Kantong Stoma

stoma , , , , , , , , ,

 

Kantong stoma ini memiliki ratusan produk dan asesoris perlengkapannya pun tersedia di berbagai dunia. Penggunaan kantong stoma ini tergantung dari fungsi dan tujuannya karena setiap pengguna stoma itu menggunakan kantong stoma ini dengan produk yang berbeda-beda sesuai dengan situasi, tergantung dengan tipe stomanya itu sendiri. Namun kantong setoma di Negara kita ini masih impor dari luar negeri, itulah yang membuat kantong stoma menjadi sangat mahal untuk masyarakat Indonesia.

Sedangkan di Negara maju seperti Australia, meskipun semua produk beserta perlengkapannya itu dari Negara nya tapi kebijakan-kebijakan itu masih tetap di berlakukan. Namun jika orang-orang stoma akan diberikan secara gratis, hanya saja mereka diwajibkan membayar uang keanggotaan sebagai anggota asosiasi stoma yang mendistribusikan alat stoma dan perlengkapannya atas nama pemerintah. Dan jika kantong stoma dibutuhkan pada saat bertempat tinggal di luar kota, mereka harus membayar biaya pengiriman via post.

Di Indonesia, kantong stoma ini lebih dikenal di rumah sakit yang menyediakan layanan operasi stoma, namun hanya beberapa perusahaan yang berkaitan dengan produk stoma ini. Untuk penggunaan kantong stoma ini haruslah mampu untuk memilih kantong stoma yang sesuai dan tepat dengan pasiennya.

Supaya tidak salah dalam memilih kantong stoma, kita harus mengetahui prinsip umum dalam memilih kantong stoma serta memenuhi hal-hal berikut ini: Kulit harus terlindung dari feses atau urine, trauma, kerusakan karena produk dan stoma terlindung dari trauma mekanik.

Selain itu kita juga harus memenuhi prinsip pemilihan kantong stoma berdasarkan kebutuhan pengguna (ostomate), seharusnya memenuhi kebutuhan-kebutuhan berikut ini:

  1. Kenyamanan, base plate dan skin barrier mampu mengikuti gerakan tubuh, kantong melekat lembut dikulit serta desain yang fleksibel, bentuk, material lembut.
  2. Mudah digunakan yaitu, dalam pemasangannya yang sangat mudah, tidak meninggalkan residu, serta outlet/bagian pengeluaran mudah dalam pengelolaan.
  3. Keleluasaan itu seperti, tidak adanya bau, tidak berisik, dan ukuran/volumenya terbatas.
  4. Dapat melindungi kulit, perlindungan pada kulit peritomal yaitu tidak adanya feses yang kontak dengan kulit, kondisi kulit yang sehat terpelihara, dan efek gesekan seminimal mungkin.
  5. Keamanan : pelekat alat/base plate aman, tidak adanya kebocoran dari bawah base plate, tidak ada kebocoran dari kantong/bag, pelekatan kuat dan menahan power (ileostomi/urostomi).

Kantong kolostomi adalah wadah atau kantong untuk menampung feses atau kotoran BAB bagi pasien yang telah menjalani operasi pembuatan stoma. Stoma ialah semacam lubang yang dibuat di kolon atau usus besar dan dikeluarkan melalui dinding perut. Feses keluar melalui saluran usus yang akan di tampung di sebuah kantung yang diletakkan pada dinding perut menggunakan perekat. Tidak seperti anus, stoma tidak memiliki katub atau otot sehingga pengeluaran kotoran tersebut tidak dapat dikontrol. Jadi kantong stoma ini sangatlah penting untuk penderita ostomate.

Jika kalian membutuhkan kantong stoma serta ingin berkonsultasi dapat menghubungi kontak dibawah ini:
0815 8407 7677 (Wa/sms/telepon)

0822 1386 1270 (WA)

0877 3134 6585 (Telepon/SMS)

5B13F03F (BBM)

Kantong Stoma Colostomy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *