«

»

Sep 17

Perawatan Luka: Apakah Luka Perlu di Cuci

luka bakarperawatan luka bakarLuka adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada jaringan kulit entah disebabkan oleh trauma, kuman, dll dan sering kali luka berada dalam kondisi kotor atau terkontaminasi, lalu apakah luka perlu dicuci?? Dan bagaimanakah caranya?? Menggunakan cairan apakah??

Ya..luka memang perlu dicuci  karena dengan mencuci luka telah mengurangi jumlah kuman yang terdapat pada luka 50-75%.Pencucian dapat dilakukan dengan menggunakan cairan yang aman buat kulit dan luka serta tidak mempengaruhi kondisi sistemik tubuh ketika luka tersebut dicuci. Ada berbagai macam jenis cairan yang dapat digunakan untuk mencuci luka mulai dari cairan air yang matang, NaCl 0’9% dan lain2. Penggunaan tanaman herba yang mempunyai efek antiseptic juga dapat digunakan misalnya cairan rebusan daun jambu biji/daun sirih. Penggunaan cairan yang toksik  seperti  Hidrogen peroksida (H2O2), povidine iodine, hypoclorite solution, asam asetat, cetrimide sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak jaringan granulasi yang sehat. Lalu bagaimana cara mencucinya?? Caranya adalah bisa dengan cara menggosok, mengguyur atau merendam luka pada cairan tersebut. Penggunaan kassa kecil boleh saja digunakan untuk menggosok luka dan mengangkat jaringan mati namun harus diperhatikan jangan sampai menyebabkan luka baru.  Efek penggunaan cairan yang hangat untuk mencuci luka diharapkan akan memperlancar pembuluh darah tersebut.

1 comment

  1. obat kencing nanah

    great post bro..i do like it!!
    All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us