«

»

Oct 02

Jenis-Jenis Luka Kaki

Ulkus kaki merupakan masalah umum , yang insidens nya terdapat sekitar 1% pada populasi usia pertengahan dan lansia. Di Negara besar penderita ulkus kaki mengalami gangguan pada vaskuler dan prevalensi tertinggi terjadi pada kelopok lansia. Sedangkan di negara iklim tropis penyebab utamanya adalah trauma dan infeksi , ulkus kaki juga terjadi pada segala usia dan menyebabkan kematian.

Ada beberapa tujuan tindakan perawatan luka ulkus kaki :

Mengatasi atau mengatasi faktor penyebab, meningkatkan sirkulasi, penyembuhan dan perawatan pencegahan.  

Terdapat berbagai macam istilah yang digunakan untuk menjelaskan ulkus kaki, ulkus merupakan kehilangan intergritas kulit. Penyebab ulkus kaki adalah berbagai macam faktor dan berasal dari arterial, vena, neuropathy. Penderita ulkus kaki harus melakukan pemerikasaan rirawayat medis dan pembedahan, klinis, pemeriksaan menggunakan doopler.

Ulkus arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD) merupakan suatu kondisi adanya lesi yang menyebabkan aliran darah dalam arteri yang mensuplai darah ke ekstremitas menjadi terbatas. Arteri yang paling sering terlibat adalah femoris dan popliteal pada ekstremitas bawah dan brakiosefalika atau subklavia pada ekstremitas bawah.

Tanda tanda klinis infeksi pada luka arterial :

  1. Tidak ada perubahan pada ukuran luka selama lebih dari 2 minggu
  2. Peningkatan pada ukuran luka
  3. Warna luka biasa hitam
  4. Sangat nyeri apalagi jika kaki ditinggikan
  5. Area sekitar luka pucat atau dingin

 

Adapun lokasi yang sering terjadi ulkus arterial , antara jari jari kaki, ujung ujung jari, ruas jari, malleolus lateral/ samping (palu kecil, tonjolan bulat tulang antara lain pada kiri-kanan pergelangan kaki), dan tulang kering.

Penyebab ulkus arteri ini sendiri disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk akibat penyempitan arteri, kerusakan pembuluh darah kecil akibat diabetes.

Tanda tanda klinis infeksi pada ulkus neuropati :

  1. Berkurangnya sensitifitas indera terhadap sesuatu atau baal,
  2. Sama sekali tidak bisa merasakan sesuatu atau mati rasa,
  3. Seluruh tubuh terasa kaku,
  4. Salah satu tanda awal terganggunya saraf adalah kesemutan,
  5. Gangguan saraf otonom yang melakukan pengaturan terhadap kelenjar keringat akan menyebabkan kulit menjadi mengkilap.
  6. Kulit menjadi sangat sensitif,
  7. Sebagai lanjutan dari gangguan saraf tepi, kulit akan terasa terbakar,
  8. Merasa  nyeri sehingga segala sesuatunya menjadi tidak nyaman,
  9. Perasaan kram yang paling sering terjadi di bagian kaki, dan
  10. Anggota tubuh yang bergerak menjadi melemah

 

 

 

Ulkus vena ialah luka yang mengenai lapisan kulit sampai jaringan subkutan dan terjadi pada bagian kaki akibat terhambatnya sirkulasi aliran vena. Merupakan luka yang sulit sembuh diakbibatkan oleh stress venna atau sulitnya pengembalian darah. Ulkus ini sendiri terjadi jika jaringan menjadi rentan terhadap injury trauma dan resisten terhadap penyembuhahan.

Ulkus vena secara karakteristik tampak lembab, basah, bereksudat tinggi, dan dengan munculnya cairan serosa

Tanda-tanda awal, yaitu

  1. Pembengkakan (kaki seperti botol)
  2. Berat di kaki
  3. Sensasi terbakar pada kulit
  4. Gatal
  5. Merasa panas di kaki
  6. Kram

Untuk lebih pasti apakah luka disebabkan oleh gangguan pada aliran darah arteri/vena atau gabungan keduanya harus dipastikan dengan menggunakan alat khusus yaitu doppler vaskular.

Ulkus Neuropati diabetik termasuk dalam kelompok gangguan saraf yang disebabkan oleh DM. Pasien DM dari waktu ke waktu dapat berkembang menjadi kerusakan saraf di seluruh tubuh. Beberapa pasien dengan kerusakan saraf tidak memiliki gejala dan mungkin beberapa lainnya mengalami gejala seperti nyeri dan hilangnya rasa pada ekstremitas. Sekitar 60% sampai 70% pasien dengan DM dapat mengalami neuropati 8 . Deteksi dini neuropati sangat penting pada pasien DM, karena intervensi pencegahan dapat diterapkan untuk menurunkan angka kesakitan.

Jika medapatkan luka yg sulit sembuh silahkan datang ke klinik perawatan luka terdekat di kota Anda atau jika tidak menemukan bisa menghubungi kami di 081584077677 (wa/sms/call) agar bisa diinfo lanjut tim yangg terdekat dikota Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us