Bioburden Luka

Perawatan Luka , , , , , , , , , ,

perawatan luka
perawatan luka homecare Cisalak Pasar Depok

Bioburden adalah populasi dari mikroorganisme yang dapat hidup pada bahan baku hingga pada komponen satu produk akhir, Sangatlah penting memahami bioburden dalam perawatan luka, bahkan seringkali petugas kesehatan harus menangani pasien dengan luka kompleks dan luka yang berhenti disembuhkan, dengan adanya luka kronik atau luka yang berhenti penyembuhan berakibat nyeri, ketidak nyamanan,  peningkatan beban kerja. Oleh karena itu, petugas melakukan berbagai macam dressings sesuai  kondisi dengan memperhatikan cost-effectivitas-nya. Penggunaan antibiotic  atau antimikroba yang berlebihan  dalam melakukan suatu perawatan  akan lebih baik jika dihindari , karena akan menjadi masalah resistensi bakteri,  biaya yang meningkat,  dan ditambah  lagi masalah resiko pada pasien  akan lebih besar.

Sebelum menggunakan antibiotic (mikroba) untuk perawatan luka harus ada pertimbangan atau pemahaman terlebih dahulu supaya  tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika  kadar atau jumlah bakteri banyak yang dicurigai  sebagai penyebab dari ketidak sembuhan luka , maka sebaiknya pemeriksaan kultur  dan sensitivitasnya  harus dilakukan.  Pemberian agent  atau zat  antimicrobial tropical dapat dipertimbangkan jika luka terbebas dari jaringan nekrotik  dan debridement selanjutnya tidak direkomendasikan.

Agen pilihan adalah  antibiotik tropical bukan antiseptik, antimikrobial tropikal yang biasa atau umum yang sering digunakan metronidazole. Ada juga beberapa alasan pembatasan penggunaan antiseptik  dalam sebuah perawatan luka yaitu, antiseptik  yang tidak memiliki mekanisme antibacterial yang selektif  pada permukaan luka dapat merusak sel-sel sehat/hidup, harus mempertimbangkan adanya sitotoksisitas yang berkaitan dengan sitotoksisitas antiseptik, memiliki situasi klinis  dimana para praktisi atau petugas  dapat mempertimbangkan  menggunakan antiseptic, contoh cairan antiseptic seperti  cairan dakin`s atau dakin`s solution, larutan hydrogen peroxide (H2O2) dan Acetic acid.

Bioburden ialah, metode sterilisasi yang sering digunakan oleh industry produk steril. Jadi sterilisasi bioburden  merupakan proses sterilisasi  berdasarkan jenis dan konsentrasi isolat bioburden dari yang telah ditentukan  sehingga produk – produk yang dihasilkan oleh metode ini selain dijamin steril , bebas partikel namun kandungannya tetap stabil serta tidak terurai yang diakibatkan pemanasan  yang terlalu tinggi.

Untuk konsultasi bisa Hub:

0815 8407 7677 (Wa)

0822 1386 1270 (Wa)

0877 3134 6585 (Telepon/sms)

5B13F03F (BBM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *