«

»

Dec 31

Cara Merawat Luka Diabetes

Merawat luka diabetes boleh dibilang gampang-gampang susah, gampang jika kondisi secara umum sedang baik terutama kadar gula darah terkontrol/stabil. Sulit jika pada saat terjadi luka kondisi umum penderita sedang kurang sehat dan kadar gula darah tidak terkontrol atau tidak stabil.

Selain hal tersebut diatas ternyata masih banyak lagi kondisi2 yang menyebabkan penderita luka diabetes tidak sembuh2 jika luka, diantaranya adalah karena luka sudah infeksi, adanya masalah pada pembuluh darah, kurang nutrisi, perwatan yg selama ini kurang tepat, dll

Untuk menjamin proses penyembuhan luka berjalan dengan baik maka hal2 tersebut diatas harus dianalisa satu persatu dan diyakinkan apakah hat tersebut yang menyebabkan luka tidak kunjung sembuh.

Terkait dengan cara perawatan luka, berikut adalah langkah2 cara perawatan luka yang bisa dilakukan agar luka mendapatkan perawatan yang baik dan benar:

  • Cuci bagian luka pada kaki termasuk bagian kaki lainnya dengan air hangat dengan sabun cair antiseptik,
  • Keringkan dengan kain lembut secara perlahan dan pastikan semua bagian kaki telah dilap hingga kering. Perhatikan juga bagian sela sela jari kaki yang biasanya terlewatkan. Kelembaban pada daerah kaki dapat memicu timbulnya infeksi jamur dan bakteri lainnya.
  • Cek warna dasar luka, warna dasar luka yg diharapkan adalah berwarna merah segar/pink jika ditemukan warna dasar luka selain warna merah maka harus dihilangkan (bs dgn obat luka tertentu atau bs dengan alat pinset dan gunting jaringan yang dilakukan oleh perawat luka yg kompeten)
  • Oleskan salep/balutan luka sesuai dengan kondisi lukanya.
  • Disarankan menggunakan balutan luka yang dapat bertahan diluka lebih lama (2-3 hari) agar proses penyembuhan luka bs lebih cepat
  • Plester balutan luka dengan plester yang aman buat kulit
  • Ganti balutan luka jika balutan luka tampak kotor/basah
  • Anda dapat mengoleskan pelembab untuk mencegah kekeringan, namun demikian sebaiknya bagian sela sela jari kaki jangan diolesi pelembab.
  • Anda tidak disarankan merendam kaki
  • Jika ditemukan masalah dalam perawatan luka ada baiknya meminta bantuan perawat luka yg kompeten dan berpengalaman agar hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan dan terhindar dari amputasi

Jika butuh perawatan luka bs hub langsung kami di

081584077677 (wa/sms/call)

082213861270 (wa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>