«

»

Sep 13

Mengenal Luka Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak normal yang menyerang organ dengan cepat , kanker penyakit yang paling ditakuti masyarakat terutama kanker yang sudah menimbulkan luka. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti pola hidup ysng tidak sehat, turunan serta lingkungan.

Luka kanker atau dikenal sebagai fungating wound meupakan kerusakan intigritas kulit, luka kanker sendiri merupakan luka kronik yang berlanjut dengan kanker stadium luka ini terjadi ketika kanker tumbuh dibawah kulit dan merusak lapisan kulit sehingga terbentuk luka. Luka kanker sendiri menghabat dan merusak pembuluh darah tipis, dimana daerah tersebut kekurangan oksigen menyebabkan kulit dan jaringan mati nekrosis bakteri dan kuman juga mudah terinfeksi luka. Luka kanker ini terlihat seperti jamur

Gejala umum luka kanker : eksudat banyak, bau tidak sedap, nyeri, mudah berdarah, gatal, infeksi lokal. Jaringan nekrosis sendiri merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri, baik yang bakteri aerob atau anaerob.

Luka kanker paling banyak ditemukan pada pasien yang menderita kanker bagian payudara, kepala dan leher. Luka ini muncul ke permukaan kulit akibat infiltrasi dari sel-sel maligna sehingga merusak integritas jaringan. Luka kanker memiliki sifat yang berbeda dengan luka karena cedera pada umumnya, diantaranya yaitu eksudat yang berlebih, bau busuk yang menyengat, mudah berdarah, nyeri kronis dan sukar untuk sembuh.Perawatan pasien dengan luka kanker difokuskan terutama untuk mengendalikan gejala yang timbul dan mendukung psikologis dari pasien kanker.

kanker payudara

Utk perawatan luka kanker juga berbeda dibanding luka yang lain karena luka kanker punya ke khasan seperti yg telah disebutkan diatas maka perawatannya pun berbeda. Dan adakalanya perawatan luka kanker harus dilakukan oleh perawat khusus spesialis luka agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.

Butuh perawat spesialis luka? Silahkan hub 081584077677 bb pin 5B13F03F, 087731346585 (wa/sms/call),

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us