«

»

Oct 23

ASUHAN KEPERAWATAN SEBELUM OPERASI PEMBUATAN STOMA

Kenapa stoma sangat perlu di buat ? stoma ini dibuat karena stoma sendiri memiliki tujuan yang tertentu, baik untuk mengeluarkan feses maupun untuk mengeluarkan urine sehingga stoma ini bisa memiliki sifat sementara ( temporer ) ataupun menetap (permanen). Kasus – kasus ostomi ini (operasi pembuatan stoma) penyebab dari kasus – kasus nya ialah berbeda – beda, misalnya pada orang dewasa umumnya di sebabkan oleh keganasan (kanker), sedangkan kalau pada anak – anak sering di lakukan karena adanya kelainan bawaan seperti atresia ani , hirschsprung  dan lain – lainnnya. Stoma ini juga memiliki beberapa jenis stoma pada abdomen, antara lain ileostomi asenden, transversum, desenden, sigmoid, jejunostomi, caestomy dan urostomi. Itulah jenis – jenis stoma yang ada pada abdomen, dengan adanya stoma ini pasien memerlukan asuhan keperawatan khusus baik sebelum, selama, maupun setelah operasi pembuatan stoma .

Pelayanan keperawatan yang di berikan kepada pasien – pasien ostomi di mulai dari masa persiapan operasi sampai masa pasien pulang dari rumah sakit hingga tinggal di rumah  dan memiliki peranan penting karena menjadi titik awal dari perawatan selanjutnya. Pendidikan kesehatan yang adekuat dan letak stoma yang tepat serta di dukung oleh persiapan operasi yang sesuai standar dan penatalaksanaan pascaoperasi yang baik merupakan hal – hal yang perlu menjadi fokus atau perhatian pelayanan keperawatan .

Pemberian asuhan keperawatan ini memiliki tujuan utama agar setiap ostomate berhak untuk hidup normal dan tetap mampu melaksanakan kegiatan sehari – hari seperti sebelum dilakukan operasi stoma. Stoma ini sering sekali membawa masalah pada pasien ostomate, baik secara fisik maupun psikologi. Hal ini memacu kita untuk selalu mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan dalam pelayanan keperawatan khususnya, pada pasien – pasien stoma .

Ingin tahu lebih jelas cara perawatan stoma?

Butuh perawat khusus dengan keahlian merawat stoma?

Silahkan bs hub langsung:

081584077677 (wa /sms/call)

082213861270 (wa)

087731346585 (sms/call)

colostomy

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us