«

»

Oct 23

Mengenal Stoma (Kolostomi)

Kolostomi

Stoma

Secara anatomis ,stoma yang alami Ialah lubang yang ada di tubuh , seperti mulut. Ada beberapa organ  melingkar yang bisa di buat stoMa buatan seperti : esofagus , lambung gastrostomy duodenum , ileum, kolon (usus besar) dan banyak lagi lainnya. Secara umum, penamaan stoma ini disesuaikan dengan organ yang di bedah . Stoma buatan yang sering dikenal adalah kolostomi yaitu, suatu lubang yang dibuat melalui pembedahan pada usus besar yang memungkinkan pengeluaran fases (tanpa melalui rektrum) yaitu mengalir dalam suatu kantong atau alat penampung lainnya .

Di Negara inggris di perkirakan sekitar 80.000 dan 100.000 orang dengan stoma, namun di Indonesia belum di temukan secara pasti. Tapi mayoritas penderita kolostomi ini berusia 50 tahun ke atas.

Stoma berasal dari bahasa yunani, bentuk jamaknya adalah stoma artinya mulut atau lubang atau orifisium atau opening. Istilah medisnya, stoma merupakan suatu lubang alami ataupun buatan yang menghubungkan bagian rongga tubuh ke lingkungan luar. Ostomi ini bertujuan untuk pengeluaran dan pemberian nutrisi . Ostomi merupakan lubang yang dibuat secara pembedahan untuk ekskresi atau pengeluaran fases (kolostomi , ileostomi) atau urine (urostomi) yang bersifat sementara maupun menetap (permanen) . Pembedahan ini dapat menghasilkan salah satu dari tiga tipe stoma ini  end stoma , double-barrel stoma dan loop stoma.

Kata ostomi adalah suatu jenis tindakan operasi yang diperlukan dengan membuat lubang (stoma) pada bagian tubuh tertentu, ostomi juga merupakan pembuatan fistula dengan cara pembedahan, yang bertujuan untuk mengangkat atau menghilangkan penyebab penyakit atau menyingkirkan gejala atau gejala sisanya , seperti :  kolostomi , lubang pada kolon atau usus besar, Ileostomi, lubang pada ileum . urostomi , lubang pada system urinaria ( system perkemihan ). Gastrostomi, lubang pada lambung dan trakeostomi , lubang pada trakea .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us