertation advice

      That’s a slick answer to a challenging question

    24. free online algebra help

      Hey, killer job on that one you guys!

    25. discount car insurance

      You’ve really impressed me with that answer!

    26. cheap motor insurance

      Play informative for me, Mr. internet writer.

    27. buy college essays

      That’s an expert answer to an interesting question

  10. Elisa

    Dear Admin,
    batis saya luka sobek krn gigitan ular python dgn 28 jahitan. Sampai seminggu ini masih terasa sakit, ada bagian yang terbuka karena sebagian daging dan kulitnya hilang. Antibiotik dan pengobatan topikal sudah. Apa yang harus saya lakukan utk mempercepat penyembuhan luka terbuka itu.

    1. Ria

      Dear Elisa.., cukup besar juga lukanya ya…, kalau luka masih terasa sakit masih bisa dibilang wajar karena memang blm benar2 sembuh. Utk mempercepat penyembuhan luka bs perbanyak konsumsi protein ya, ikan, putih telur, atau bs juga konsumsi kapsul ikan gabus yang lebih praktis. Semoga lekas sembuh ya..

      1. Elisa

        Terimakasih admin, walaupun betis masih ngilu dibawa jalan krn gigitan ular yg sempat menembus tulang tapi sebagian luka sdh sembuh, tinggal 5 jahitan lagi yg blm dibuka krn itu robekan dalam sampai ke otot, hanya menunggu luka itu menutup dan mengering.

        1. Eldar

          Congratulations Aileen and Poppet by winning the geiogorus Candy from Bev.I hope you will have a lot of fun with it. xxx terryAnd Bev, super that you are giving away such a fabulous prize. xx terry

        2. link

          Smack-dab what I was looking for-ty!

        3. here

          My hat is off to your astute command over this topic-bravo!

        4. nj auto insurance

          We need a lot more insights like this!

        5. news

          Of the panoply of website I’ve pored over this has the most veracity.

        6. discount florida car insurance

          That’s an intelligent answer to a difficult question xxx

        7. auto insurance quotes online

          We need a lot more insights like this!

        8. best scholarship essays

          This is a most useful contribution to the debate

        9. car auto insurance quotes

          All of my questions settled-thanks!

        10. write essay

          This introduces a pleasingly rational point of view.

        11. mobile

          This is way more helpful than anything else I’ve looked at.

        12. homework help kids

          I’ll try to put this to good use immediately.

        13. pay someone to write my assignment

          That’s an expert answer to an interesting question

        14. insurance singapore

          Yeah, that’s the ticket, sir or ma’am

        15. assignment help experts uk

          I was drawn by the honesty of what you write

        16. custom geography essay

          A good many valuables you’ve given me.

        17. free online car insurance quote

          I bow down humbly in the presence of such greatness.

        18. smallbusinessinsurancecost

          That’s a cunning answer to a challenging question

        19. how much life insurance

          Time to face the music armed with this great information.

        20. smallbusiness insurance

          Well I guess I don’t have to spend the weekend figuring this one out!

        21. free car insurance

          This is crystal clear. Thanks for taking the time!

        22. i need help writing an essay

          I’m shocked that I found this info so easily.

        23. auto insurance listing

          This forum needed shaking up and you’ve just done that. Great post!

      2. Kourtney

        Taking the ovwivree, this post hits the spot

      3. life insurance companies

        That kind of thinking shows you’re an expert

      4. best auto insurance quotes

        You’re a real deep thinker. Thanks for sharing.

      5. car insurance quotes pa

        Mighty useful. Make no mistake, I appreciate it.

      6. free online life insurance quotes

        Intelligence and simplicity – easy to understand how you think.

      7. auto insurance rates in pa

        I see, I suppose that would have to be the case.

      8. cheapestcarinsurancerateswq.com

        If you’re looking to buy these articles make it way easier.

      9. nj auto insurance

        Alright alright alright that’s exactly what I needed!

      10. best dissertation writing companies

        Extremely helpful article, please write more.

      11. cheap house insurence

        What a joy to find such clear thinking. Thanks for posting!

      12. writing research papers

        That’s the thinking of a creative mind

      13. business insurance ny

        One or two to remember, that is.

      14. we take your online class

        I’m not worthy to be in the same forum. ROTFL

      15. only insurance auto

        Articles like this really grease the shafts of knowledge.

      16. fee insurance quotes

        A rolling stone is worth two in the bush, thanks to this article.

      17. write my essays

        This article went ahead and made my day.

      18. classic car insurance online

        Umm, are you really just giving this info out for nothing?

      19. professional writers

        The honesty of your posting is there for all to see

      20. write essay

        Unbelievable how well-written and informative this was.

      21. assignments writing services

        That’s a posting full of insight!

  11. Paijo

    Hallo Mb,,saya habis operasi usus buntu 10 Hari yang lalu, kira2 butuh waktu berapa lama untuk bisa sembuh total Dan kembali bederja?karena pekerjaan saya cukup berat..Dan berapa lama agar saya bisa kembali berhubungan intim dengan pasangan saya?terima kasih..

    1. Ria

      Hallo juga, baik pak..luka membutuhkan waktu tertentu utk sampai pada kondisi sembuh total, dan fase2 itu harus dilewati dgn baik oleh luka jgn sampai ada penyulit sehingga luka berhenti pada satu fase yang menyebabkan penyembuhan luka butuh waktu lebih lama. Utk luka operasi ya paling tidak 3 minggu luka sudah sembuh dengan baik..dan sudah tidak diperban lagi. utk itu nutrisi harus diperhatikan, perbanyak makan ikan, putih telur minimal 4/hari, atau bisa juga konsumsi kapsul ikan gabus. Dan setelah sembuhpun harus dijaga agar tidak bekerja terlalu berat terutama hindari mengangkat beban berat. Hubungan intin dapat dilakukan setelah nyaman dan sembuh. Semoga terjawab.

      1. Dewi

        2 miles west in normandy park we got a trace last night, but durnig the day monday the CVZN moved through and dropped .02″ here, Seatac got .01″ last night AND .01″ monday afternoon. So it may have been broken then if not last night.

      2. best deal with insurance kentucky

        All of my questions settled-thanks!

      3. news

        This could not possibly have been more helpful!

      4. state auto

        That’s a skillful answer to a difficult question

      5. car insurance quotes free

        I had no idea how to approach this before-now I’m locked and loaded.

      6. quotes on car insurance

        I searched a bunch of sites and this was the best.

      7. cheap life insurence policy

        I read your post and wished I’d written it

      8. is car insurance cheaper in nevada or california

        Your cranium must be protecting some very valuable brains.

      9. degree online bachelor of arts

        Well put, sir, well put. I’ll certainly make note of that.

      10. online college

        These topics are so confusing but this helped me get the job done.

      11. homework helper for kids

        It’s great to find an expert who can explain things so well

      12. cheapgenericcialisyq.com

        What a joy to find such clear thinking. Thanks for posting!

      13. best custom written term papers

        A piece of erudition unlike any other!

      14. write my college essay

        Clear, informative, simple. Could I send you some e-hugs?

      15. write essay

        This is the perfect post for me to find at this time

      16. car insurence

        You keep it up now, understand? Really good to know.

      17. cheep auto insurance quotes

        The honesty of your posting shines through

      18. chp car insurance

        That’s a quick-witted answer to a difficult question

      19. health insurance cheap

        Holy concise data batman. Lol!

      20. term papers sale

        Check that off the list of things I was confused about.

      21. Cialas online

        Now I’m like, well duh! Truly thankful for your help.

  12. aldiyana

    saya mau tanya bu dokter

  13. febiolla

    Dear admin… 23 hr yang lalu Sy dioperasi pengangkatan tiroid…waktu plg dr rmh sakit kata dokter lukanya bagus. setelah 10 hari muncul di beberapa bagian luka muncul bintik yang berisi nanah. Setelah konsul dgn dokter yang mengoperasi saya di kasi salep gentamicin trus nanahnya keluar tetapi ada kayak serat2/potongan mirip benang yang sudah terpotong potong yang sering keluar bersama nanah. Dan sampai sekarang sudah 23 hari nanah dan serat ini masih keluar. Sekarang saya dikasi antibiotik oleh dokter. di luka saya kayak ada 3 titik sebesar ujung jarum, dan jika ditekan mengeluarkan cairan dan kadang kadang serat berwarna putih kekuningan. Kata dokter saya mengalami Fistel benang. Kira2 berapa lama kasus seperti ini sembuh dan bagaimana perawatan yang baik untuk kasus seperti ini

  14. Nina

    Salam mb, tgl 30 okt 2013 saya operasi usus buntu, kontrol yg k2 buka jahitan….3hr stlhny perban bs d buka dan sy diperbolehkan mandi dg catatan stlh mandi d lap yg bersih lalu diolesi salep bioplacenton 2xsehari. pertanyaan saya, waktu maksimal utk penyembuhan smp brp hari, bagaimana dg porsi makannya, apakah masih dijaga mengingat yg di operasi adalah daerah pencernaan. yang saya lihat sekarang lukanya sdh kering dan rapat tapi saya rasakan daerah operasi masih terasa senut2 terkadang juga nyeri tapi hilang lagi. ada teraba daerah bekas jahitan terasa keras, ap bertanda tumbuh keloid, bagaiman cara menghilangkannya. Trims atas pencerahannya.

  15. Nina

    Salam mb, tgl 30 okt 2013 saya operasi usus buntu, kontrol yg k2 buka jahitan….3hr stlhny perban bs d buka dan sy diperbolehkan mandi dg catatan stlh mandi d lap yg bersih lalu diolesi salep bioplacenton 2xsehari. waktu maksimal utk penyembuhan smp brp hari, bagaimana dg porsi makannya, apakah masih dijaga mengingat yg di operasi adalah daerah pencernaan. lukanya sdh kering & rapat tapi saya rasakan daerah operasi masih terasa senut2 terkadang juga nyeri tapi hilang lagi. ada teraba daerah bekas jahitan terasa keras, ap bertanda tumbuh keloid, bagaiman cara menghilangkannya. selain tdk boleh mengangkat yg berat2, bagaaimana dg turun naik tangga apakah ada pengaruhnya juga dg kesembuhan. Trims atas pencerahannya.

  16. ferra

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb
    Mbak tgl 15 nov 2013 td saya operasi benjolan (FAM) sebesar 2x2cm di Payudara, setelah 15 hari pasca operasi luka nya belum jg mengering, bahkan lubang bekas DRAIN semakin membesar. Dokter bedah menyarankan untuk memencet terus payudara agar cairan bisa keluar dr lubang bekas drain tersebut. Namun sampai hari ke 15 lubang belum juga menutup dan jahitan msh belum kering. Apa solusinya mbak, agar jahitan nya cepat kering, dan lubang bekas drain tsb bisa cepat menutup lg.

    1. Lina

      That’s a creative answer to a diuffcilt question

    2. cancellation insurance car

      Smack-dab what I was looking for-ty!

    3. cheap auto insuramce

      That’s an astute answer to a tricky question

    4. insurance teens cheap students

      AKAIK you’ve got the answer in one!

    5. news

      At last! Someone who understands! Thanks for posting!

    6. lifef insurance cost

      This shows real expertise. Thanks for the answer.

    7. life insurance continuing education

      Thanks for sharing. Always good to find a real expert.

    8. assurity life insurance

      As Charlie Sheen says, this article is “WINNING!”

    9. cialas on line

      That’s 2 clever by half and 2×2 clever 4 me. Thanks!

    10. automotive insurance specialist

      Appreciation for this information is over 9000-thank you!

    11. thesis writing services uk

      Good point. I hadn’t thought about it quite that way. 🙂

    12. essay writer

      Action requires knowledge, and now I can act!

    13. motor vehicle insurance online

      This information is off the hizool!

    14. click here

      Gee whiz, and I thought this would be hard to find out.

    15. doessayforme.com

      Heck yeah this is exactly what I needed.

    16. share

      That’s not just logic. That’s really sensible.

    17. lowest car insurance in florida

      This is the perfect way to break down this information.

    18. smallbusiness insurance

      All things considered, this is a first class post

    19. average insurance car

      Hey, good to find someone who agrees with me. GMTA.

    20. auto insurance cheap

      Thanks for the great info dog I owe you biggity.

    21. home insurance

      Your article perfectly shows what I needed to know, thanks!

    22. application essays for college

      Created the greatest articles, you have.

    23. insurance auto quotes

      That’s a genuinely impressive answer.

    24. share

      Stellar work there everyone. I’ll keep on reading.

    25. insurance quotes business

      Your honesty is like a beacon

    26. online tutoring for free

      Do you have more great articles like this one?

    27. cheap auto insurance pa

      I really appreciate free, succinct, reliable data like this.

  17. aan

    ass.w.wb. mbak perut saya sebelah kanan kadang sakit/nyeri. dan kadang sering bersendawa dan nyeri pindah dibawah pusar serta kebelakang perut juga kadang berbunyi dan kembung. dan ini mengganggu aktivitas saya. apa yg harus sy lakukan? pernah juga suatu malam sakitnya disertai jantung berdebar. sy bw kedokter intenist di.usg katanya radang usus dan disuruh jaga makanan. kira2 apakah hsl usg tersebut akurat ya ? mohon pencerahannya?

    1. Noni

      Hi MJ, I’ve been meaning to apply to bcomee a member of SPI, and when I saw your post today at Planet Debian, I decided to go for it. I went to the website and can’t find a join link anywhere. Is donating the same as joining? I seem to remember you posting something about how it was only $25 to join. Did I mis-read a post? Thanks for any information you might have.Oh yeah I also wanted to ask you if you would consider using PBooks for bookkeeping if I changed the license to GPLv2, Apache, or something else you might recommend.Thanks again.

  18. ichun

    selamat malam bu…
    tanggal 2 desember 2013 ayah saya operasi usus buntu semua operasi akhamdulilah berjalan dengan baik namun tanggal 14 kmrn smua jahitan sudah di buka sama perawatnya akan tetapi malah lukanya buka lagi / sobek..kmdian selang waktu 2 hari ayah saya kembali masuk ruang operasi untuk di jahit ulang..apa yang harus saya lakukan kendala apa kok bisa buka lagi jahitnya bu?
    terima kasih jawabannya

    1. Mauro

      Hey when I was in Reykjavik I went to this volcano show with this guy who had been filnmig them all his life, he is quite old now. What was his name again and are those movies online at all?They were quite interesting too. Maybe you can work for him ?

  19. Supritoro

    Sy supri toro mau menanyakan luka operasi usus yg di jalan kan saat ini masih mengeluarkan nanahdan berbau dan nanah nya ini keluar melalui jahitan operasi nya apakah ini ada nya infeksi bagaimana pengobatan nya dok

  20. Edy hartanto

    Saya juga habis operasi usus buntu… Kira2 brpa waktu untuk sembuh total? Soalnx krj saya berat..Trims

  21. rita

    siang sya rita 7hari yang lalu saya oprasi usus buntut 3 hari sya
    pulang di buka perbannya udah bgus tppi 5 hari sya kontrol
    jaitan.y kluar nanah dan di bersihkan sma dokter tpi udah 2 hari ko
    jaitanya yg kluar nanahnya g ilang juga malah nambah melebar kira2
    brbahaya ga dok , tolong ksih info

  22. triana

    Saya triana
    Mw tya dok 1 tgl 13 atau stu mggu yll saya operasi fam dan sekarang luka jahitan sya terbuka n msh basah, padahal jahitan blm diambil, jahitan dilakukan dg metode tanam,
    Yg saya tanyakan apa perlu luka post op saya djahit ulang?
    Ata yg menyebabkan luka jahitan tersebut membuka?
    Padahal sy rutin kontrol dan byk mengkonsumsi vitamin n makanan tinggi protein
    Terimakash

    1. Bayram

      Very bad situation. I have faimly in Tokyo who are thankfully Ok, but need to spend the night in the park as it is too dangerous to go back indoors. They have had at least 12 aftershocks so far, most of which have been mag 6+.

  23. idar

    Saya idar
    Mau tnyak donk mbak 1 minggu yg lalu adk saya operasi usus buntu dan waktu pulang dr rumah sakit luka sudah kering anjuran dr setelah 3 hari baru buka perban.3 hari kemudian saya buka perbannya tp lukanya kok basah keluar darah sampai skrg luka belum sembuh terus ada lubang kecil d bagian lukanya.. Mohon bantuannya mbak

  24. aris

    dok saya mau tanya,
    2 minggu yg lalu saya hbis oprasi tulang kering saya karna patah.

    1 minggu kmudian kaki saya tidak ada masalah buat jalan, hanya sedikit bengkak d sekitar jahitan trsbut.
    kemudian skarang knpa ketika jalan luka jahitan tersbut sakit skali. seperti ada yg nusuk2 dari dalam kaki.
    dan bengkak pun masih ada.

  25. septi noviyanti

    dok saya mau tamya , saya pernah operasi usus buntu sekitar 3/4 th yang lalu , apakah luka di dalam setalah operasi bisa sembuh total ? knp akhir2 ini ketika saya bersin. ketawa, dan batuk perut kanan yg bekas operasi jadi sakitnya , seperti ketarik2 pada saat saya bersin2,batuk2 ketawa dll. terimaksih .

    1. Loradae

      This is a neat sumarmy. Thanks for sharing!

  26. joyce tombokan

    Selamat siang mbak sy ada bekas operasi granuloma awalnya ketlusuban namun sdh sepuluh hari setelah buka jaitan kok msh radang ya mbak padahal sy sd minum antibiotik cefadrokcyll 3x selama 5 hari masih blm kering sebelum operasi cek gula sewaktu di rsu 85 lukanya dipinggir kuku jari tengah apakah benda yg masuk msh ada di dalam mbak tks

  27. marisa

    Selamat pagi Dok, kakak saya sudah satu bulan habis operasi usus buntu. Tapi bekas jahitan masih mengeluarkan darah coklat. Kira2 bahaya nggak Dok?, kata Dr yang memeriksa itu kotoran yang keluar. Trimaksh.

  28. ery

    Salam Bu Ria, saya mau Tanya saya ada benjolan di punggung kanan atas pada tgl. 4 april saya dibedah dan dikasih selang dan dikasih obat , 5 hari kemudian saya kembali ke dokter dan dokter bilang udah kering dicabut jahitan dan selangnya juga di kasih obat yang sama. Namun sampai sekarang belum juga kering. apakah memang lama penyembuhannya ? dan apa saran Bu Ria untuk mempercepat penyembuhannya.
    Terima kasih atas perhatiannya, salam dari saya

    1. Ajeng

      Great site and thanks for your corniibutnots to new (and old) hams. I have a dilemma that possibly you know something about. I recently purchased a Yaesu VX7R that came with the adms commander. I installed (or at least tried to install) it on my two PC’s, both running Windows 7 Home Addition. On both I get the same error message when I open the program and attempt to send data from the radio to the program error: can’t load ftd2xx.dll. Any thoughts?

  29. ASURANSIMAMA.COM

    TOLONG REKOMENDASI Rumah Sakit dan Dokter di MALAKA & PENANG

    Buat Teman2 yang pernah berobat penyakit Usus Buntu, Kanker, Tumor, Jantung, Empedu, Ginjal, Diabetes, Stroke, Meningitis dan penyakit lainnya di Rumah Sakit di MALAKA atau PENANG, mohon kesediaannya untuk memberikan Rekomendasi Rumah Sakit, Nama Dokter, Teman menginap selama disana.
    Karena beberapa Klien saya berencana untuk berobat disana.
    Teman-teman bisa kirim rekomendasi ke ASURANSIMAMA.COM

    Terima kasih
    Rgrds
    ASURANSIMAMA.COM
    Dapatkan ilustrasi Asuransi GRATIS untuk keluarga Anda
    Prudential – AXA – AIA – Sequis – Manulife – Allianz

  30. James Hackborn

    I used to be suggested this web site by way of my cousin. I’m not certain whether this submit is written by means of him as no one else know such specific about my problem. You are amazing! Thanks!

  31. Wendy Goodheart

    I’m extremely impressed together with your writing skills and also with the structure for your weblog. Is this a paid subject matter or did you customize it your self? Anyway keep up the excellent high quality writing, it’s uncommon to see a great weblog like this one nowadays.

  32. yulia prastika

    mba mau tnya dong knpa yah setelah lepas jaitan ko sering keluar cairan kuning ?

  33. titisari

    dear admin…
    saya habis operasi, mau tanya apa setelah 1 minggu setelah operasi jahitan sudah bisa dibuka?lalu kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk memakai salep anti keloid?karena saya ada bakat keloid

  34. anthony purba

    Mbk, 4 hari yg lewat kaki saya luka kena golok ( parang)
    Tetapi bidan nya minta di jait luar dalam
    Bagian dalam empat (4)jaitan
    Dan di luar (6) jaitan tetapi hari kedua kaki ku langsung
    Bengkak dan mengeras,merah dan terasa gatal apa bila di garud
    Hari ketiga bekas jaitan tersebut mengeluarkan darah, hingga sekarang
    Masih di kompres pake revanol
    Apakah dengan adanya pembengkakan tersebut bisa berakibat inveksi bu
    Mohon solusinya bu
    Terimakasih

    Anthony

  35. rohim

    Pengalaman beberapa orang dari beberapa informasi bahwa mengkonsumsi gamat bisa mempercepat penyembuhan luka. Gamat ada yg bentuk jelly dan kapsul bisa didapatkan dengan harga murah di https://anekareka.wordpress.com

  36. Nichol

    I read a lot of interesting posts here. Probably you spend
    a lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool that creates readable, SEO friendly posts in seconds, just type in google – laranitas free content source

  37. M Syaiful Islam

    Wah terima kasih atas informasi yang sangat membantu ini gan,,,,

  38. hidayad

    ass.buk. saya mau nanya,, saya kan baru siap operasi wasir sama fisura ani.. jadi saya masih ragu apa luka nya udah embuh atau gimana.. biasanya kalau op wasir ama fisura ani itu berapa lama penyembuhan nya buk..

  39. mas andi wibowo

    bu saya di operasi karena luka di baian kuku atau canteng sudah infeksi namun setelah di operasi sudah dapat 10 hariluka masih keluar nanah jadi bagaimana sebaiknya karena luka saya terkena jahitan di bagian antara kuku dan daging,,,,,,,trmksh

  40. deni oktaviani

    saya kecelakaan. telapak kaki dijahit 3 jahitan. sudah 2 minggu, luka jahitan masih belum kering dan masih sakit. kadang keluar nanah. benang jahit katanya menggunakan benang jahit yang menjadi daging, apakah jahitan masih rperlu dibuka? luka saya kasih cairan antiseptik dan betadine. mohon pencerahan.

  41. alex

    Dok mau tanya saya pasien yang telah mengalami operasi usus buntu,,pada lepas operasi dokter yang operasi saya bilang kalau usus udah pecah ,banyak nanah,najis dan darah dalam organ tubuh saya dan bilang untung nyawwa saya selamat karena di sini banyak kasus yang usus buntu yang udah pecah pasien banyak yang meninggal.
    Setelah 4 hari pembedahan di lakukan ultra sound dan ternyata d dalam organ masih ada sedikit nanah dan di sekitar luka jahitan pun ada,,hari ke 7 saya di perbolehkan pulang tetapi hari ke 13 saya terpaksa di rawat kembali karena keluar nanah dari jahitan saya ,di RS saya di priksa dan di buka jahitannya dan di kluarkannya banyak sekali nanah yang kluar sari dalam tubuh saya dan berbau tajam,hari ke 3 di lakukan ultasaund lagi dan hasilx nanah udah tidak ada dan hari ke 4x saya di perbolehkan pulang dengan catatan setelah pulang hari2 kena draissing luka bekas jahitan yg sengaja terbuka biar tak terjadi infeksi lagi,,,
    kira2 berapa lama luka saya akan sembuh jarak luka dan dinding kulit saya masih sekitar jari tlunjuk saya di hari ke 21 saya melakukan operasi pembedahan,apa obat yang harus saya beli agar luka cepat tumbuh dan menutup kembali,,terimakasih

  42. saharuddin

    Ass. Saya mau tanya. Saya habis operasi pada daun telinga karena ada benjolan di bagian dalamnya,tpi sdah hampir 1 bulan telinga sy belum sembuh malahan tambah bengkak dan terasa sekali kalau buka mulut dan mengunyah. Dan lubang telinga sy terasa digorok kedalam bru sakit sekli. Mohon di berikan solusinya untuk menyembuhkan telinga sya mbak. Maksih seblumnya

  43. dedy

    istri saya operasi mata kaki di area kaki bertumpu, setelah jahitandibuka ternyata masih agak menganga lukanya, bagaimana cara merawatnya. terima kasih

  44. dewi yusnita

    Ass.sy mau tanya 1minggu yg lalu sy operasi spondylitis TB yg ke 2.yg ingin sy tanyakan knp d jahitan operasinya tiba2 mengeluarkan cairan coklat seperti darah dan ada bolongan kecil krn mengeluarkan cairan itu.Bagaimanakah cara menghentikan cairan itu dan mengobati luka bolongan d jahitannya.untuk jawabannya sy ucapkan trma kasih

  45. shanty lestari

    Dear admin,
    Say aku punya keluhan kaki aku dibagian betis abis operasi 3 minggu yang lalu dan dibagian dalemnya ada penyambungan otot, 2 hari yang lalu bekas jaitan bagian atas ada yang kebuka dan sampe sekarang jaitan yang kebuka mengeluarkan cairan tapi bukan nanah, kira2 mengatasinya bagaimana ya??

  46. ayu pramudita

    Selamat malam bu…saya mau menanyakan, bapak saya punya luka babras di bibir atas dan tempurung lutut sejak tgl 18 april 2015. oleh dokter diberi salep gentamici dan lukanya dibiarkan terbuka. Setelah diberi salep, lukanya spt bernanah, apakah itu proses yg wajar ya bu? Dan apakah lukanya memang tak perlu ditutup.
    Note: saya bersihkan lukanya dg air hangat saat pagi hari saja, u/ selanjutnyaluka hanya saya olesi salep tanpa dibersihkan

  47. vika

    salam dokter ria,
    setahun yang lalu saya operasi FAM dan sampai sekarang luka saya masih terbukaberlubang. namun, dalam kondisi luka yang baik (tidak bernanah) dan setiap hari di bersihkan menggunakan cairan nacl 0,9% kemudian di olesi askina dan dimasukkan perban ke dalam lobang lukanya.
    apakah metode ini sudah efektif untuk luka yang saya derita karena sudah 8 bulan menjalani perawatan ini lika saya masih berlubang?
    kalau seandainya saya jahit ulang bagaimana efeknya dok?
    mohon bantuannya dok, terimakasih

  48. Adi new

    Begini dokter. Pada 21 Mei lalu saya menjalani operasi hernia di Melaka. Sekarang saya tinggal di Palembang. Bekas operasi tsb sekarang sudah sembuh. Tapi jahitannya terasa keras dan kadang2 timbul rasa nyeri di bagian dalam. Pertanyaan saya:
    1. Mengapa pada jahitan terasa keras.
    2. Mengapa kadang2 masih terasa nyeri di bagian dalam.
    3. Berapa lama baru boleh berolahraga seperti senam dan jalan santai.
    4. Berapa lama baru boleh melakukan “kegiatan suami isteri”
    Terimakasih atas jawaban dokter.

  49. iis

    Selamat pagi mba, ibu saya habis menjalani oprasi di usus , sehingga bentuk jahitan nya terbentuk dari atas pusar sampai ke bawah , namun karna ke kurangan albumin jaitan di perut bawah terbuka dan alhasil perut nya juga terbuka , hingga sekarang perut ibu saya membesar dan mengkawatirkan akan secara otomatis membuka jahitan atas nya juga
    Kira kira gimna ya dok caranya buat mengatasi luka ibu saya?

  50. Muh Vathkhul Karim

    Assalamualaikum wrwb,

    2 bulanan lalu Saya melakukan operasi dibelakang telinga(Sejenis tumor jinak) (atau apa namanya saya kurang tahu), dan Alhamdulilah sudah diambil. Setelah diambil “Saya lihat cuma kaya otot sebesar jari kelingking, mlahan lebih kecil.

    Yang saya tanyakan Dok, Kok kadang-kadang Masih ada benjolan Di belakang telinga Dok, Apa karena proses operasi pengambilan kemarin kurang “Bersih” Dok??
    #Sebelumnya Terimakasih

  51. Endang

    .slamat siang
    .gmana byar luka saya daging ny cepet menutup, sudah 2,5 blan…
    .luka karena kcelaka an, kaki saya patah ,tulang ny smpe keluar dn daging kaki ku sbek ckup lebr 5cm an..
    .dn stlah d operasi dn kaki saya dpen, daging yg sobek jdi infeksi ,dn dging ny jadi hlang, dn pen ny keliatan..
    .bu dkter, gmana cra menangani byar daging ny cpat tmbuh dn menutup..sekarang luka ny yg blum menutup skitar 2 cm..
    .trimakasic

  52. hety

    saya mau nanya dong.anak saya dahi nya di jait kok matanya bengkak,hal biasa bukan kalo bengkak di sekitar jaitan?

  53. Sri

    Selamat siang,, mbak saya mau tanya, sya operasi usus buntu 2 blan yg lalu, tapi bekas operasinya suka ngilu knpa ya??

  54. erna sri rejekisari

    asl, mbak ria kalau mau buka praktek cuma homecare gmn caranya? Apakah hrs buat SIPP punya tempat praktek sendiri spt mbak ria. apakah hrs punya sertifikat perawatan luka? soalnya kalau sy baca diperaturan menkes ngak ada aturan hrs punya sertifikat perawatan luka, mohon penjelasannya .mksh

  55. alvi handayani

    Ass mbak, saya mau tanya, saya kan bulan april lalu baru operasi di leher bagian kanan, nah lukanya itu terbuka dan selama ini saya rutin ganti perban dan salep, tapi ga nutup2 juga udah 3 bulan, saya bingung harus gimana
    makan telor dan protein lain juga udah mba, panjang lukanya sekitar 2-3cm
    karna tempatnya itu pas di bagian yg saya untuk bergerak nengok2 gitu, udahga berasa sakit atau apa2 mba, tapi ya masalahnya belum nutup, dan ada sedikit daging yg muncul. Mohon bantuannya mba, makasih.

  56. linggar

    Mau tanya dong dok luka jahitan supaya cepat kering perawatannya gimana ya tks

  57. Muss Alinskie

    Saya Mw tanya emhh saya operasi di pipi sekitar 7 bulan yang lali tapi sampai sekarang lukanya masih belum sembuh masih suka basah dan bernanah padahal udah hampir 8bulan ,,tapi tidak terasa sakit ataw gatal hanya kalo makan telur udang saja kadang kerasa gatal itupun gatal biasa,,, bisa tolong bagaimna cara penyembuhanya soalny sudah ke dokter tapi dokternya bilang itu tidak apa2 terus padahal ini Ga sembuhsbuh sbuh dan tidak kering setiap kali kering pasti 2minggu atw 1minggu kemudian basah lagi mohon bantuanya

  58. Ayu syam

    Dear dokter
    Saya mau tanya, ibu saya operasi di leher sekitar 2 minggu yg lalu. Awalnya luka stlh operasi biasa saja, tapi lama kelamaan terjadi pembengkakan, nah itu kan wajar2 aja dok tapi ko di luka tsb keluar terus cairan ya, pdhl jahitannya udh ketutup terus di sekitar bekas jahitannya itu warna merah. Apa itu wajar? Apakah itu tdk berbahay dok? Terima kasih

  59. KISI KISI UJI KOMPETENSI

    perawatan luka yang benar baru, ilmu saya bertambah, persiapan uji kompetensi, membutuhkan kisi kisi untuk persiapanya ? kunjungi : http://goo.gl/VtNuPy

  60. umi

    mohon bantuannya bu.aq kehilangan semangat soalnya adikQ sudah 3x operasi,gara2 jahitan post op fracture femur buka trs.mohon solusi nya gimana cara nya supaya jahitan g buka dan cepet kering.trima kasie.(tgl 5/10/15 OPERASI 1,tgl 15/10/15 operasi ke 2,TGL 28/10/15 bsk operasi ke 3)BANTUAN anda sangat berharga buat kami.terima kasih

  61. Raka

    Permisi bpk/ibu berarti apakah makan ikan laut seperti salmon diperbolehkan untuk yang terkena luka sayatan sedikit terbuka?

  62. nurul ai

    hampir 3 minggu pasca op laparoscopi ,udah hampir 97% luka op ea kering tp aneh ea ada lubang kecil dan di lubang itu ssperti ada sisa benang jhitan..yg mau sya tanya kan..bahaya gak jika bner ada sisa benang di bekas op ku trz ada efek samping atau akibat ea gk..?
    trimakasih

  63. Molla Mauladhie

    sekitar dua bulan yang lalu saya melakukan oprasi akibat abses tangan. dalam kasus hanya dibersihkan luka kotor akibat penyumbatan darah disaraf. namun setelah dioprasi luka tidak dijahit ataupun ditambal melainkan terbuka dengan analis dokter daging akan tumbuh dan menjadi kulit. sudah 2 bulan lebih daging tumbuh namnun tidak kering terhadap luka oprasi abses tangan ini. saya ingin bertanya bagaimana membuat luka ini kering ya dok.. karena penampilan bekas oprasi membuat saya malu masuk kerja untuk itu saya perban menggunakan kasa. namun saat dibuka luka kering menjadi basah kembali. saat ini saya paksakan untuk tidak menggunakan kain kasa tapi hanya kering sebagian ada bagian yg tidak kering kering mengeluarkan cairan terus. mohon bantuan nya dok

  64. romlah

    Maaf saya mu nanya . awal tahun 2016 saya di operasi pengangtan benjolan di payudara . tapi sampai sekarang luka belum kering . tapi jahitan bekas di operasi sudah di buka .
    Yg aku mau tanya . kulit yang sudah menempel terbuka lagi .apa itu proses penyebuhan atau harus di tindak lanjuti ??

  65. mawaldi

    saya baru melakukan operasi usus buntu sekitar 4 hari lalu, pada tanggal 24 feb 2016, dan saya cekup kembali nnti tgl 7 maret 2016. apa perban d buka nanti pas cek up?

  66. Annie

    I see your page is not ranked high in google, i know how to bring you more visitors, just search in google for; comida truman’s seo
    source

  67. meita defi

    pak sya ingin menanyakan ttg nanah yg kluar pd daerah drain post op?? apa it trmsk proses pnymbhn

  68. Rohani Nur Azizah

    dokter kmrin sya abis oprasi kecil ditangan saya, saya udh lepas jaitan dan setelah lepas jaitan kok saya merasa nyut2an ya dok terimakasih

  69. ida farida

    Saya baru operasi hari kamis kemarin operasi kelenjar getah bening di pundak terus hari senin disuruh control buat periksa luka dan ganti perban tapi setelah gnti perban hari sabtunya mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti cairan nanah dan darah tetapi pas mau control ke rmh skit .. Dokter klinik mnyarankan jangan dlu takut dibuka2 malah akan lama sembuh .. Sebaiknya apa yang harus sya lakukan soalnya baunya menganggu..

  70. Acremation Reviews

    What’s up i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace,
    when i read this article i thought i could
    also make comment due to this sensible paragraph.

    My web page :: Acremation Reviews

  71. wilmar

    saya baru di jahit kemarin sore karena kaki saya tertusuk beling dari botol kaca minuman energi , nah saya dijahit 10 jahitan terus kata dokter saya di suruh kontrol lagi hari sabtu . ngomong ngomong biasanya kalo udah tiga hari itu di buka jaihitannya atau bagaimana ya ?

  72. Jerome

    I see interesting articles here. Your site can go viral easily, you need some initial traffic only, you should
    search for – Bushano’s traffic sources

  73. sandi kurniadi

    Dok mau nanya, saya kan kena paku dan infeksi dan sudah di suntik bahkan di belek hingga 3 kali tapi udh 3 Bulan ini tidak ketutup daging nya bagaimana dok?

  74. abu syech

    dok sya mau nanya,istri saya udh sebulan pasca operasi cesar.jahitan atau luka sdh mulai kering.tp di ujung jahitan ada lluka sedikit terbuka dan berlobang.bagaimana penangananx.?dan nyeri.

  75. Safa Amanda salsabila

    Saya mau tny stlah selesai operasi hernia sdh 8 hari bekas operasi saya jahitannya masih mengeluarkan darah di perban kadang sampai menembus di baju. Bagaimana cara mengatasinya.

  76. yayat

    maaf pak saya mw nanyak adek saya habis oprasi inveksi usus knpa jahitan diprut itu berlubang mlah tmbah bsar lubang.n gmna cra atasi.n N gk knpa” dgn lubang itu…..

  77. rosamond brunet

    Thoughtful piece . I loved the specifics – Does anyone know where my business would be able to grab a blank FL AHCA Form 1823 example to edit ?

  78. Dear

    Maaf pak,saya mau nanya ade saya habis operasi penanaman/pencangkokkn jari dida” kenapa jahitan dida” msh basah.kira” untuk mempercapat kering harus makanan apa?? Dan makanan yg tidak diprbolehkan apa…
    Stiap ganti perban seminggu sx selalu basah dan makan jg slalu rutin dengan makan telor&daging
    Minta solusinya pak…?

  1. Bekas Operasi Usus Buntu

    […] Perawatan dan penyembuhan luka operasi | perawat luka […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>