«

»

Dec 11

Perawatan Dan Penyembuhan Keloid

Kenapa ya, aku kalau habis luka sering jadi keloid?..kok bisa  yah? ..ehm..kenapa yah, yuk baca artikel ini moga bisa membantu.

Keloid adalah hasil  dari pertumbuhan jaringan yang abnormal sebagai respon dari adanya trauma (akibat tattoo, laserasi atau injeksi).  Inflamasi, pembedahan atau luka bakar , sesekali tampak spontan (Murray & Pinnell 1992 p.500). Keloid disebabkan oleh pengendapan yg berlebihan dari kolagen dalam kulit luka yang sembuh, sering juga mengakibatkan bentuk  aneh yang melampaui batas luka asli.

Keloid lebih sering terjadi pada orang berkulit hitam dan mereka yang memiliki riwayat keluarga memiliki keloid. Dan biasanya terdapat pada wajah dan leher, bagian atas dada dan lengan. Keloid tidak akan hilang dengan sendirinya, dapat hilang jika diiinginkan/dilakukan treatmen tertentu.

Treatmen utk mengatasi keloid ini bermacam-macam:

  1. Pembedahan menggunakan cara tradisional atau laser
  2. Pemberian injeksi corticosteroid
  3. Pemberian tekanan pada saat membalut ( compression bandaging)
  4. Pemberian obat oral yang dapat mengganggu sintesis kolagen (mis: methotrexate, penicillamine)
  5. Terapi radiasi

Meskipun tidak umum, bekas luka keloid dapat terus membesar dan mengalami perubahan kearah keganasan, jika dicurigai mengalami perubahan neoplastik dapat dilakukan biopsi untuk  investigasi lebih lanjut.

Untuk menghindari/mengurangi resiko  terjadinya keloid, disarankan jika mempunyai luka agar dirawat dengan baik dan tepat, terutama pemberian tehnik balutan kompresi pada mereka yang mempunyai resiko keloid, sehingga pembentukkan keloid dapat diminimalkan. Atau jika sudah terlihat tanda2 seperti akan timbul keloid / di curigai akan timbul keloid bs menggunakan plester khusus / salep khusus pencegah resiko keloid.

Sekian dulu..moga bermanfaat…

call us