«

»

May 25

Apa itu diabetes kering dan basah ??? Hubungi 087731346585

APA ITU DIABETES KERING DAN BASAH ??

Diabetes atau biasa disebut dengan kencing manis atau darah manis adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah tinggi sehingga dapat menimbulkan berbagai komplikasi jika gula darah tersebut tidak dikontrol dengan baik.

Tipe-tipe Diabetes

Diabetes memiliki 3 tipe, yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Apasih diabetes gestasional ? Yuk Kita bahas satu persatu.

Diabetes Tipe I

Diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang muncul akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Insulin itu sendiri berfungsi untuk mengubah gula (glukosa) menjadi energi. Oleh karena itu, penderita insulin tipe satu biasanya diharuskan untuk meggunakan insulin dari luar alias menyuntikan insulin dengan dosis tertentu secara mandiri ke dalam lapisan kulit untuk mengontrol gula darahnya.

Diabetes Tipe 2

Berbeda dengan diabetes tipe 1, tubuh penderita diabetes 2 mampu menghasilkan insulin hanya saja sel-sel pada tubuh penderita diabetes tipe 2 ini tidak peka terhadap insulin yang dihasilkan oleh tubuhnya sendiri. Diabetes tipe ini biasa menyerang orang-orang yang berbadan gemuk atau obesitas namun tidak berarti orang-orang yang berbadan kurus tidak bisa terkena diabetes tipe ini yaa …

Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah diabetes yang diderita oleh ibu yang sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon-hormon yang dialami pada masa kehamilan dan biasanya gula darah akan kembali normal pada saat setelah melahirkan. Namun tetap saja ya bunda, jaga kesehatan demi si calon buah hati … J

 

Setelah membaca pemaparan di atas Anda tidak menemukan Tipe Diabetes Kering dan Tipe Diabetes Basah. Lalu apasih Diabetes Kering dan Diabetes Basah itu ??

 

Diabetes Kering dan Diabetes Basah

Dalam dunia medis tidak dikenal yang namanya diabetes kering dan diabetes basah. Gula kering dan gula basah adalah bahasa yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk mendefinisikan kondisi seseorang yang menderita diabetes apabila terjadi luka. Apabila luka tak kunjung sembuh masyarakat biasa menyebutnya dengan gula basah dan apabila luka dapat sembuh dengan cepat seperti halnya orang tanpa diabetes, maka masyarakat menyebutnya dengan gula kering. Lalu bagaimana kondisi ini bisa terjadi ? Bagaimana Kita tahu seseorang berpotensi menderita diabetes kering atau basah ?? Jawabannya adalah seperti yang dijelaskan sebelumnya, dunia medis tidak menyebut kondisi luka pada penderita diabetes itu kering atau basah. Penderita diabetes baik tipe I maupun tipe II beresiko untuk mengalami luka terutama pada bagian kaki. Oleh karena itu dibutuhkan sandal khusus bagi penderita diabetes agar kaki Anda tetap terlindungi.

 

Ketika kondisi gula darah sedang tinggi, kemungkinan terjadinya luka yang sulit sembuh pun juga tinggi karena gula darah yang tinggi akan menyebabkan sirkulasi pada pembuluh darah terganggu sehingga luka menjadi sulit sembuh. Luka pada penderita diabetes yang dapat sembuh dengan cepat dapat terjadi karena gula darahnya tetap terkontrol dan sistem imunnya yang tidak menurun serta pola hidup bersih dan sehat menjadi salah satu faktor yang dapat memulihkan kondisi luka dengan cepat. Jadi jelas yaa tidak ada yang namanya diabetes kering atau basah. J

Luka sekecil apapun pada penderita diabetes harus ditangani dengan segera sebelum meluas, menguning bahkan menghitam !! Luka yang menghitam menandakan bahwa luka tersebut tidak menerima aliran darah sama sekali. Luka dengan kondisi ini tidak jarang harus ditangani dengan cara amputasi. Oleh karena itu, yuk rawat luka sejak dini untuk mencegah amputasi.

Berikut adalah foto salah satu pasien Kami yang menderita diabetes. Dengan perawatan yang tepat, luka yang tadinya menghitam kini dapat membaik. Yuk segera periksakan luka Anda sebelum keputusan amputasi harus Anda ambil. Punya luka yang sulit sembuh ? Segera hubungi Kami 087731346585.

Punya Luka yang Sulit Sembuh ? Hubungi Kami 087731346585

Kami berada di

Jl. Proklamasi Blok A2 No 3

Depok 2 Tengah

Info lebih lanjut :

Whatsapp / SMS / Call : 087731346585

Instagram : @depokrumahpeka

Facebook & Youtube : Rumah Peka Depok

Website : www.perawatluka.com

Ingin konsultasi perawatan luka?  Silahkan klik link berikut :

http://bit.ly/Inginkonsultasiluka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

call us