«

»

Sep 07

Perawatan Luka, Haruskah Dibalut/Ditutup??

Luka…, seringkali kita terkena luka, tidak hanya anak kecil saja, orang dewasa pun acapkali terkena luka, dan sering kali pula luka tersebut akan sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan luka yang ekstra, hal ini terjadi jika luka tidak terlalu besar dan tidak terjadi infeksi/tidak ada penyulit untuk tubuh menyembuhkannya secara alami. Namun sering kali pula luka tidak kunjung sembuh. Perawatan luka yang kurang tepat malah akan menyebabkan luka semakin parah.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa luka tidak boleh ditutup krn akan menyebabkan luka semakin basah dan sulit sembuh, benarkah???

Metode perawatan luka yang saat ini sedang berkembang bahkan menganjurkan agar luka senantiasa ditutup, namun ditutup dengan menggunakan baluatn luka modern yang dapat menciptakan lingkungan luka lembab sehingga proses penyembuhan luka akan cepat terjadi.

Berikut adalah alasan mengapa luka harus dibalut:

1.       Pasien akan merasa lebih nyaman ketika luka dibalut

2.       Balutan luka yang baik akan mempercepat proses penyembuhan luka

3.       Mengurangi rasa nyeri

4.       Mengontrol dan mengurangi perdarahan

5.       Mengurangi bau

6.       Menampung cairan luka

7.       Pergerakan pasien tdk terganggu

8.       Mengurangi resiko masuknya kuman dari luar

Jadi pendapat yang menyatakan luka akan menjadi basah dan sulit sembuh jika luka senantiasa ditutup adalah kurang tepat, namun balutan luka yang digunakan untuk menutup luka adalah balutan yg mampu menjaga kelembaban luka (balutan modern) dan digunakan secara tepat.

Jika ingin konsultasi lebih lanjut tentang perawatan luka dengan tehnik balutan luka modern silahkan menghubungi 081584077677..semoga bisa membantu..

2 comments

  1. Dwi Rukmi S

    Kalau sudah terbentuk jaringan epitelisasi masih perlu ditutup ?
    Yg baiknya dengan balutan jenis apa ? Makasih..

  2. obat kencing nanah

    Sebuah artikel yang sangat berkualitas.memberikan informasi yang bermanfaat.semoga sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us