«

»

Mar
16

PERAWAT PROFESIONAL PRAKTEK MANDIRI?? BISA…..

Praktek perawat luka

Saat ini sdh banyak rekan perawat yang membuka praktek mandiri keperawatan salah satunya adalah “PRAKTEK MANDIRI KEPERAWATAN KHUSUS LUKA DAN STOMA”  yang berlokasi di Depok 2 Timur Telp, 021-99442130 / 085777936010, ini menjadi bukti bahwa perawat bisa praktek mandiri.

Apakah syarat perawat bisa praktek mandiri?

Berdasarkan PERATURAN MENTRI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR HK.02.02/MENKES/148/I/2010 TENTANG IZIN DAN PENYELENGGARAAN PRAKTIK PERAWAT, perawat bs melakukan praktek mandiri keperawatan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya dan TIDAK melakukan tindakan yang bukan kewenangannya, juga harus memiliki Surat Ijin Peraktek Perawat dari Dinas kesehatan setempat.

Saat ini memang telah banyak berkembang klinik-klinik/balai asuhan keperawatan yang memberikan pelayanan keperawatan dan yang saat ini telah berkembang adalah perawatan luka dan stoma yang memang sudah seharusnya bidang ini dikuasai oleh perawat. Namun kalau mau digali lebih dalam lagi ternyata masih banyak sub-sub bidang di keperawatan yang masih dapat dikembangkan seperti: perawatan pasien dengan stroke, perawatan paliatif, perawatan pre dan paska melahirkan, perawatan dan tumbuh kembang anak, perawatan jiwa, perawatan komunitas dll, ini semua menjadi PR kita semua sebagai perawat untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya dan membuktikan bahwa perawat juga bisa memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat merasa perawat itu senantiasa dekat dan ada disekitar mereka, bukan hanya ada dirumah sakit dan hanya menunggu intruksi tim kesehatan lain.

Ketika perawat bisa menunjukkan pada profesi kesehatan lain dan juga pada masyarakat bahwa perawat bisa melakukan tindakan mandiri berdasarkan analisa dan keilmuannya sehingga berdampak langsung pada kesembuhan pasien maka secara pasti dapat dipastikan perawat akan makin bisa diterima dan dicintai oleh masyarakat, begitu juga oleh profesi kesehatan lain akan dianggap sebagai partner kerja, bukan sebagai robot yang hanya menunggu instruksi tanpa ada inisiatif.

Semoga kedepan perawat Indonesia makin jaya…

Contoh Surat Ijin Praktek Perawat

 

 

9 comments

  1. nur hayati dwi handayani says:

    mohon info tentang cara pengurusan ijin buka klinik mandiri keperawatan. tks :)

    best regards,
    yani

    1. admin says:

      Baik, insyaAllah suatu saat sy share mengalaman saya dalam mengurus ijin praktek…yg intinya tdk sulit ketika kita mmg punya kompetensi dan memenuhi syarat yg ditentukan. Ditunggu ya Mb..

  2. kurtubi says:

    boleh minta infonya tetntang bagaimana persiapan awal praktek klinik perawatan luka terima kasih

    1. admin says:

      persyaratan utk membuat praktek mandiri perawat diantaranya:
      1. rekomendasi ppni setempat
      2. fc ktp
      3. fc ijasah
      4. surat ket sehat
      5. surat keterangan tempat (kontrak/milik sendiri)
      6. SIP

      itu saja pak..namun setiap daerah mungkin saja berbeda syaratnya juga lama waktu pengurusan tergantung
      kebijakan daerah setempat, apalagi kalau daerah/dinas kesehatan setempat masih belum terpapar dgn info
      praktek perawat mandiri..tentu itu akan jd tantangan tersendiri. utk sertifikat pelatihan juga tdk mutlak diperlukan hanya pelengkap saja..(menguatkan).
      Yang jelas itu semua butuh perjuangan..
      semoga lancar dan selamat berjuang…

  3. indah says:

    Aslm mb. Kalo mau buka praktik, apakah boleh dari profesi dosen keperawatan ? Terimakasih.

    1. admin says:

      wa’alaikumslm mb indah..boleh banget..yg pentingkan punya ijasah perawat minimal D3 dan punya kompetensi khusus keperawatan..ayo mb kembangkan keilmuan di akademik maupun klinis agar sejalan keilmuannya.Sudah banyak kok rekan dosen yang juga praktisi luka..
      salam mandiri…

  4. syaichu says:

    ass. mhn ijin sy ingin bertanya, selama perawat praktek mandiri ap sj kendala dlm bidang kepercayaan masyarakat terhadap adanya praktek perawat, karena yang selama ini yang sy ketahui masyarakat pengetahuannya perawat ya juga bs dikatakan sbg dokter (mengobati) dari sudut pandang anda apakah masih legalkah kita sejawat praktek mandiri plus pengobatan. trimakasih

  5. Rizwan Ridhani says:

    aslmkm, mohon sharing bagaimana izin membuka nursing center, apakah dengan proposal ke dinas kesehatan setempat. terimakasih

  6. sri yanto. S Kep says:

    apa perlu adadomter untuk membuka klinik keperawatan. apa boleh kita memberi terapi obat sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>