«

»

May 11

Luka Dekubitus / Luka Tekan

Home Care

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu jenis luka kronik yang utama adalah luka tekan, yang biasanya terjadi pada individu dengan kondisi seperti paralisis yang menghambat pergerakan anggota tubuh. Luka dekubitus / luka tekan meningkatkan angka kematian dan kesakitan.

Luka Dekubitus sering kali terjadi pada orang dengan kondisi tertentu yang menyebabkan mereka sulit bergerak, terutama pada orang yang terlalu lama terbaring di tempat tidur. Kondisi lain yang memengaruhi aliran darah, seperti diabetes tipe 2, juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya ulkus dekubitus.

Luka tekan (pressure ulcer) atau dekubitus merupakan masalah serius yang sering terjadi pada pasien yang mengalami gangguan mobilitas, seperti pasien stroke, injuri tulang belakang atau penyakit degeneratif. Istilah dekubitus sebenarnya kurang tepat dipakai untuk menggambarkan luka tekan karena asal kata dekubitus adalah decumbere yang artinya berbaring, ini diartikan bahwa luka tekan hanya berkembang pada pasien yang dalam keadaan berbaring .

Penyebab Ulkus Dekubitus

Penyebab utama ulkus dekubitus adalah tekanan pada bagian tubuh dalam jangka waktu lama, sehingga mengganggu aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen. Tanpa adanya nutrisi dan oksigen, jaringan kulit akan rusak dan mati. Gangguan aliran darah pada kulit dalam jangka waktu lama, juga menyebabkan tidak adanya sel darah putih yang diperlukan untuk memerangi infeksi. Ketika ulkus sudah terbentuk pada kulit, bakteri dapat menginfeksi dan merusak jaringan kulit.

Pada orang yang aktif bergerak, tekanan pada bagian tubuh tertentu tidak akan terjadi secara berkepanjangan. Gerakan aktif akan membagi-bagi tekanan pada tubuh, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh dapat dijaga kelancarannya. Sekalipun pada kondisi tidur, tubuh tidak akan diam secara konstan, melainkan dapat bergerak hingga 20 kali selama tidur.

Berikut ini cara pecegahan luka dekubitus yaitu ;

1. Mengganti posisi tubuh secara rutin

2. Menjaga nutrisi dan pola makan

3. Melakukan pemeriksaan kulit secara rutin

4. Berhenti merokok

Info selanjutnya bisa langsung menghubungi

087731346585 (Call/SMS/WA)

081584077677 (Call/SMS/WA)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>