«

»

Sep 11

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Scar

Scar …hmmm apa yah??

Bagaimana juga cara menghilangkan scar/bekas luka/keloid? Scar merupakan tanda bekas atau parut yang masih tertinggal pada kulit setelah mengalami luka yang sudah kering atau sembuh. Istilah scar dalam dunia medis sebenarnya tidak hanya diterapkan pada luka akibat jerawat sehingga meninggalkan bekas, tetapi juga pada luka luka lainnya yang ditimbulkan seperti terkena knalpot, pascaoperasi, bekas cacar air, dan penggarukan yang sangat kuat pada kulit. Jadi sebenarnya scar dapat terbantuk adanya gangguan pada proses pnyembuhan luka yang menyebabakan perbaikan jaringan yang tidak sempurna dan akhirnya menimbulkan bekas. Scar seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang karena menganggu penampilan dan estetika apalagi jika terdapat pada area tubuh yg mudah terlihat spt wajah / tangan.

Scar ini memiliki beberapa tipe dan jenis. Diantaranya :

1.   Ice-pick Scar. Terbentuk lubang parut kecil berujung sedikit kasar berdiameter 1-2 mm yang biasanya terjadi di pipi. Jenis parut ini paling sering terjadi dan bervariasi kedalamannya dan kekasarannya bila disentuh.
2. Boxar Scars. Terlihat parut dalam atau dangkal dengan tepi yang tegas dan berdiameter lebih dari 3mm, seperti parut bekas cacar air. Parut berbentuk ini banyak ditemui didaerah pelipis dan pipi.
3. Rolling Scars. Parut bergelombang yang dangkal tetapi lebar, dengan lebar 4-5mm atau lebih. Dasar dari parut ini keras bila disentuh.
4. Athrophic Scars. Terbentuk akibat jaringan parut berupa cekungan dengan warna kemerahan, biasanya cukup kecil bila di wajah tetapi diameternya bisa lebih besar dari 1 cm bila terjadi di pnggung atau dada. Parut jenis ini lembut bila disentuh dengan dasar sedikit berkerut. Warna kemerahan disebabkan oleh pembuluh darah yang berada persis di bawah parut.                                                                 
5. Hyperthrophic Scars. 
Merupakan jaringan parut yang menebal tetapi tidak melebar melebihi luka asli dasarnya dan menghilang dengan sendirinya.
6. Keloid Scars. Berbeda dengan hyperthrophic scar, parut keloid adalah pertumbuhan jaringan melebihi luka aslinya. Sehingga keloid akan membentuk menggelembung dan mengkilap setelah seseorang sembuh. Keloid scar biasanya memiliki bentuk warna lebih cokelat dari warna kulit aslinya dan ukuran bervariasi.

 

Cara Mengatasi
Sebenarnya yang tak kalah penting, bagaimana seseorang bisa menghindari terjadinya scar atau bekas luka. Caranya membiasakan pola hidup sehat, mencegah terjadinya infeksi, minum suplemen antioksida seperti vitamin C dan E, serta sering mengoleskan krim yang mengandung aloe vera,centella aciatica, dan vitamin A. Untuk penanganan berikut beberapa tindakan yang dilakukan untuk mengatasi scar dan bekas luka yang anda miliki. Setelah mengetahui penyebab munculnya scar dan jenis scar-nya, maka dilakukan tindakan untuk menghilangkan scar secara aman. Untuk mengatasi ada beberapa tahapan yang dimulai dari perawatan sederhana seperti penggunaan bahan alami,pengolesan bahan kimiawi, pembedahan treatment untuk menghilangkan. Saat ini juga sudah tersedia balutan khusus yang bias mengatasi masalah scar atau bisa klik produk cicacare utk lebih lanjut bias konsultasi lgsg dengan perawat luka 081584077677 (wa / sms/call), semoga bisa membantu

 

1 comment

  1. Bonnie

    helllo there and hank you for your info – I’ve definitely picked up something new from
    right here. I did however expertise seveeral technical issues usinng this web site, since I experienced to reload the web ssite lots of times previous to I could get it to
    load correctly. I had been wondering if your hosting is
    OK? Not that I’m complaining, but sluggish loading instances timss ill sometimes
    affect your placement in google and could damage your high-quality
    score iff ads and marketing with Adwords. Well I
    amm adding this RSS tto my email and caan look
    out forr much more of your respective fascinating content.

    Ensure that you update this again soon.. http://www.gamepro.de/community/gppinboard/member.php?137108-Obleasa55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us