«

»

Dec 09

KEISTIMEWAAN KULIT

Kulit adalah lapisan yang melindungi seluruh tubuh manusia dari kepala sampai kaki, semuanya di lindungi oleh kulit . Kulit juga dapat dikatakan sebagai cermin bagi seseorang karena kulit dapat merefleksikan keadaan fisik, psikologis, usia dan latar belakang budaya.

Sebenarnya apa saja sih yang terdapat didalam kulit sehingga kulit dapat mencerminkan semua hal di atas?

Ternyata kulit terdiri dari 7600 cm2 dan menyumbang 15% dari berat badan dan kulit menerima 1/3 dari sirkulasi darah ke seluruh tubuh ( Van De Graaff and Fax, 1986 ). Ketebalan kulit juga bervariasi tergantung dari bagian tubuh yang dilindungi, misalnya ketebalan kulit yang melapisi telapak kaki berbeda dengan ketebalan kulit yang melapisi bibir, hal tersebut terkait dengan fungsi dari organ masing-masing.

Kulit mempunyai struktur yang kompleks dan menakjubkan, menurut Klein (1988) setiap 1 cm kulit mengandung :

  • 15 kelenjar sebasea
  • Hampir mengandung 1 meter pembuluh darah
  • 100 kelenjar keringat
  • 3000 sel sensori
  • Hampir 4 meter syaraf
  • 25 pressure apparatus untuk merekam stimulus
  • 200 saraf untuk merekam nyeri
  • 2 sensori apparatus untuk dingin
  • 12 sensori apparatus untuk panas
  • 300.000 sel epidermis
  • 10 helai rambut.

Nah ternyata kulit yang secara kasat mata sangat tipis ternyata terdiri dari 3 lapisan yaitu: lapisan epidermis, dermis dan hypodermis.

Epidermis adalah lapisan paling atas yang terdiri dari stratum germinativum, stratum spinosum dan stratum granulosum, stratum lucidum dan stratum corneum

Dermis terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan papillary dan lapisan reticular. Lapisan dermis ini sangat byk mengandung pembuluh darah dan mengandung byk serabut syaraf

Hypodermis biasa jg disebut lapisan subcutaneous, lapisan ini paling tebal dan berfungsi mendukung lapisan kulit yang lain dan sebagai penyangga organ yang ada di bawahnya. Fungsi lain dari jaringan hypodermis adalah pengatur suhu dan sebagai tempat menyimpan lemak.

Penjelasan diatas baru sebatas struktur dari kulit yang ternyata sangat rumit dan kompleks, sedangkan fungsinya jg ga kalah kompleksnya yaitu:

  1. Pelindung dari trauma mekanik maupun kimia, masuknya benda asing/kuman, dehidrasi
  2. Merasakan sensasi: nyeri, panas, dingin, sentuhan dan getaran
  3. Komunikasi. Perubahan warna, produksi keringat dapat menginformasikan suatau hal yg sedang terjadi dalam tubuh seseorang
  4. Termoregulasi/ pengatur suhu. Jika tubuh kepanasan maka kulit akan mengeluarkan pana tersebut dalam bentuk keringat dan jika tubuh kedinginan maka kulit akan menyimpan panas untuk melindungi tubuh.
  5. Pembentukan melanin, kreatinin dan vitamin D
  6. Kosmetik. Fungsi ini sangat penting dalam membangun psikososial seseorang terkait juga saat penyembuhan luka.

Sedemikian hebatnya lapisan kulit  beserta fungsinya harusnya menembah rasa syukur kita kepada Yang Maha Pencipta, salah satunya adalah dengan senantiasa menjaga dan merawatnya dengan baik, nah bila tanpa sengaja kulit kita terluka dan tak kunjung sembuh maka jangan ragu lagi untuk menghubungi perawat spesialis luka agar luka tersebut dapat sembuh dengan optimal. OK….

2 comments

  1. Heru Kusumanto

    Bagus sekali web mu, terus maju ya Ria. Bapak bangga dengan usahamu, yang tentu akan bermanfaat untuk orang banyak

    1. Ria

      Pak Heru……., terima kasih atas kunjungannya Pak..senang sekali saya Bapak sempat berkunjung dan berkomentar di web saya (walau mungkin tdk sengaja ya Pak)..
      Sekali lagi terima kasih Pak atas supportnya, semoga bermanfaat buat byk org, salam buat keluarga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us