«

»

Aug
18

Kenapa Luka Sulit Sembuh???

“Kenapa yah luka pada kakiku sulit sembuh?, padahal dah lebih sebulan lho, biasanya ga sampe sebulan kalau ada luka bisa sembuh sendiri”, tanya seorang pasien ketika datang ke klinik perawatan luka di Depok.

Memang seringkali kita mendapatkan kenyataan seperti itu, luka sulit sembuh, padahal – menurut mereka- segala anjuran sudah mereka laksanakan, mulai dari minum obat sampai dengan istirahat. Sebenarnya apa saja sih yang mempengaruhi proses penyembuhan luka?, yuk kita cari tahu lebih jauh…
Luka adalah rusaknya jaringan kulit sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan pada fungsi kulit tersebut, sehingga kulit tidak mampu menjalankan fungsinya dan menimbulkan berbagai keluhan seperti, nyeri, demam, bengkak dan kehilangan fungsi. Secara umum luka dapat sembuh dengan sendirinya sebagai bentuk respon tubuh untuk memperbaiki sendiri apa yang rusak pada bagian tubuhnya, ini terjadi jika dalam tubuh orang tersebut semua sistem berjalan dengan baik dan tidak terdapat menyulit yang dapat menyebabkan tubuh tidak dapat/lambat melakukan proses penyembuhan, Proses penyembuhan secara alami ini terjadi antara 7-21 hari, jika lebih dari 21 hari maka dapat dikatakan proses penyembuhan alami tidak berjalan dengan baik dan memungkinkan ada faktor lain yang menyebabkan melambatnya proses tersebut.

Proses penyembuhan luka ternyata harus didukung oleh banyak faktor yang secara umum dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor umum dan faktor lokal. Faktor umum meliputi : usia, penyakit yang menyertai, kondisi pembuluh darah/vaskular, status nutrisi, kegemukan, gangguan sensasi/pergerakan, status psikologis, terapi radiasi dan obat. Faktor lokal meliputi : kelembaban luka, penanganan luka, suhu luka, takanan/gesekan pada luka, benda asing dan infeksi. Nah ternyata banyak sekali yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka, berikut akan dijelaskan lebih lanjut…


Penyakit yang menyertai dan dapat memperlambat proses penyembuhan luka diantaranya adalah : diabetes melitus, anemia, adanya keganasan / kanker, gangguan immun, gangguan hati, tingginya kadar ureum, gangguan pencernaan.
Kondisi pembuluh darah / vaskular yang baik juga menjadi suatu syarat agar proses penyembuhan luka berjalan baik, karena pembuluh darah yang baik akan menjamin luka mendapat pasokan darah yang cukup. Hal yang dapat menyebabkan buruknya pembuluh darah adalah tekanan/gesekan dan juga merokok.

Nutrisi yang buruk dapat memperlambat proses penyembuhan luka dan dapat meningkatkan risiko infeksi. Obesitas/kegemukan juga menjadi penghambat proses penyembuhan luka, karena jaringan kulit pada obesitas banyak terdiri dari jaringan adiposa yang sangat kurang vaskularitasnya.
Gangguan pada sensasi dan pergerakan, semakin kurangnya seseorang bergerak maka akan menyebabkan kurangnya vaskularitas yg dapat menyebabkan lambatnya proses penyembuhan luka.

Obat-obatan tertentu jg dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka diantaranya adalah: obat steroid anti inflamasi, obat cytotoxic (kanker) dan obat golongan pinisilin. Terapi radiasi bertujuan memusnahkan sel-sel kanker ternyata juga merusak sel-sel yang sehat, terlebih pada luka, belum lagi efek terapi seperti mual/muntah yang dapat menyebabkan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka.
Kondisi psikologis yang tidak kuat seperti stress, cemas dan depresi juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka karena akan menekan imunitas tubuh untuk memperbaiki luka.
Proses penanganan luka juga menjadi hal penting yang tidak dapat diremehkan, tepat atau tidaknya proses penanganan luka akan sangat berpengaruh pada cepat atau lambatnya proses penyembuhan luka. Seorang perawat spesialis luka akan sangat mengerti dengan kondisi luka pasiennya dan akan berusaha memberikan terapi perawatan yang sesuai dengan kondisi lukanya.

  • Kelembaban luka, luka membutuhkan kondisi yang lembab untuk proses penyembuhannya, karena dengan kondisi lembab akan terjadi proses migrasi sel yang sangat baik, dan juga ketika luka dalam kondisi lembab maka akan mengurangi rasa sakit ketika balutan diganti.
  • Temperatur luka, temperatur luka yang konstan kira-kira 37 c akan mendukung proses penyembuhan luka, oleh karena itu temperatur luka harus dipertahankan.
  • Tekanan dan gesekan. Tekanan dan gesekan dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka. Tekanan dan gesekan ini dapat terjadi pada saat beraktivitas atau tidak beraktivitas, saat mengganti pakaian juga saat mengganti balutan. Menjaga luka dari tekanan/gesekan menjadi hal yg penting untuk menjamin vaskularitas tetap baik.
  • Adanya benda asing. Benda asing yang mungkin ditemukan pada luka adalah jaringan mati, debu, rambut, kaca, kapas, benang dan infeksi. Semua luka yang mengalami kesulitan penyembuhan harus dipastikan tidak adanya benda asing tersebut, bisa dilakukan dengan pemeriksaan khusus (x-ray). Mencuci luka juga dapat mengurangi keberadaan benda asing tersebut.
  • Infeksi. Luka yang terinfeksi dapat dipastikan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses penyembuhannya bahkan bukan hanya lukanya saja yang lama sembuhnya namun juga jiwa bisa terancam karena infeksi tersebut bisa menjalar keseluruh tubuh yang mengakibatkan kematian.

Nah, ternyata banyak banget yah faktor yang menyebabkan luka sulit sembuh. Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan luka walau hanya kecil karena mungkin saja dari yang kecil tersebut bisa menjadi hal yang besar bahkan berakhir pada terhempasnya nyawa, ketika kita tidak tahu dan salah memberikan terapi pada luka. So…serahkan masalah pada ahlinya ya…., begitu juga dengan luka..serahkan pada perawat spesialis luka atau datang ke klinik perawatan luka.

133 comments

  1. Andine Gwalackh says:

    mengapa Luka DM Sulit sembuh??
    Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi??

    1. admin says:

      Luka DM sulit sembuh karena pada penderita DM terjadi gangguan pembuluh darah dimana aliran darah kurang lancar ditambah lagi sensitifitas terhadap nyeri berkurang, sehingga saat terjadi luka seringkali penderita tdk menyadari dan krn aliran darah kurang lancar maka supplay darah ke bagian tubuh yg terdapat luka juga kurang sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih lama.

    2. syaqila gita annisa says:

      kenapa luka di kaki saya belum sembuh juga sudah hampir sebulan, padahal saya teratur memakai salep untuk menyembuhkannya

      1. admin says:

        banyak faktor yg menyebabkan luka sulit sembuh, utk lebih jelas bs sy lihat foto lukanya agar sarannya lebih tepat..semoga bisa membantu

  2. suryanda says:

    saya mau nanya saya abis jatuh dari motor saya punya luka di lutut
    udah sekitar setengah tahun tidak sembuh-sembuh itu kenapa yah???
    mohon bantuanya

    1. admin says:

      banyak hal yg dapat menyebabkan luka tdk kunjung sembuh: ada faktor penyulit mis menderita kencing manis, adanya jaringan mati
      pada luka sehhingga luka sulit menutup, adanya benda asing: jahitan atau cara perawatan yg tdk tepat, ada masalah pada tulang. Jd harus dilihat dan dikaji lebih lanjut. utk lebih jelas lebih baik meminta bantuan perawat khusus luka utk penanganan lebih lanjut.

  3. hasan says:

    mantep….lanjutkan!!!

  4. adi says:

    gan , nenek ane kena kencing manis nih …
    trs dikakinya ada luka krn ketusuk serpihan kayu sampai sekarang belum sembuh .
    gima cara ngobatinya ya ?
    mohon bantuannya , tq

    1. admin says:

      baik mas adi..utk luka nenek mas harus dirawat dengan cara yg tepat krn kalau tdk luka akan terus meluas dan mendalam. cara perawatannya juga berdasarkan kondisi lukanya..boleh dilihat artikel2 lain diwebsite ini yg terkait dgn perawatan luka atau bs foto luka di email ke perawatluka@gmail.com agar sy bs memberikan masukan yg pas.

  5. qadri says:

    bagaimana mekanismenya orang diabetes mengalami mual dan muntah…

    pada penggunaan revanol pada diabetes tdk efektif krn masih juga trlihat pus bisa dijelaskan kak.???

    n kalau misalnya ibunya dengan diabetes tipe 2 melahirkan seorag anak, lantas anaknya termaksud DM tipe ke berapa.???

    1. admin says:

      mungkin saja memang penderita juga mengalami penyakit maag.

      revanol memang tidak mempunyai efek membunuh bakteri pada luka, jd jelas pus takkan hilang hanya dengan dicuci dgn revanol

      tipe 1

  6. Robith says:

    Nenek saya kakinya luka udah 2 bulan lebih tp kok belum kering ya padahal makanya juga terus di awasi, hampir 2 minggu sekali kontrol ke dokter dan selalu dikasih duazat 500 tp kok lukanya semakin dalam y ? awalnya cuma luka digaruk karena digigit nyamuk, mohon bantuanya gan agar luka nenek cepat sembuh terima kasih.

    NB : nenek punya diabet

    1. admin says:

      luka diabetes memang membutuhkan perawatan khusus..tidak cukup hanya dioles salep lalu sembuh, proses penyembuhan lebih lama dan butuh penanganan khusus. Jika ingin dapat perawatan yg baik silahkan datang ke klinik kami.

  7. Lilik says:

    Knpa pda pnderita DM trjadi polifagia,polidipsi n poliuria ?

    1. admin says:

      semua itu terjadi krn kadar gula dalam darah meningkat sehingga darah semakin kental dan akan menarik cairan dalam sel sehingga penderita merasa sering haus, krn semakin byk minum maka urinpun makin banyak, byk makan krn nutrisi tdk bs masuk dlm sel.

  8. riko says:

    Saya mau tanya saya punya 3luka pada kaki dan tangan, yg tangan luka ksrenw sayatan pisau sedangkan kaki karena bekas bisul dan luka karena jatuh, yg saya mau tanya kok labih cepat sembuh luka pada tangan hanya 4hari sedangkan kedua luka pada kaki sya sudah 1minggu lebih blm juga sembuh.
    Apa karena ada faktor kurang darah atau darah dlm tubuh sya kotor? Mohon penjelasannya…. Terima kasih

    1. admin says:

      baik Mas Riko..luka di tangan lebih cepat sembuh dikarenakan tangan posisinya lebih dekat dengan jantung yg memompa darah sehingga suplay makanan / oksigen lebih cepat tersalurkan ke area tersebut, berbeda dengan luka yg berada di ujung jari..krn jaraknya lebih jauh dari jantung maka proses penyembuhan bisa lebih lama. Ada baiknya juga Mas Riko memeriksakan gula darah agar memastikan normal/tdk kadar gula dalam tubuh yang pasti akan mempengaruhi proses penyembuhan luka. semoga menjawab…

  9. riko says:

    Saya mau tanya saya punya 3luka pada kaki dan tangan, yg tangan luka ksrenw sayatan pisau sedangkan kaki karena bekas bisul dan luka karena jatuh, yg saya mau tanya kok labih cepat sembuh luka pada tangan hanya 4hari sedangkan kedua luka pada kaki sya sudah 1minggu lebih blm juga sembuh.
    Apa karena ada faktor kurang darah atau darah dlm tubuh sya kotor? Mohon penjelasannya…. Terima kasih !

  10. Ris says:

    saya mudah sekali untuk luka, bekas gitan nyamuk saja sering berbekas, jika gatal2 dan saya garuk pasti luka, akhirnya areal kaki saya sering berbekas luka.., dan itu membuat saya tidak nyaman.
    kira2 apa ya penyebabnya apa ya., trus ada hubungannya kah dengan gula darah, kata orang-orang sih darah saya kotor, benar ngak tuh.., saya pria umur 28 tahun…
    mohon pencerahannya.., trims…

    1. admin says:

      Baik Mas Ris, memang ada org yang sensitif sekali dengan gigitan nyamuk, gatal dan sering kali menimbulkan luka. Memang sebaiknya dihindari sebisa mungkin untuk tidak menggaruk apalagi kondisi tangan/kuku tdk terjamin kebersihannya. Ada baiknya Mas Ris mengoleskan minyak tertentu (bs minyak kayu putih/minyak gosok) sehingga gatal berkurang dan resiko luka minimal. Periksa gula darah juga bisa dilakukan untuk memastikan normal/tdk yg tentu juga akan beresiko luka sulit sembuh jika kadar gula tinggi. Utk supplemen Mas Ris bisa juga minum herbal/jamu ekstrak sambiloto. semoga menjawab..

      1. Ris says:

        minum herbal ok tuh.., apaja herbal yg bisa di minum..??, oya ekstrak sambiloto itu apa ya..??, trims….

        1. admin says:

          banyak dipasaran /toko herbal yg menjual ekstrak sambiloto…

  11. ninik indrajati says:

    Perawat luka memang ada kliniknya? Dimana?

    1. admin says:

      sudah Sis, buka link ini http://www.perawatluka.com/wp-content/uploads/2013/01/Neours-Outdoor-2.jpg

    2. admin says:

      Ada, dan saat ini sedang berkembang di Indonesia krn perawat saat ini sudah dapat melakukan praktek mandiri sesuai kompetensinya. Di Depok ada di Depok Timur telp 081584077677

  12. Mega Nurul Anah says:

    Assalamu’alaikum, ibu, saya mau tanya kalau mau buka homecare keperawatan luka, modal awalnya berapa yah? terimakasih
    wassalamualaikum.

    1. admin says:

      Modalnya adalah memiliki kompetensi dalam merawat luka yg didasari oleh keilmuan terkini terkait perawatan luka. Bisa dgn mengikuti pelatihan2 luka yg saat ini marak diadakan oleh beberapa lembaga. Setelah memiliki kompetensi tersebut, silahkan mengajukan ijin ke Dinas Kesehatan setempat utk mengurus SIPP (Surat Ijin Praktek Perawat), saat ini sdh byk rekan perawat yg telah legal mengadakan praktek mandiri keperawatan. Atau jika butuh info lanjut ttg pelatihan perawatn luka bs kontak langsung 081584077677. Semoga bs membantu

  13. helfri says:

    Saya mw tanya nich koq kaki saya lbh tepatnya di daerah tumit dan sekitarnya kl digigit nyamuk dan digaruk pasti bakal bernanah dan susah sembuhnya ya. Padahal di area laen kl digigit nyamuk paling jd bentol saja

    1. admin says:

      Apakah sdh dipastikan tdk ada penyakit kencing manis? memang daerah kaki beresiko lebih lama sembuh jika luka krn organ tersebut berada paling jauh dari jantung sebagai pemompa darah juga ditambah daerah tersebut rawan terjadi infeksi krn paling beresiko kotor, jadi menjaga kebersihan, juga tdk menggaruk area yg luka/gatal adalah langkah terbaik terhindar dari luka.

  14. kholik says:

    Sy da luka d ujung jari tangan, udh sktar 3 blan blum smbuh juga.
    Awalnya d jari mnis tgan kri sya, lalu smbuh, . Tpi tdak lma kmudian jari mnis kanan yg luka.
    Lukanya hanya d sebabkn klit mengelupas sdkit, tp smakin lma jari sya smkin parah lukanya.
    Sya msh berumur 18 thun.

    1. admin says:

      Mas Kholik..sebaiknya diperiksa lebih lanjut kadar gula darahnya,krn normalnya luka akan sembuh paling tidak dalam waktu 3 minggu, jika belum sembuh harus dicari penyebabnya..atau mungkin juga krn perawatan yang kurang tepat sehingga luka infeksi dan sulit sembuh. Jika ingin konsul lebih lanjut bisa kirim foto lukanya melalui email ke perawatluka@gmail.com, agar saran terkait perawatannya sesuai. semoga membantu..

  15. kholik says:

    Skrg luka sya sdah smbuh. Tp klit jari sya bkas luka tu blm jg tmbuh klit baru. Jd ujung jari sya sperti tdk da sdik jarinya.
    Mhon tipsnya y.

    1. admin says:

      Mas Kholik bisa kirim foto luka ke email sy perawatluka@gmail.com agar saya bisa tau gambaran luka sebenarnya. Mungkin saja kulit tidak menutup karena adanya keropeng2 (scab) pada sekitar luka (berupa kulit kering yg agak menebal/kapalan) sehingga kulit sulit untuk menutup/menyebrang. Jika memang ada keropeng tsb..maka keropeng/kapalan tersebut harus dibersihkan/ditipiskan agar kulit baru segera dapat menutup. semoga menjawab…

  16. Desi says:

    Assalamu’alaikum
    saya mau tanya,
    pacar saya 2 minggu yang lalu kejatuhan benda, yang membuat jari manisnya patah tulang, dan mengharuskan kukunya dicabut.
    Kemarin hari kamis tgl 18, jahitannya sudah bisa dilepas, namun sampai hari ini darahnya masih keluar.
    Dokter hanya menganjurkan untuk menghabiskan obatnya, dan setiap hari dibersihkan dan diganti perban dengan dioles salep.
    Yg menjadi pertanyaan saya, apakah kondisi jari seperti yg saya ceritakan itu tidak apa-apa dan wajar?
    Bagaimana agar darahnya tidak keluar terus?
    Terimakasih

    1. admin says:

      Wa’alaikumsalam..Mb Desi, secara normal jika bagian tubuh mengalami luka maka tubuh akan mempunyai respon menghentikan pendarahan tersebut dalam beberapa waktu tertentu juga tergantung dari luasnya luka. Namun jika yg terluka adalah pembuluh darah yang besar/arteri maka proses penghentian darahnya juga butuh waktu yang lama. Apalagi jika terkena pembuluh darah arteri, maka butuh penanganan khusus. Jika darah yang keluar pada luka teman Mb Desi sedikit tdk masalah Mb, kecuali jika darah yg keluar senantiasa menetes/mengalir.., maka butuh penanganan khusus.

  17. janah says:

    asslmualykum,,saya mmpunyai seorng kk dy mndrita kencing manis,dan ktax sudah lma ada luka d kkix,tp smpai skrang luka it blm jga bsa d smbuhkan,dn kta dokter lukanya it sdah dlm dn hrus mnjalni pembuangan daging jelek yg ad d kakinya it,,yang ingin saya tanyakan apakah stelah pmbuangan dging it kk saya akan sembuh…?mohon penjelasannya..

    1. admin says:

      Wa’alaikumsalam..benar Mb Jannah..luka DM memang sulit sembuh apalagi jika gula darah tidak terkontrol ditambah perawatan luka yang kurang tepat maka akan memperparah kondisi luka. Pengangkatan jaringan yang mati memang diperlukan agar jaringan yang baru dapat tumbuh dengan baik. Jika jaringan yang rusak/mati tidak diangkat maka akan memperparah kondisi luka dan menyebabkan luka sulit sembuh. Luka yang baik adalah yang mempunyai warna dasar merah, bukan kuning/putih apalagi hitam.

  18. Risqi says:

    Mimi saya jatuh dari motor trs sobek dijahit 10,, kata perawat 2 hari sekali kontrol katanya bagusmm pas luka jahitan di buka trs di perban 2 hari ketika ganti perban bekas yg di jahit knp tidak menutup semua alias menganga sampe kelihatan merah2 nya. Sampe semua jahian dilepas jg menganga ,,knp ya?? Baru 3 mingu ini blm kering akhirnya

    1. admin says:

      Baik Mas Risqi, banyak faktor yang menyebabkan luka sulit menutup bs karena ada penyulit diantaranya adalah mempunyai kencing manis/diabetes melitus. Apakah mimi sudah dipastikan tidak menderita kencing manis? selanjutnya perawatannya apakah sudah tepat? karena banyak kasus dimana tidak ada penyulit dari dalam tubuh namun ternyata perawatan luka yang kuranng tepat juga dapat menyebabkan luka sulit sembuh. Untuk memastikannya silahkan kirim foto luka agar saya bisa melihat apakah ada masalah pada lukanya terkait perawatan yang kurang tepat. Silahkan kirim foto ke email: perawatluka@gmail.com atau via whastsapp: 081584077677, BB pin: 24C09112.., semoga bisa membantu

  19. jaitman says:

    slm,z mau tanya luka saya di jempol akibat kecelakan mengakibatkan jempol saya putus,sudah di jahit sih dan sudah mau sembuh ini cuman kelihatan tulang apa tidak apa apa itu dok?

    1. admin says:

      salam kenal…, secara normal tulang harus terlindungi dan dilapisi oleh jaringan juga kulit, jadi walaupun setelah kecelakaan/trauma/amputasi, tulang harus tetap terlindungi oleh jaringan dan kulit yang akan tumbuh jika dilakukan perawatan yg baik.

  20. Tri utami says:

    Anaku kclkaan jmpol kakinya lepas,tiap hr sy ksh rivanol lalu diksh betadine dan diperban tp smp 1mggu darahnya baru mampet,obt yg dimnm pnstan,dexa,cipro.stlh mmpet sy ksh salep gntmisin slft,dan cipro yg hbs sy gnti dgn cefadroxil,tp cefa dah mau hbs lukanya msh bgkak,basah ga smbh2.kr2 knp ya,kalo sy lht sptnya ga kmskn apa2.utk lk jmpl bth wkt brp hr ya smbhnya,makasih

    1. admin says:

      Baik Ibu Tri, sepertinya obat minumnya (antibiotik, dll) sudah cukup baik bu, namun yg jadi masalah adalah perawatan lukanya yang belum pas sepertinya. Apalagi luka terletak dikaki yang mana lebih beresiko utk kotor. penggunaan betadine dan rivanol utk luka yg sudah lama memang sdh tidak disarankan lagi bu krn luka akan basah dan betadin disarankan hanya utk luka yg baru saja terjadi (sebagai antiseptik) namun tdk dianjurkan dipakai terus menerus krn bersifat toksik dan dapat merusak jaringan yg sehat. Agar saya bs melihat dgn jelas lukanya silahkan Ibu kirim foto luka ke alamat email ini atau via whatsapp di no 081584077677 atau via bbm (pin 24CO9112), agar sy jelas melihat kondisi luka dan sarannya juga bs pas.

  21. janah says:

    apkah ada solusi lain stelah pmbuangn luka jelek it,,skarng lukax bertambah ketelapak kaki,lukax menghitam stelah pembuangn,,berbgai cara dan obat2n ktax tp blm ad yg mempan apkah anda mempunyai solusi lain…?

    1. admin says:

      Mb jannah bs kirim fotonya ke email saya : perawatluka@gmail.com atau whatsaap di no 081584077677, or via bb pin 24C09112..agar sy jelas menilai lukanya dan balutan yang pas buat luka tersebut. tks

    2. Jhones Smart says:

      Yaa.
      saya juga seperti itu…
      katanya sih,krn bnyak memakan mkanan yg manis2.

  22. Jhones Smart says:

    Saya mau tanya?
    kenapa luka di lutut baru +1hari.
    kini sdh memiliki sedikit nanah.
    dan luka luka seblumnya juga begitu.
    juga proses penyembuhannya memakan waktu berminggu minggu..
    di tunggu jawabannya.
    terimakasih.

    1. admin says:

      Baik Pak Jhones.., apakah Bpk punya riwayat kencing manis? dan bagaimana dengan perawatan lukanya, apakah juga sdh tepat. Luka secara normal (tanpa ada penyulit diabetes/infeksi/ yg lain) akan sembuh dalam waktu maksimal 3 minggu. Jadi kalau lebih dari waktu tersebut luka tidak kunjung sembuh, maka harus dicari penyulitnya apa. Utk lebih jelas silahkan kirim foto melalui email sy : perawatluka@gmail.com/pin BB 24C09112 / Whatsapp: 081584077677, semoga dapat membantu…

  23. busana muslim says:

    assalmulikum
    mau tnya mas
    kulit di daerah sensitif saya item2
    itu knapa yah mas??
    Saya pria blum mnikah
    terimakasih sebelumnya

    1. admin says:

      Baik Mas.., apakah mas punya riwayat penyakit kencing manis? sebaiknya di cek utk memastikan ada atau tidak masalah tersebut.

  24. Bahar says:

    Ass..! Istri saya punya luka di telapak kaki bagian jempolnya sudah lama dan jadi mengeras kuitnya (kapalan), itri saya punya penyakit diabetes , pernah ditanya dokter katanya gak apa2..tetapi sekarang kelihatan sering ngilu disekitar kakinya…kira-kira apa obatnya ya..untuk penyembuhan kaki isrti saya…terima kasih ..Wass!!

    1. admin says:

      Baik Pak Bahar, kapalan mmg cenderung lebih cepat perkembangannya pada penderita diabetes dan itu akan menjadi resiko terjadinya luka. Oleh karena itu salah satu terapinya adalah kapalan tersebut harus ditipiskan dan diminimalkan tekanan pada daerah tersebut. Pemakaian alas kaki yang kurang baik/terlalu keras juga dapat menyebabkan kapalan semakin tebal. Untk lebih jelas silahkan kirim foto ke email:perawatluka@gmail.com / whatsapp:081584077677 /pin bb: 24C09112..saya tunggu…

  25. tatik arisni eke says:

    kenapa ya luka ditelapak tangan sy,sulit sembuhnya,pdhl awalnya sepele wkt mencuci baju tertusuk rit baju….hmpir sebln gak kering…udh periksa dokter kulit dikasih salep fuladic fusidic acid 2%,tlg bantuannya makasih

    1. admin says:

      Baik Bu Tatik, penyebab lukanya sepele namun kalau perawatannya kurang baik juga penyembuhan kurang maksimal, jd memang harus sejalan antara pengobatan dari dalam dan perawatan lukanya. Secara normal luka seharusnya sdh harus sembuh maksimal dalam waktu 3 minggu, jika lebih dari waktu tersebut beleum sembuh juga maka harus dilihat penyebabnya apa sehingga luka sulit sembuh. Untuk lebih jelas silahkan Ibu kirim foto luka via email sy : perawatluka@gmail.com / whatsapp: 081584077677 / pin bb : 24C09112, agar saran perawatannya tepat sesuai kondisi luka. Saya tunggu bu…

  26. Muhlis Takko says:

    Mohon informasi tentang keperawatan luka abses karena injeksi,,,,,
    Bagaimana cara meakuan perawatannya.
    Terima kasih atas bantuannya

    1. admin says:

      Pak Muhlis..abses dapat diartikan sebagai penimbunan nanah yang mengeras dan tertutup/terdapat dibagian dalam kulit, dapat dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat, spt bisul. Pada prinsipnya nanah yg mengeras tersebut harus mencair dan harus keluar dari dalam tubuh. Pada kondisi tertentu juga dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat karena timbunan nanah yg merupakan kumpulan kuman. Untuk lebih jelas silahkan kirim foto ke email: perawatluka@gmail.com /whatsapp:081584077677 / pin bb : 24C09112..agar saran yang sy berikan sesuai dengan kondisi luka. sy tunggu ya..

  27. delwati says:

    knp ya luka di jempol kaki saya yg di sebabkan tertusuk kuku yg tumbuh kepanjangan dan dipotong kena kulit sedikit, sudah seminggu ini belum juga sembuh2???pdahal udah minum obat,dan luka di kasih betadin trus.mhon penjelasanya.mksh

    1. admin says:

      Untuk lebih jelas silahkan kirim foto ke email: perawatluka@gmail.com /whatsapp:081584077677 / pin bb : 24C09112..agar saran yang sy berikan sesuai dengan kondisi luka. sy tunggu ya..

  28. alex says:

    mas admin mau nanya nih,,,4 bulan lalu kaki ku patah karna kecelakaan trus,,di operasi namun ada bekas luka yg cukup besar di dekat kaki yg patah itu karna pas kecelakaan serpihan tulang ku keluar sampai menembus ke luar kulit,sampai skarang belum kunjung sembuh(sudah 4 bulan)dan mengeluarkan sperti cairan warnanya bening,gmna yah cara mengatasinya,tolong pencerahannya ya mas :) tkut ni ntar di biarin lama2 terjadi hal yg tak diinginkan :’(

    1. admin says:

      Untuk lebih jelas silahkan kirim foto ke email: perawatluka@gmail.com /whatsapp:081584077677 / pin bb : 24C09112..agar saran yang sy berikan sesuai dengan kondisi luka. sy tunggu ya..

  29. jay sirun says:

    kami berhasil mengembangkan bioinfeks. temuan pengembangan bioteknologi.

    hasil dapat menyebuhkan luka lebih cepat dari proses alami atau penggunaan oabat kimia.

    rata-rata sembuh dala satu hari, tidak sakit dan mudah, aman dan praktis

    luka sembuh bisa luka baru, luka lama, luka bakar bahkan luka operasi.

    bisa digunakan untuk segala usia

    keterangan lebih lanjut bisa hubungi kami 081310165341

    1. admin says:

      trimakasih informasinya…mohon info detail ke email: perawatluka@gmail.com

  30. Dian says:

    mas, saya habis kecelakaan dan terdapat luka di telapak kaki kanan karena goresan aspal. memang dalam 5 hr luka udah kering tp kalau dibuat berdiri sambil jalan rasanyd nyeri. apa itu normal krn efek luka? brp lama nyari itu bs hilang? satu lagi, saya jg pakai salep biopla***ton, udah tepatkah?

    1. admin says:

      Baik mb dian..nyeri pada bagian yg luka mungkin saja masih ada apalagi baru 5 hari.
      boleh sy diperlihatkan foto luka agar saran yg sy berikan tepat bs kirim via email:perawatluka@gmail.com, whatsapp: 081584077677 / pin BB : 24C09112, sy tunggu ya

  31. nony says:

    assalammualaikum..
    mau tanya mas,anak sya usia 3th 1minggu yg laku terjatuh dan tangan kirinya lecet smpai kluar darah lalu sya tutup dg perban tp lukanya tidak kering malah parah dan makin nyebar.sudah sy beri surfatul tp blm jg kering.kira2 obat ya mas agar luka cpt kering?

    1. admin says:

      boleh sy diperlihatkan foto luka agar saran yg sy berikan tepat bs kirim via email:perawatluka@gmail.com, whatsapp: 081584077677 / pin BB : 24C09112, sy tunggu ya

  32. marry says:

    Bu… Kaki saya luka di bagian punggung kaki, karena jatuh 2 minggu Yg lalu. Lalu lima Hari Lalu Kaki saya bengkak. Saya sudah ke dokter dan Di beri obat antibiotik, obat bengkak juga antibiotik tabur. Tapi obatnya sudah mau habis Kaki saya tidak kunjung sembuh. Itu knp ya? Lalu Kalau Kaki bengkak harus sering jalan atau justru tidak boleh jalan?
    Terima kasih.

    1. admin says:

      sepertinya perawatannya harus lebih diperhatikan lagi..kalau obat dalamnya sudah bagus tp perawatannya kurang baik luka juga sulit utk sembuh. Jadi harus sejalan antara obat dalam dan perawatannya. kaki bengkak krn ada luka adalah hal yg wajar apalagi masih dalam fase peradangan, kaki boleh buat jalan namun juga harus diistirahatkan dan diangkat keatas/ sejajarkan jika sedang istirahat agar peredaran darah bs lancar. semoga terjawab

  33. marry says:

    Maaf Bu tanya lagi…
    Maksudnya perawatannya itu seperti apa ya?
    Saya tidak pernah selama ini lukanya, jadi saya tidak mengerti.
    Lukanya tidak kering2, sedangkan luka lain sudah sembuh.
    Terima kasih.

  34. Teja says:

    Mau tanya nih..
    Saya punya luka kecil dibagian siku tangan kanan saya,berawal dari luka kecil lama kelamaan bertambah besar dan sudah hampir 4bulan belum sembuh , kira2 apa penyebabnya ?

    1. admin says:

      baik pak teja..banyak faktor yang bs menyebabkan luka sulit sembuh diantaranya adalah diabetes, adanya masalah pd tulang, infeksi, adanya benda asing pd luka, ggn sirkulasi darah, dll. semua itu harus dipastikan tdk ada masalah. selanjutnya apakah cara perawatan luka sdh tepat? dan sesuai dgn proses2 penyembuhan luka yg mmg hrs dilewati pd setiap luka, utk lebih jelas silahkan kirim foto luka ke email: perawatluka@gmail.com, pin bb: 24c09112. smg bs membantu

  35. radip says:

    selamat siang ibu.saya mau bertanya punggung saya kan bekas luka jahitan.dan jahitan sudah di buka, tapi ternyata sepertinya bekas jahitan itu terbuka lagi.dan yang sebelumnya hanya kecil sekarang seperti membesar.setiap saya memakai baju selalu ada noda bekas luka itu dibelakang baju saya.kata dokternya ini infeksi karena kena basah dan tidak dikeringkan betul2 setelah mandi.nah saya mau bertanya tentang perawatannya.apakah sebaiknya diberis salep BIONECT atau Gentacimin?
    terus apakah bekas luka itu sebaiknya ditutup pakai kain kasa atau di biarkan terbuka supaya cepat kering?terimakasih sebelumnya

  36. yasin says:

    siang, mau tanya, ibu saya mengalami luka di bagian bawah telapak kaki dekat dgn jari tengah kaki,,kira2 5cm dr ujung jari tengah…

    awalnya sudah sembuh,sudah kering, tapi masih terdapat lubang ,,kelihatannya sudah kering.

    tapi skg telapak atas kaki ibu saya bengkak, dan bernanah, bauk sekali. (ibu ada gula darah)

    sudah ke klinik kapuk metro dgn dr.sudjipto, sewaktu berobat kaki ibu saya di bersihkan, nanahnya dikeluarkan…katanya mesti kontrol kembali, dan nantinya adanya pengangkatan daging mati diatasnya..
    malemnya ibu saya menjerit kesakitan….besok paginya nyerinya sudah mulai berkurang, mungkin efek obat yg diminumnya. apakah itu hanya sementara?

    yg saya mau tanyakan…. penanganan yang tepat itu seperti apa utk kondisi tersebut…apakah di bawa di RS, contoh RS Tarakan? apakah keklinik yg tepat bisa menyembuhkan? (rekomendasi klinik dari org yg kebetulan mau berobat ke puskesmas, katanya di kapuk metro bagus utk luka diabetes) mohon pencerahannya. thx

  37. amalia says:

    assalamualaikum.. Kak admin, saya mau tanya. Bapak saya terluka kena batu yang tajam di telapak kaki, trus kulitnya terbuka gitu. Diobati (diberi antibiotik dan salep), agak mendingan, tapi ga lama malah bengkak dan sakitnya luar biasa. Sudah 1 minggu. Beliau penderita DM juga. Kira2 itu kenapa ya? apa ya obatnya? Atau obat herbalnya? Terimakasih sebelumnya.

  38. Ryan says:

    Saya mau nanya,, luka di kaki saya akibat gigitan nyamuk namun saya garuk, udah 2 bulan kok belum sembuh juga ya?, biasanya saya sering garuk luka tersebut karena gatal, namun lukanya seperti ada cacar mengeluarkan air.. Itu kenapa ya? Gimana cara sembuhinnya? ( umur 17 tahun )

  39. Rahma says:

    Aslam,saye dari malaysia nak tanye?obat lepas kecelakaan dan luka tu bernanah apa ia?thx

  40. aldila says:

    buat admin di sini saya mau tanya, dan tolong bantuannya

    saya baru jatuh dari motor sekitar seminggu yang lalu. lukanya ada di telapak kaki.
    saya pakai handsaplast untuk mengurangi luka, tpi ternyata malah berair. jadi saya copot saja trus ditetesin dengan betadine. memang mengering, tapi malah menyebabkan nyeri luar biasa ketika saya mencoba berjalan.

    sampai saya ke dokter menyarankan untuk dikompres dengan cairan NaCl. sudah 5 hari tapi tetap saja meninggalkan nyeri. lalu saya beralih ke salep. tapi sampai hari ini masih meninggalkan nyeri saat berjalan.

    saya harus gmn ya? padahal seminggu lagi saya sekolah :(

  41. Hadiatullah says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Dokter, saya mempunyai luka yang sampe sekarang belum sembuh, ini berawal dari saya operasi memakai platina di paha. kemudian ada luka kecil di daerah paha yang tidak sembuh-sembuh. kata dokter yang menangani saya itu infeksi, sehingga harus operasi untuk membersihkannya. jadinya saya operasi lagi, soalnya kalo mauplatinanya mau dibuka saya khawatir saya patah lagi. jadi luka itu dioperasi dan dibersihkan. nah setelah operasi dan sudah sekitar setengah bulan ini. lukanya tetap tidak kering, di daerha jaitannya. dan di luka bekas Infeksi yang dulu. ini kenapa ya dokter? adakah solusi? terimakasih

  42. deden says:

    Knapa luka pd kaki kok berdenyut y. Tlong penjelasanya bu admin

  43. jeck says:

    kaki saya terluka kena gunting..di jahit dalam 1dan jait luar 3,kira kira waktu membuka perban kapan?dan waktu normal sembuh berapa lama ?

  44. sendi says:

    penyakit saya ini lama gak sembuh .
    gejalaya .
    di kaki pertama ada bintik kecil seperti jerawat
    lama ke lamaan bintik kecil itu semakin besar .

    penyakit apa yg aku derita ini .??
    dan cara nyembuhinya gimana. ??

  45. fahrul says:

    Gan, ane mau tanya, saya punya luka yg awalnya itu bisul, kemarin emang salah saya yg menganggap itu bisul biasa, ternyata ampe skrang bisul itu blm luka malah berubah jadi luka yg ngga sembuh2, dan selalu mengeluarkan cairan,,,mohon masukannya terima kasih

  46. anggi says:

    Saya mau tanya. Sebulan yg lalu saya kecelakaan pke motor, kaki saya luka pada bagian punggung jempol kaki terklupas aspal sehingga kulit terkelupas agak dalam. Sampe sekarang darah masih sering keluar walau luka sudah tertutup sama darah kering pada bagian pinggirnya. Yang mau saya tanyakan, bagaimana cara menyembuhkan luka saya? Saya sudah ke dokter saat setelah kecelakaan dan di kasih obat, tapi sampe sekarang nggak sembuh sembuh. Sekian, mohon bantuanya. Terimakasih

  47. Delva says:

    assalamualaikum,saya mau nanya 9hari yg lalu sela jari tangan antara jari tggah&manis luka, akhirnya bengkak dan dikasih salaf betametason tapi kini jadi bisul dan sdah pecah,saya kompres dg rivanol .bgaimana agar cepat kering terima kasih

  48. Tamariska says:

    saya mau nanya, luka di kaki saya akibat benturan benda. itu bisa sembuh bila di beri obat apa ya? saya coba kasih betadin tetapi malah tambah sakit luka’a??

  49. neneng haryani says:

    Selamat sore bu, 4 hari Чǝηğ lalu saya mengalami kecelakaan motor,kaki saya ϑɪ̣̇‎​ mata kaki terluka dan ada sedikit dagingnya yg tercungkil..saya berobat ke dokter dan kata dokternya tidak perlu ϑɪ̣̇‎​ jahit, saya ϑɪ̣̇‎​ beri betadine,dan cefixime juga dentacid. Kaki saya juga bengkak,waktu saya coba untuk berjalan sakit sekali. Sedangkan luka Чǝηğ saya alami sekarang sudah terlihat kering,kadang-kadang berdenyut sakit. Tapi kenapa saat saya coba untuk berjalan malah terasa sakit , dan ϑɪ̣̇‎​ luka Чǝηğ sedikit tercungkil dagingnya itu ada sepotong kain kecil seperti jaring Чǝηğ masih menempel dekat mata kaki saya. Apakah Чǝηğ harus saya lakukan? Tolong agar saya bisa berjalan lagi. Terima kasih

  50. zhumroni says:

    Bu Maaf Saya Ingin Bertanya.
    Saya Punya Luka DI Bagian Jari Jari Kaki Di Bawa Kuku Kaki
    Dan Di Lengan Kanan Saya.

    Lukanya Berawal dari Seperti ada Airnya bgitu di dalamnya…., Lalu Airnya itu meletus dan sampai saat ini lukanya belum bisa sembuh. setiap mengering di dalamnya pasti ada nananya dan setiap kenak udara yg lembab. luka saya langsung saja mencair dan mengeluarkan darah.

    Mohon Infonya Bu……..
    Ini Sebenarnya luka biasa apa Gimna Bu….., Soalnya saya Khawatir sekali
    Saya Brusia 20 tahun ;laki laki

  51. siti syifha says:

    Gan q ♏äƱ Tanya nih q kan pnya luka bekas alegri v ko udh sbln Ga smbh” yah lukanyaa Ga kering” tu knpha yh.?

  52. eka febriyan says:

    assalamu’alaikum wr wb.
    saya mau tanya, calon istri saya mengalami kecelakaan kecil jatuh dari motor yang mengakibatkan punggung kakinya mengalami luka. setelah luka di beri , minyak tawon, kemudian hari selanjutnya di beri wahtor oil, hari selanjutnya saya beri super tetra kapsul lunak. setelah ada krbt yg mnjenguk ternyata dbri tahu bahwa tdk bolrh gunkn spr ttra, kmudian saya tdk pkai lgi (pki 1x aj). tp dr hri k2 daerah pd luka hingga pergelangn kki bengkak. yg dimnum amoxicilin, hingga hri k5 ini bengkak nya tdk kurang, mohon bantuannya ya.. bgaimn mngatasi bengkak.. krena utk brjln sangat sakit n kaku. terima kasih perawatluka.com

  53. indah says:

    Bu saya mau tanya.saya terkena bisul dikaki kanan tepatnya d bagian betis.sudah hampir 3 bulan masih belum sembuh.sudah priksa kdokter dberi obat cipro,mefinal,untuk lukanya dberi gentamicin,dtutup sufratul,kasa,lalu hipafix.memang sudah tidak nyeri lagi.tapi masih kluar darah dan nanah.apalagi kalau kerja.apa penyebabnya saya bekerja berdiri?soalnya darah hanya kluar sedikit saat saya duduk.

    1. admin says:

      bisa kirim foto lukanya?

  54. Aldi Riyanto says:

    Permissiii ….
    Mw nnya dok kalo cara membuka jahitan sehabis khitanan bisa di lakukan sendiri atau tidak yah dok ?
    Dan jga kalo menggunakan air hangat bisa atau tdk yah dok ?
    Ditunggu balasannya yah dok … trm ksh

  55. tiwi says:

    slmt mlm bu,saya mw tanya,seminggu yg lalu kaki suami saya terpercik bara api d dekat pergelangan kaki sehingga mnimbulkan luka bakar kecil.kmudian luka itu pecah 2 hari kemudian dan saya beri salep antibiotik.tp lama kelamaan luka itu mnjadi abses,dan kakiny pun mengalami oedema sehingga sulit digerakkan.padahal sudah minum obat dri dokter levofloxacin. 2*1 dan ketoprofen 1*1,serta lukanya dikompres revanol tiap hari..kata dokter itu cuma infeksi biasa,,kadar gula drh 129 bu…mohon saranny,,soalnya suami saya kesakitan sekali wktu kakinya bagian bwh ny digerakkan..trims

    1. admin says:

      Baik Bu, maaf baru sempat membalas.., skrg bagaimana lukanya Bu? semoga sudah membaik…, naumun jika masih bengkak dan ada nanahnya maka saran saya langsung saja datang ke praktek perawat luka kami di depok timur 081584077677/ klinik luka / rumah perawatan luka di kota Ibu..

  56. tri sumbiyono says:

    Bu saya mau tanya, saya sudah 2 kali operasi, operasi batu ginjal dan opersai usus buntu luka luka pada operasi sudah sembuh total, namun saya punya luka digigit semacam serangga kira kira sudah 5 bulan kok belum sembuh, dan luka tersebut sudah di biopsi 1 bulan yang lalu tapi luka jahitannya belum kunjung sembuh,; tiap hari pagi dan sore luka tadi saya bersihkan dengan NaCl. mohon sarannya / informasinya cara penyembuhannya terima kasih

    1. admin says:

      Baik Bu.., luka sudah 5 bulan blm sembuh?? berarti ada masalah dengan luka tersebut yang harus dicari tahu. Apakah Ibu ada riwayat kencing manis?? luka dicuci nacl boleh kok.., utk lebih jelas bs foto lukanya dikirim ke email :perawatluka@gmail.com, 081584077677 (WA) bb pin: 24C09112, atau bisa langsung datang ke tempat praktek kami di Depok atau di klinik luka di kota Ibu. Semoga bisa membantu..

  57. dedy prayitno says:

    slamat mlm..
    dokter,saya mengalami jari manis yang putus satu ruas,sudah 23 hari pasca oprasi,tapi knapa jari manis saya bengkak,serta sering mengeluarkan nanah,terus yang saya tanyakan brapa lama jari saya akan sembuh? dan penanganan apa yang tepat?
    trimakasih.

    1. admin says:

      Baik Pak, operasi post amputasi sudah 23 hari ya seharusnya luka sudah sembuh atau paling tidak sudah membaik, dan tidak bengak juga tidak bernanah. Apakah Bpk ada riwayat kencing manis? selama ini perawatannya bgm? utk respon cepat bs kirim foto lukanya pak? boleh email ke perawatluka@gmail.com atau whatsapp 081584077677 bb pin 24C09112. Atau bisa juga langsung datang ke tempat kami, atau klinik luka / rumah perawatan luka di kota Bapak. Semoga bs membantu

  58. ahmad says:

    assalamualaikum. saya mau tanya ini saya punya luka di daerah tulang kering. asalnya kena ketuk palu.. awalnya sih ga papa tp selang 3 hari jadi bengkak dan bernanah sekarang sudah hampir 2 minggu tp bengkak merah malah meluas ke bawah
    apakah ini wajar ?

    1. admin says:

      baik pak, luka memang harus melalui fase2 tertentu juga waktu tertentu utk sampai pada penyembuhan luka yang sebenarnya, diantaranya adalah fase inflamasi 3-4 hari dimana terjadi kemerahan, bengkak pd sekitar luka, nyeri, fase proliferasi sampai akhir minggu ke 3 dimana mulai terjadi pengisian matrik2 utk membentuk jaringan baru dan fase maturasi bisa 1 bln-1 tahun dimana terjadi pematangan jaringan dan fase2 tersebut harus dilalui oleh setiap luka. Namun bisa saja fase2 tersebut tidak dilalui degan baik oleh setiap luka karena adanya penyulit misal; infeksi, gula darah tdk terkontrol, perawatan yg kurang tepat, dll, apalagi jika didapatkan luka semakin membesar, meluas dan bernanah…itu menunjukkan luka mengalami masalah dan harus segera dikonsultasikan langsung. Ada baiknya bisa menghubungi klinik perawatan luka di kota Bapak, atau hub langsung hotline kami 081584077677 (sms/wa) utk info lanjut ttg klinik luka di kota terdekat. semoga menjawab

    2. admin says:

      wa’alaikumslm…, luka memang harus melalui fase2 tertentu utk kesembuhannya, tp paling tidak 3 minggu luka harus sdh membaik, jika tidak maka luka tersebut bs dikatakan mengalami masalah dan harus ditangani lebih serius, apalgi kalau bertambah bengkak dan bernanah dan meluas, butuh penanganan khusus. Agar lebih jelas silahkan datang ke tempat kami: praktek perawatan luka di Depok 081584077677 atau klinik /rumah perawatan luka di kota Anda.., semoga bs membantu

  59. rezzaveraa says:

    Mau tanya nih. Saya punya luka bisa dibilang koreng, letakknya dipaha dan dipantat. Lukanya gak seberapa besar, sudah saya beri betadin tidak sembuh, bahkan saya sudah kedokter dan diberi salep. Tetapi tak kunjung sembuh, malah luka saya menjadi berair walaupun kelihatan dari luar sudah kering. Bagaimana solusinya?

    1. admin says:

      baik, luka yang baik adalah luka yang memiliki warna dasar luka merah segar dan tidak kering juga tidak basah, jadi luka dalam kondisi lembab, sehingga jaringan baru mudah untuk tumbuh. Keropeng/koreng adalah salah satu hal yang dapat menghalangi proses penyembuhan luka, dan seringkali dibawah keropeng tersebut akan tambah jaringan mati berwarna putih/kuning dan luka tambak basah dari dalam. Utk itu, agar luka mudah sembuh maka koreng/keropeng tersebut harus diangakt/dibersihkan, jika masih keras maka butuh obat luka yg berupa gel yang akan melunakkan koreng tersebut dan jika sudah lunak maka bisa dingkat dgn bantuan gunting pinset steril. tindakan tersebut sebaiknya dilakukan oleh tim kesehatan. Atau jika ragu/takut, silahkan bisa kunjungi klinik kami di jl. Merdeka Depok Timur atau ke klinik/rumah perawatan luka di kota terdekat. Oya utk luka kronis tidak disarankan menggunakan iodine/betadine krn bisa menghambat sel yang baru utk tumbuh. Semoga lekas sembuh

  60. jim says:

    Mas sya mau tanya, saya punya luka akibat tersayat pisau di jari telunjuk lukanya sudah kering tapi kenapa jari tangan saya mengalami pembengkakan pada saat 1 hari setelah luka dan sampai sekarang bengkaknya juga belum hilang

    1. admin says:

      baik mas, luka memang harus melalui proses2 tertentu untuk kesembuhannya, dimulai dari fase inflamasi (1-3 hari) dimana pembuluh darah melebar sehingga sekitar luka tambah bengkak dan nyeri, fase kedua adalah fase proliferasi dimana sdh mulai tumbuh matrix2 jaringan baru, dan terakhir adalah fase remodeling dimana luka makin membaik. semua fase itu harus dilalui oleh setiap luka. Jd luka mas masih normal ya kalau masih bengkak dan nyeri, yg penting perawatannya baik dan terhindar dari infeksi. semoga lekas sembuh..

  61. akbar says:

    mas, luka di lutut sama betis saya kok ada putih putih nanahnya yah? sudah saya bersihkan pake rivanol, trus saya siram betadine, sudah agak membaik tapi kok jadi kaku banget nih lutut kalo bergerak.

  62. vie says:

    3 minggu yang lalu saya mengalami kecelakaan dan menderita luka yg harus dijahit dbagian dalam lutut sebanyak 4 jahitan dalam dan 7 jahitan luar, untuk luka jahitan sudah kering dan sudah dibuka tetapi kenapa masih bengkak bila saya beraktivitas? apa sebabny ya,,,

  63. yusuf says:

    Saya Mau nanya,knp akhir” ini tiap luka d kaki sblh kanan saya susah kering?padahal Dulu walau Luka yg dalam cpt sembuh?

  64. okta fitriani says:

    assalam..slmt pagi ibu sy ingin menanyakan bagaimnaa hubungan antara penyakit dm dengan keajdian luka berulang dn stres..tolong kasi pnjelasnnya bu…

  65. dewi says:

    assalamualaikum… bu admin

    mohon izinnya dalam waktu dekat sya ingin konsultasi penanganan luka DM bapak sya..
    makasih bu admin..
    nanti sya kirim foto lewat WA bu admin…

  66. Juan04 says:

    Sy punya luka kecil dilengan seperti kutil tetapi bkan kutil..sy sndri jg tdk tahu knp bs luka…sudh hampir 2thn gk sembh2…kr2 knp ya?

  67. ayu says:

    min,sy mw tny..ibu sy kclkaan 2mggu yg llu..dan kulit jempol kaki bagian ats hmpr terkelupas smw jd dijahit..tp,knp smp skrg blm kring, bngkak+bernanah?pdhl sdh srg dsuntik+mnum obt.o y,tmbhn..ku2 ibu sy jg ikt terkelupas smw.

  68. stefhani says:

    Hy admin…mau tanya nih…bpk saya bln mei 2013 dioperasi krn peradangan kelenjar dan bisul yg agak besar di bagian belakang,sekitar 15 benang jahitannya.trs 1bln pasca operasi lukanya tdk kunjung sembuh,malah muncul semacam gumpalan daging yg bernanah dan berdarah.kata dokter itu infeksi dan hrs dioperasi lagi.sampai sekarang lukanya tambah membesar,sdh diobati ditambal dll tak kunjung sembuh.bisa minta solusinya admin…tks

  69. stefhani says:

    Hy admin…mau tanya nih…bpk saya bln mei 2013 dioperasi krn peradangan kelenjar dan bisul yg agak besar di bagian belakang,sekitar 15 benang jahitannya.trs 1bln pasca operasi lukanya tdk kunjung sembuh,malah muncul semacam gumpalan daging yg bernanah dan berdarah.kata dokter itu infeksi dan hrs dioperasi lagi.sampai sekarang lukanya tambah membesar,sdh diobati ditambal dll tak kunjung sembuh.bisa minta solusinya…tks

  70. winda says:

    mba admin…mo nanya ne. dulu sy jatuh dr motor n luka lecet. lalu sy pake getah pohon betadin. gk apa 2 y?? tp qk ada rasa nyeri n bngkak y

  71. alam says:

    admin saya mau tanya jg.
    bapak saya kakinya dl terkena lintah, setelah itu luka bekas gigitan lintah tak kunjung sembuh, malah melebar, setelah di minumi ampisilin luka mengecil. tp blm sembuh total dan penggunaan ampisilin d hentikan,
    sekarang bertambah lebar lagi, dan ampisilin tak mempan lagi.
    mohon sarannya, ada luka juga d lutut tp cepet kering dan sembuh, berarti aman kan kadar gula darah bapak saya.(tidak diabetes)
    terimakasih salam.

  72. devi says:

    Assalamualaikum Mba…saya sedang mengandung bayi 7 bulan..seminggu yg lalu saya jatuh dan terdapat luka pada lutut saya…sekarang luka saya belum sembuh bahkan bengkak kemerah2an disisi lukanya…saat ini saya hanya melakukan pengobatan luar ( pakai betadin / revanol ) dan saya tidak berani untuk minum obat karena takut ada efeknya bagi kandungan saya ….yg saya mau tanyakan ,apa yang semestinya saya lakukan mba?Terima Kasih…

  73. umam says:

    dok saya abis jatuh dari motor udah 3 hari yang lalu tepatnya tgl 1 januari 2014,ada banyak luka besot…semua luka udah kering kecuali luka di kaki kanan dekat dengan tumit …di kaki ada dua luka dan udah 3 hari ini keluar nanah di luka tersebut…terus ada juga luka di lutut kelihatannya udah kering cuma waktu pertama kali di perban, perbannya gk di cabut karena lumayan sakit kalau di cabut dan saya takut kenapa kenapa, sampe sekarang perban yang ada di luka lutut sya belum berani saya cabut(kalau luka yang lain perbannya udah bisa di cabut),,,apa sebaiknya yang harus saya lakukan dok?

  74. umam says:

    oh iy dok saya lupa , di kaki kanan saya juga sepertinya bengkak dan agak nyeri kalau di pakai jalan…begitu juga di tangan kanan saya juga bengkak ..apakah bengkak itu ada gangguan pada tulang atau urat misalnya salah urat,tangan kanan saya masih bisa di gerakan cuma nyeri ketika di gerakkan?

  75. desy says:

    dok,saya mau tanya. .
    orang kalau terkena DM kan terjadi luka, nah luka tersebut menyerang DM tipe berapa?? apakah tipe 1 dan 2 terjadi luka semua??

  76. poppy says:

    Maaf mau nanya. Sy pny luka d dekat ibu jari kaki karena tergores pd aspal. Luka tsb mulai kering stlh mggu ke5 namun setiap d pakai berjalan selalu bengkak. Sdh dirontgen namun kata dokter tidak ada yg retak dan sdh d bw k tkg pijat untuk keseleo namun skrg sdh 5 minggu lebih tetap saja masih bengkak.mohon saran.trmksh

  77. A'yunin says:

    Assalamu’alaikum.

    Ibu, saya mahasiswi 21 tahun. 1 minggu yang lalu tanggal 4 januari 2014 saya kecelakaan dan kaki kanan saya luka tergore aspal. Awalnya saya bersihkan dengan rivanol dan diolesi betadine kemudian di perban lalu membeli obat ke apotik dengan keluhan luka dan diberi 3 macam tablet salah satunya Amoxiline.

    Teman menganjurkan pengobatan berdasarkan pengalaman pribadi dengan mengolesi Dumocyline 250 mg (Tetracyline HCL) yang dicampur minyak goreng dan dipanaskan, setelah dingin baru dioleskan.

    Malam hari saya oleskan, setelah di oleskan rasanya panas dan perih sekali, saya tahan dan memang paginya langsung kering lukanya tapi kemudian bengkak dan sampai 4 hari luka belum juga sembuh, bengkak masih besar padahal obat apotik sudah habis.

    Saya ke dokter dan dokter bilang luka di luar bisa kering tapi bengkaknya di dalam bisa karena busuk. Saya harus menghilangkan lapisan dumocyline yang telah menempel di kulit dengan cara merendam air hangat lalu mengelupasnya dan mengoleskan betadine setelah terkelupas dengan kassa steril. Akantetapi sangat sulit mengelupasnya karena sudah menempel dengan kulit/daging, hanya sebagian kecil yang bisa terkelupas. Saat ke dokter saya di beri obat Dexamethasone 0,5 mg dan Librocef Cefadroxil 500, tapi sampai hari ke 7 bengkak saya belum juga sembuh. Apa yang harus saya lakukan, Bu..?
    Mohon pencerahan dari Ibu..

  78. alvin bro says:

    Wah mantap artikelnya,, sangat bermanfaat..
    Dok, saya mau tanya,, jari kelingking saya robek cukup dalam, dan 4 hari smnjak luka, belum ada tanda2 perubahan sma sekali, dn itu sngat menganggu pekerjaan saya sebagai guru gitar, apakah cara cepat untk menyembuhkan luka ini, saat ini jari kelingking saya bengkak.. Mohon dok

  79. Citra Annisa says:

    kalau luka jahitan amputasi keringnya berapa lama ya dok? tlng di reply

  80. zuber beng says:

    kaki ibu saya TERKENA TUSUK SATE ,UDah ke dokter tapi kakinya bengkak…terus apa obatnya?

  81. Agus Supriyono says:

    Untuk luka dilutut, perkiraan sembuhnya itu berapa hari ya. terimakasih..

  82. sony says:

    slmt mlm,saya punya luka di pantat saya, awalnya saya gatal”,kemudian saya garuk jadi lecet setelah beberapa hari luka itu terus mengeluarkan cairan bening,biasanya tidak begitu, mohon solusinya….

  83. chendy says:

    Saya punya luka di pinggir jempol kaki saya akibat kesiram air panas.
    trus jd kyk ada daging keluar gtu,udh seminggu lebih.
    Tp daging yg timbul itu kok ga ilang2 yah?kering sih udh.
    Skrg udh bengka pingir2 jmpol saya.
    Saya udh pke refanol,bethadine dan salep chloramfecort-H.
    apa saya hrs minum antibiotik lg?
    dijawab yah…
    thanx before…

  84. hajra says:

    mw bertanya, kenapa pada penyakit DM identik dengan luka? bangaimana prosesnya sehingga bisa luka

  85. rita putri says:

    saya mau bertanya, saya pernah operasi kaki (tulang kering) karena kena penyakit TBC Tulang.

    yang mau saya tanyakan, kenapa sudah 7 bulan dari operasi luka saya belum sembuh juga,padahal lukanya tinggal sebesar kacang tanah dan luka saya ini luka yg terbuka?

    apa mungkin luka saya akan menutup jika kuman TBC sudah tuntas?

    mohon penjelasannya dan terima kasih.

  86. wahyu pratama says:

    ASSALAMUALAIKUM WR WB…,Dokter…saya udh.9 Bulan patah kaki kiri trs oprasi pasang pen tp kmrn sktr 1bln pen di ambil krn kaki saya inveksi ngluarin cairan,kata dr yang mengoperasi saya tulang udah nyambung,bahkan suruh lepas tongkat. selah berjalan satu mingggu keluar cairan lg pd tempat yg sama,pertanyaanya kenapa smpe skrg keluar nanah trs..

  87. purwandi says:

    Mau tanya pK…. ibu saya dah satu tahun ini operasi patah tulang… tetapi sa.pai sekarAng masih keluar nanah d bekas pembuangan darah… malah timbul lubang baru… padahal dah cek cultur dan pengobatan dah rutin tiap bulan. Tetapi tdak sembuh jga…. adakah cara pengobatan lain. Trims

  88. Nisrina says:

    Aku abis jatoh karena lari-larian disekolah, terus aku dibawa ke UKS. Karena luka ringan ku ditangani oleh temen sebayaku, lukanya blum bersih total. Emang sih….lukanya baru 1 hari tapi, lukanya mengeluarkan cairan bening. Kira2 itu bahaya ga? aku takut terjadi apa2 pd lukaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>